cyrillus

Tugas Minggu 7 {Telekomunikasi dan Jaringan}

Posted: October 29th 2012

Sistem Telekomunikasi
– Perangkat keras dan perangkat lunak yang mentransmisikan informasi dari satu lokasi ke lokasi lain

– Komponen meliputi:
Hardware
Media
Networks
Software
Data communication providers
Protocols

Dalam mengubah informasi menjadi sinyal listrik yang siap dikirim, ada dua cara pengiriman yang dipakai:
Pertama adalah sinyal analog, mengubah bentuk informasi ke sinyal analog dimana sinyal berbentuk gelombang listrik yang kontinue (terus menerus) kemudian dikirim oleh media transmisi.
Kedua adalah sinyal digital, dimana setelah informasi diubah menjadi sinyal analog kemudian diubah lagi menjadi sinyal yang terputus-putus (discrete). Sinyal yang terputus-putus dikodekan dalam sinyal digital yaitu sinyal “0” dan “1”.
Dalam pengiriman sinyal melalui media transmisi, sinyal analog mudah terkena gangguan terutama gangguan induksi dan cuaca, sehingga di sisi penerima sinyal tersebut terdegradasi. Sementara untuk sinyal digital tahan terhadap gangguan induksi dan cuaca, selama gangguan tidak melebih batasan yang diterima, sinyal masih diterima dalam kualitas yang sama dengan pengiriman.

{Hardware}Prosesor Komunikasi


1. Modem
Perangkat yang dapat mengubah sinyal analog ke digital (dan sebaliknya), memungkinkan adanya transmisi sinyal melalui sistem telepon
2. Multiplex
Perangkat yang mentransmisikan beberapa sinyal melalui media tunggal
3. Front-end Processor
komputer yang khusus didedikasikan untuk mengelola tugas-tugas komunikasi
Wire-based Communication Channels
– Twisted-pair wire (kabel telepon): Harganya relative murah dan mudah untuk digunakan. Kekurangannya adalah lambat, mudah mengalami gangguan dan keamanannya rendah.
– Coaxial cable: Dapat membawa lebih banyak data dan lebig terlindung dari gangguan.
tetapi harga lebih mahal, lebih sulit untuk digunakan, dan keamanannya masih kurang.
– Fiber-optic cable (Kabel serat optik): Kabel ini dapat mengirimkan informasi sebagai gelombang cahaya melalui serat kaca. Keuntungan penggunaan kabel ini adalah cepat, kapasitas tinggi, aman, dan tidak mudah mengalami gangguan dari luar. Kekurangannya adalah kabel ini rentan terhadap kerusakan karena seratnya terbuat dari kaca.
– Microwave: Memiliki kapasitas tinggi dan relatif murah, tetapi mudah terganggu oleh lingkungan.
– Satelite: Kapasitasnya sangat tinggi dan mencakup area yang luas, tetapi pengunaan satelit sangat mahal, propagasi delay, dan memerlukan enkripsi untuk keamanan.
– Radio: Cocok untuk komunikasi jarak pendek, murah dan kecepatan tinggi.
Sering ditemui masalah interferensi gelombangnya dan cenderung tidak aman.

Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung melalui media fisik dan software yang memfasilitasi komunikasi antara komputer-komputer dalam satu kesatuan. Media fisik ini bisa berupa kabel, atau udara yang menjadi media bagi komunikasi elektromagnetik. Masing-masing komputer terhubung melalui media fisik dengan menggunakan kartu jaringan (network interface card = NIC) atau di pasaran disebut Ethernet Card. Segala proses transmisi melalui media fisik akan melalui NIC tersebut.
Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.

Jenis Jaringan Komputer
Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu;
1. Local Area Network (LAN)
2. Metropolitan Area Network (MAN)
3. Wide Area Network (WAN)
4. Internet
5. Jaringan Tanpa Kabel

Organisasi menggunakan jaringan komputer untuk melakukan sharing resource dan untuk komunikasi online antar komputer/orang.
Tujuan pengadaan jaringan komputer:
• Berbagi pakai kelengkapan (hardware)
• Berbagi pakai software
• Berbagi pakai data (file, database)
• Komunikasi dan sinkronisasi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php