7 Tips Perawatan Wajah Pria (1)

7 Tips Perawatan Wajah yang Perlu Diketahui Kaum Adam

Merawat wajah tak hanya menjadi kebutuhan kaum perempuan. Para pria pun perlu melakukannya untuk menjaga kulit wajahnya tetap bersih dan segar. Memang sih, kata orang ganteng itu relatif.

Tapi, yang betul ganteng itu bersih dan segar. Dan itu semua hanya bisa diperoleh jika kalian konsisten melakukan perawatan wajah untuk pria dengan menerapkan cara yang tepat.

Namun, perlu dipahami bahwa jenis perawatan wajah untuk pria dan wanita itu berbeda. Hal ini dikarenakan terdapat perbedaan pada kondisi kulit keduanya. Nah, sebelum mengetahui tips perawatan wajah untuk pria, simak dulu apa saja yang menyebabkan perbedaan kondisi kulit pada pria dan wanita.

5 Perbedaan Kondisi Kulit Pria dan Wanita

1. Pori-pori wajah lebih besar

Pori-pori pada kulit pria lebih besar ketimbang perempuan. Hal ini menyebabkan produksi minyak berlebih pada kulit pria dan memicu munculnya jerawat.

Oleh sebab itu, mencuci wajah merupakan salah satu tahapan penting dalam perawatan wajah pria. Lakukan secara rutin pada pagi dan sore atau malam hari. Jangan lupa gunakan produk yang aman dan sesuai dengan jenis kulit wajah.

2. Siklus hormonal

Siklus hormonal pada perempuan dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit wajah. Siklus hormonal ini dapat memengaruhi warna kulit. Jadi jangan heran jika sebagian besar kaum Hawa memilih produk dengan kandungan brightening atau pencerah wajah. Berbeda dengan siklus hormonal pada pria yang tidak menyebabkan perubahan warna kulit.

3. Rambut wajah

Rambut wajah merupakan salah satu hal yang menyebabkan perawatan wajah pada pria berbeda dengan wanita. Kaum pria perlu menjadwalkan secara rutin untuk mencukur atau sekedar merapikan kumis dan jenggot agar penampilan terlihat bersih dan rapi.

4. Kulit wajah lebih mudah mengelupas

Menurut keterangan dari dokter spesialis, kulit wajah laki-laki cenderung lebih mudah mengelupas dibandingkan perempuan. Oleh karena itu, para ahli menganjurkan agar para pria tidak malas membersihkan wajah. Bahkan penggunaan scrub atau produk eksfoliasi wajah bisa digunakan lebih sering dibandingkan pada kulit perempuan.

5. Kadar kolagen pria lebih tinggi dibanding wanita

Meskipun memiliki usia yang sama, kebanyakan lelaki terlihat lebih muda dibandingkan perempuan. Hal ini dikarenakan kulit pria memproduksi kolagen lebih banyak dibandingkan kulit wanita. Hal itu juga yang menyebabkan produk skincare untuk pria jarang dikhususkan sebagai perawatan anti-aging.

7 Tips Perawatan Wajah untuk Pria

1. Ketahui jenis kulit wajah

Sebelum memutuskan untuk membeli produk perawatan wajah, sebaiknya ketahui dulu jenis kulit wajah masing-masing sehingga dapat menyesuaikan dengan produk yang akan digunakan.

Jika memiliki jenis kulit berminyak maka pilihlah produk dengan kandungan water base atau gel sehingga tidak menambah produksi minyak di kulit.

2. Tahapan cleansing wajah

Seperti yang disebutkan di atas, cleansing merupakan salah satu tahapan penting dalam perawatan wajah pria. Selain itu cleansing wajah merupakan basic sckincare yang tidak boleh ditinggalkan oleh pemula.

Kalian bisa menggunakan facial wash, gel wash, cream cleanser atau cleansing lotion tergantung varian mana yang dibutuhkan. Lakukan secara teratur namun jangan berlebihan karena justru akan mengikis kelembaban alami kulit.

3. Jangan lupa menghidrasi wajah

Sebagian besar pria beranggapan bahwa toner wajah hanya digunakan oleh perempuan. Padahal, toner wajah tidak hanya berfungsi sebagai penyegar, namun juga mampu menjaga keseimbangan kadar pH wajah.

Kalian bisa menggunakan toner setelah step pembersihan wajah. Atau menggunakan face spray yang lebih praktis dan dapat digunakan kapan saja.

4. Gunakan tabir surya

Penggunaan sunscreen atau tabir surya sangat penting untuk menjaga kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Terlebih jika kalian sering beraktivitas di luar ruangan, maka sunscreen jangan sampai dilewatkan.

Sunscreen berfungsi mencegah kerusakan kolagen alami kulit dari paparan sinar matahari dan munculnya flek pada wajah. Gunakan dalam takaran cukup yaitu sepanjang dua ruas jari. Jangan lupa aplikasikan secara berulang pada siang hari.

5. Lakukan Eksfoliasi wajah secara berkala

Eksfoliasi wajah dapat dilakuan menggunakan exfoliator fisik seperti scrub atau peeling wajah. Namun bisa juga menggunakan skincare seperti serum atau exfoliator toner. Eksfoliasi wajah berfungsi untuk mengangkat lapisan kulit mati yang menumpuk pada wajah dan membantu menghilangkan kasar dan kusam pada kulit.

6. Gunakan krim after-shave

Selalu gunakan pisau cukur yang tajam saat mencukur atau merapikan rambut wajah. Selain itu gunakan krim after-shave untuk menghidrasi dan menenangkan kulit pasca penggunaan pisau cukur sehingga kulit bebas iritasi.

7. Tambahkan serum wajah untuk menutrisi kulit

Serum wajah mengandung sejumlah bahan aktif mulai dari vitamin, mineral hingga antioksidan yang dapat meresap hingga ke bagian dalam kulit. Penggunaan serum wajah bertujuan untuk menutrisi dan menjaga kesehatan kulit, serta menangkal radikal bebas.

Kesimpulannya, perawatan wajah untuk pria perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit dan menangkal kerusakan akibat siklus hormon, polusi dan paparan radikal bebas. Selain itu, perawatan kulit wajah perlu dilakukan untuk menjaga penampilan lebih bersih dan segar sehingga meningkatkan kepercayaan diri kaum Adam.

Published by

darajatun

Menulis bukan sekedar mengetik asal