corneliaratnakusuma

Monggo disimak gan ” UPAYA PELESTARIAN MACACA HECKI”

Posted: December 3rd 2016

 

macaca-1

Masih ingat dengan Macaca Hecki si Monyet Hitam dari Gorontalo?? Oke… kalo kemarin kita sama-sama mengenal si Macaca Hecki ini, sekaranglah saatnya kita sama-sama mencari solusi apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kepunahan dari Macaca Hecki. Siapapun kita, cara apapun yang kita lakukan, sesederhana apapun solusi itu, kalau kita berniat, pasti akan berdampak besar bagi lingkungan kita. So…. let’s go on!! Bumi kita ini kecil, apalagi kita hanya sebutir debu, kalau satu persatu punah, kita punya apa?? (Apaaa???) Nah.. jangan ragu-ragu, jangan nanti-nanti, jangan “ah kan udah banyak komunitas pecinta, biar aja mereka”, jangan “ah kan ngga ada dampak sama aku, bodo amat”, jangan “ah aku ngga suka monyet”, (ya masa situ suruh cinta-cintaan sama monyet T.T),  tidak harus kamu merawat dia di rumahmu (hihihi), tidak harus kamu melotot 24 jam untuk melihat monyet itu tidak dibunuh, dll (hmmm), TAPI.. pastikan dirimu ikut serta dalam usaha mengurangi kepunahan baik monyet ini maupun hewan lain.

Mari kita mengingat kembali siapa Macaca Hecki ini. Monggo disantap tulisan ini, dicerna, dan dikeluarkan (jangan mikir itu mas mbak.. dikeluarkan lewat tindakan nyata maksudnya).

Kera hitam merupakan salah satu hewan endemik yang ada di Indonesia. Kera hitam berasal dari  daerah Gorontalo, dan merupakan primata yang mulai langka karena terancam kepunahan. Habitat monyet hitam Gorontalo ini berada di hutan hujan tropis dengan ketinggian sedang dan dapat ditemukan di berbagai tipe habitat seperti hutan primer, hutan sekunder dan bekas terbakar, semak belukar, dan kebun warga.

2

Macaca hecki dalam Red List IUCN 2008 telah ditingkatkan statusnya menjadi Vulnerable. Macaca hecki terdaftar sebagai spesies yang rentan karena penurunan yang berkelanjutan dan penurunan populasi pada masa depan diperkirakan menjadi > 30% lebih dari 40 tahun berikutnya (yaitu, tiga generasi), seperti yang diperkirakan saat ini akibat konversi habitat dan kepadatan populasi manusia. Sangat sedikit yang diketahui tentang populasi spesies ini. Kepadatan diperkirakan 20-50 individu/km2, dengan kelompok ukuran sekitar 10-20 (Supriatna dan Hendras, 2000). Kera Hitam Gorontalo merupakan satwa yang dilindungi di Indonesia berdasarkan UU RI No.5 Tahun 1990 dan Peraturan Pemerintah RI No.7 Tahun 1999.

3   macaca-2

Inilah penyebabnya… tingginya tingkat degradasi hutan sebagai habitat alaminya untuk perkebunan dan pemukiman, perburuan untuk konsumsi dan perdagangan satwa.

Sebenarnya, sudah ada tindakan konservasi yang dilakukan, yaitu di kawasan lindung setidaknya 6 tempat yaitu Dolangan, Mas Popaya Raja, Panua, Pangi Binanga, Pinjam Tanjung Mantop, dan Tangale. Populasi Kera Hitam Sulawesi berdasarkan data tahun 1998 diperkirakan kurang dari 100.000 ekor.

Bagaimana mas mbak? Sudah ingat kan?? Nah..cukup reviewnya. Oke… kira-kira apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi kepunahan Macaca Hecki? Mari jelajah solusi!!!

macaca-3 macaca-4

  1. Share instagram, facebook, path, twitter, dll

Nah…untuk kantong mahasiswa, ini cara yang paling mudah, paling selooo, sambil merem pun bisa kan (hihihi) ???

Share informasi apapun yang kita dapatkan dari berbagai sumber mengenai adanya Macaca Hecki ini, yang pastinya sumber yang bisa dipercaya alias tidak abal-abal macam kosmetik palsu. Share lokasi konservasi hewan ini (yah semoga ada yang berniat kesana, thinking positif nggeh bro) , share sebab yang membuat dia punah (mis: perburuan, konsumsi dll (bebasss)), dan share apapun yang bisa membuat kita tergugah untuk menengoknya.

