Shopping

5 Kebiasaan Sepele yang Membuat Gajian Cepat Terkuras, Stop Boros!

Seringkali gaji yang didapatkan sebulan sekali habis tak tersisa. Bahkan saat masih pertengahan bulan kita sudah ketar-ketir, sebab sisa gajian yang mulai menipis.

Kemudian, barulah sadar kemana perginya uang dari gaji yang kita dapatkan selama ini? Padahal sudah melakukan berbagai cara untuk mengatur keuangan pribadi tapi uang gaji tetap cepat habis. Jangankan buat menabung, uang untuk biaya hidup pertengahan bulan saja sudah sedikit.

Mau sebesar apapun uang yang kamu dapatkan, tapi kalau masih melakukan kebiasaan-kebiasaan tertentu yang bikin uang cepat habis, percuma saja.

Oleh karena itu, perhatikanlah kebiasan-kebiasaan yang kamu lakukan setiap hari. Mungkin ada beberapa kebiasaan yang membuat gajian cepat habis, seperti kebiasaan di bawah ini.

  1. Belanja Karena Keinginan
Shopping

Biasanya saat tanggal muda habis gajian kita seperti mendadak kaya. Mau ini itu tinggal beli, uang yang dibelanjakan juga punya kita jadi gak ada larangan apapun. Apalagi kalau ada diskon, wah happy banget deh!

Kita bisa mendapatkan cartridge Canon atau barang yang kita inginkan dengan harga murah. Kamu harus waspada nih dengan hal seperti ini, karena seringkali kita sulit buat membedakan mana kebutuhan dan keinginan.

Gak heran, kalau belanja karena keinginan masuk ke dalam daftar utama kenapa uang gajian jadi cepat habis. Sebenarnya, membeli hal yang kita inginkan sah-sah saja, ini juga sesuatu yang membuat kita senang. Tapi, sesuaikan juga dengan kondisi finansial kita dan dahulukan dulu kebutuhan untuk hidup.

  1. Kebanyakan Nongkrong di Cafe atau Hangout
Nongkrong di cafe

Nongkrong-nongkrong di cafe atau hangout memang jadi kegiatan yang menyenangkan, khususnya bagi para anak muda. Dengan kegiatan ini kita bisa melupakan sejenak segala permasalahan, rasa stres yang dialami serta menghibur diri dengan hangout bersama teman-teman, pasangan, atau keluarga.

Namun, keseringan hangout dan nongkrong di cafe juga gak baik lho. Pasalnya, ini bisa membuat uang gajian kita jadi boros. Niat hati ingin nongkrong sambil pesen kopi, tapi rasa lapar pasti akan menghampiri dan membuat kita memesan makanan di sana.

Baca Juga : Spesifikasi iPhone12 dan harganya

Kalau hal ini dilakukan terus-menerus,  masalah uang gajian cepat habis pun akan muncul. Oleh karena itu, ada baiknya kurangi kebiasaan ini agar uang gajian kamu tidak cepat boros!

  1. Sering Membeli Makan di Luar
Restaurant

Makan adalah kebutuhan pokok manusia yang perlu dipenuhi setiap harinya. Namun biasanya, ada orang-orang yang lebih memilih membeli makanan diluar ketimbang membuatnya sendiri. Ini adalah hal yang wajar.

Tapi, terlalu sering memesan dan membeli makan di luar bisa mempengaruhi kondisi keuanganmu.

Misalnya, kamu membeli makan siang di restaurant kisaran 50 ribu rupiah, belum lagi ditambah buat makan malam dan sarapan.

Uang yang kamu butuhkan pasti bakal banyak, kan? Baru tengah bulan ternyata dompet sudah mulai menipis. Akhirnya, kamu jadi bingung sendiri buat menghidupi kebutuhan sampai gajian datang lagi.

Supaya hal ini tidak datang, kurangilah kebiasaan ini dan mulai beralih untuk makan atau memasak makanan di rumah. Selain lebih hemat, ini juga jauh lebih sehat buat tubuh.

  1. Membeli Barang Murah
Membeli barang murah

Siapa sih yang gak mau beli barang dengan harga murah? Mungkin kamu berpikir kalau membeli barang murah bisa menghemat pengeluaran.

Memang iya sih, namun kalau kualitasnya tidak terjamin bagus juga buat apa? Ujung-ujungnya malah cepat rusak dan tidak terpakai lagi. Yang alhasil bikin kamu ngeluarin uang lagi buat membeli barang tersebut.

Daripada begini terus dan bisa bikin  pengeluaran cepat terkuras, lebih baik pilih barang dengan harga tinggi tapi kualitasnya sudah terjamin bagus.

  1. Sering Menjelajahi Online Shop
Online shop

Kini belanja online jadi kegiatan yang digandrungi banyak orang. Kemudahannya dalam membeli dan membayar bikin mereka memilih untuk belanja secara online ketimbang membelinya secara langsung di toko.

Berbagai promo dan diskon menarik pun sering diberikan buat pelanggan, sehingga kita bisa mendapatkan harga keyboard komputer dan lain sebagainya dengan harga yang lebih murah namun tetap berkualitas baik.

Jika kamu termasuk orang yang suka belanja online, sebaiknya kurangi kegiatan menjelajahi online shop. Pasalnya, itu malah akan mengundang kamu buat membeli sesuatu yang sebetulnya tidak benar-benar kamu butuhkan.

So, kebiasan sepele mana yang kerap kamu lakukan, nih?

Published by

darajatun

Menulis bukan sekedar mengetik asal