Corner Cornelia

Just another Komunitas Blogger Universitas Atma Jaya Yogyakarta site

Belajar Sehat di Rumah Selama Pandemi Covid 19

Salah satu dampak yang paling dirasakan masyarakat dari pandemi covid 19 adalah terbatasnya aktivitas sehari-hari, dimana Pemerintah telah menetapkan imbauan kepada masyarakat luas untuk melakukan aktivitas di rumah hingga batas waktu yang akan ditentukan kemudian.

Kegiatan yang dimaksud meliputi proses pembelajaran siswa sekolah dari tingkat TK sampai dengan SMA, bahkan di kelas kuliah proses perkuliahan juga dilakukan di rumah melalui online atau dalam jaringan atau dengan kata lain online.

Beberapa siswa, serta orang tua banyak mengeluh bosan dan bosan dengan kegiatan yang dianggap terbatas. Banyak juga siswa yang sama sekali tidak semangat belajar.

Berikut beberapa tips tentang belajar di rumah yang sehat selama Pandemi Covid-19, yaitu:

Kembangkan Motivasi yang Kuat

Munkin anak akan merasa terbebani saat harus belajar di rumah, entah karena alasan kebosanan, lebih baik belajar di sekolah atau sebagainya, namun proses belajar dari rumah tetap harus dilalui selama pandemi ini masih belum terjadi. dinyatakan selesai. Website https://iseng-project.id menyediakan berbagai informasi seputar pendidikan terbaru.

Agar semangat belajar terus berlanjut, setiap anak harus memiliki motivasi yang kuat, tidak menjadikan aktivitas sebagai beban. Siswa dapat diajarkan untuk menanamkan pikiran positif jika ingin kembali ke sekolah, maka saat ini harus bersabar belajar di rumah, tetap semangat, agar mata rantai penyebaran virus corona dapat diputus dan wabah korona akan segera hilang atau mungkin dengan motivasi positif lainnya.

Mengkondisikan Tempat Belajar yang Aman dan Nyaman

Jika motivasi dalam diri kuat, maka anak harus mampu menjaga mood belajarnya agar terus membaik. Bagaimana mengkondisikan tempat atau suasana belajar yang aman dan nyaman.

Suasana nyaman dalam belajar bagi setiap anak bisa berbeda-beda, ada sebagian anak yang bisa belajar di tempat yang sepi dan sunyi, namun tidak sedikit pula siswa yang senang belajar dengan iringan musik yang lembut. Sesuaikan dengan kebiasaan belajar anak anda.

Kebersihan dan kerapian juga sangat berpengaruh dengan kenyamanan belajar. Jaga kebersihan meja belajar dan lingkungan sekitar, buku dan alat tulis tertata rapi. Karena akan sangat meningkatkan semangat belajar dan menjaga kestabilan mood belajar.

jika meja belajar selalu berantakan dan ketika di tengah proses belajar membutuhkan sesuatu yang tidak mudah ditemukan maka akan sangat mempengaruhi proses belajar selanjutnya akhirnya merusak mood. Jika mood belajar sudah rusak, anak akan malas untuk melanjutkan belajar.

Buat Jadwal Belajar Harian

Jika anak merasa bosan dengan kegiatan yang monoton saat belajar di rumah, maka bisa di buatkan jadwal harian. Sesuaikan jadwal dengan kemampuan dan tugas yang di berikan.

Dalam membuat jadwal atau schedule, perhatikan durasinya agar tidaak menimbulkan rasa lelah dan bosan. Lamanya waktu belajar dapat disamakan dengan jam sekolah seperti biasa, misalnya mulai pukul 08.00 hingga pukul 13.00. Dari total waktu tersebut, masih harus dibagi ke dalam berbagai kegiatan, termasuk istirahat.

Jangan malu bertanya

Selama proses pembelajaran, tidak menutup kemungkinan siswa akan menemukan kesulitan tentang tugas atau materi yang sedang dikerjakan. Jika di sekolah siswa akan bertukar pikiran dengan temannya atau bertanya kepada guru, maka selama di rumah siswa juga harus melakukan komunikasi dengan teman dan guru menggunakan media elektronik.

Atau siswa jika mereka dapat meminta bantuan dari keluarga yang merasa dapat membantu mereka. Sehingga proses belajar anak di rumah dapat terus berjalan dengan baik.

Anak sering kehilangan mood belajar ketika sulit memahami materi. Ketika menemukan masalah yang terselesaikan, seringkali membuat anak menyerah dan malas untuk kembali belajar. Bahkan tidak sedikit juga yang merasa stres karena tugas yang sulit untuk dikerjakan. Hal ini akan sangat mempengaruhi kesehatan mental siswa.

Untuk itu siswa diharapkan tidak malu bertanya kepada orang yang menurut mereka mampu menyelesaikan kesulitan yang mereka hadapi. Atau mahasiswa juga bisa berinovasi mencari media yang bisa digunakan untuk pembelajaran, misalnya mencari referensi tugas di internet dan lain sebagainya.

Submit Your Comment

Name:
Email:
Website:
Comments:
css.php