  1. Bergabung atau bentuk dengan komunitas pecinta hewan, terutama pecinta monyet ini

Komunitas Macaca ini anggotanya tersebar di seluruh Indonesia. Setelah bergabung, ikuti kegiatan di dalamnya, baik itu menjual asesoris yang berkaitan dengan monyet ini (gelang, baju dll). Nah.. uang yang terkumpul bisa digunakan untuk membantu biaya konservasi hewan ini dan untuk biaya pengadaan workshop, ataupun seminar. Namun, diperlukan sikap solid yaaa…

  1. Pengadaan sosialisasi dengan warga sekitar habitat maupun luar

Ini sangat diperlukan agar masyarakat memahami bahwa pentingnya melestarikan hewan Macaca ini. Dalam sosialisasi ini adakan lomba untuk jangka waktu panjang yaitu mis: update foto/video mengenai tindakan yang sudah dilakukan untuk upaya pelestarian hewan ini di jejaring sosial yang sudah dibuat. Secara tidak langsung hal ini membuat masyarakat tertarik untuk melestarikan keberadaan Macaca ini. Solusi untuk masyarakat yang (maaf) gaptek bisa dengan melapor apabila ada tindakan eksploitasi monyet ini ke polsek setempat (anggota pengadaan sosialisasi bekerja sama dengan polsek setempat) karena tidak menutup kemungkinan bahwa sosialisasi akan dilakukan berulang kali. Jadi, lomba ini tidak cuma-cuma namun ada hadiah untuk yang ikut serta dalam upaya pelestarian monyet Macaca.

  1. Periklanan di TV dengan persetujuan pemerintah setempat

Solusi ini dilakukan apabila sudah bergabung dalam komunitas. Lewat penggalangan dana yang sudah dilakukan dengan menjual asesoris atau apapun bisa untuk inisiatif periklanan di TV (bekerja sama dengan periklanan mis: Pesona Indonesia dll). Bisa juga untuk mengajukan dana di pemerintah setempat untuk tindak pelestarian hewan ini.

  1. Pengadaan konser yang mengandung unsur kecintaan dengan Macaca Hecki.

Konser ini dilakukan jika sudah bergabung dengan komunitas. Konser ini berisi artis-artis yang digandrungi masyarakat saat ini agar lebih menarik minat banyak orang. Namun di awal dan di sela-sela konser terdapat penyuluhan mengenai Macaca, dan bisa juga diadakan lomba jangka panjang yaitu upload foto/video yang berkaitan dengan pelestarian hewan ini dan diupload di jejaring sosial yang sudah dibuat.

Ini lo mas mbak yang kira-kira bisa kita lakukan. Tinggal pilih mau yang mana, kembali harus diingat.. tidak peduli tua atau muda, kaya atau tidak, yang penting bentuklah sikap peduli terhadap lingkungan kita, karena apapun yang akan kita lakukan akan berdampak pada masa depan anak cucu kita dan anak cucu para hewan-hewan ( J ). Monyet ini adalah gambaran 1 dari 1000 hewan di Indonesia yang sedang terancam kepunahannya. Jangan coba-coba bersedih apabila anda tidak peduli sekitar anda. Jangan coba-coba menghakimi orang lain apabila anda memiliki sifat yang sama yaitu tidak peduli (ini ngomong apa ya hehehe). Intinya, kalau ada dampak buruk yang sudah bisa kita rasakan, ojo getun (jangan heran), dan jangan mengeluh kalau anda tidak peduli sekitar anda.

Kenapa ya harus melakukan ini?? Karena ini adalah upaya untuk pelestarian, dan ini adalah sikap kebanggaan kita terhadap keanekaragaman hayati di Indonesia maupun di dunia. Seharusnya, patutlah kita bangga dan bersyukur, kita diberi tempat tinggal yaitu di bumi yang kaya flora dan fauna, kaya akan sumber daya alam, dan semua tidak ada yang tidak bisa dimanfaatkan. Nah.. inilah saatnya, kalau besok mau kapan lagi?? Kalau nunggu umur tua, tidak ada yang tau sampai kapan dan berapa umur kita. Siapa yang bisa melakukan tindak pelestarian ini?? Ya siapapun kita (tidak ada batasan umur maupun fisik). Kalau untuk saya sendiri, untuk upload jejaring sosial bisa dilakukan sedini mungkin, namun untuk bergabung dengan komunitas ini pastinya ketika nanti sudah tidak disibukkan dengan jadwal kuliah.

JADI, selama kita masih bernafas, masih bisa melakukan sesuatu, ya lakukanlah dan kumpulkan kebaikan lewat tindak nyata kita. Besar maupun kecil, biarlah kita beroleh upah di Surga.

 


DAFTAR PUSTAKA

Supriatna, J. & Shekelle, M. 2008. Macaca hecki. The IUCN Red List of Threatened Species

2008: e.T12570A3360807. http://dx.doi.org/10.2305/IUCN.UK.2008.RLTS.T12570A3360807.en. Diakses tanggal 28 Agustus 2016

United nations environment programme  world conservation monitoring centre      .2009. Review Of Species From Indonesia Subject To Long-Standing    Import Suspensions. unep world conservation monitoring centre

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php