Corner Cornelia

Just another Komunitas Blogger Universitas Atma Jaya Yogyakarta site

Mengenal USDT Sebagai Aset Crypto

USDT sendiri adalah singkatan dari United States Dollar Tether, Tether dengan simbol USDT adalah stablecoin yang diklaim oleh perusahaan penerbitnya akan selalu setara dengan nilai 1 dolar AS per token. Hal ini dimungkinkan karena USDT didukung oleh USD dengan rasio 1:1.

USDT adalah aset kripto yang nilainya mencerminkan nilai USD. Selain transaksi jual beli, dengan nilai claim yang sama dan mengikuti nilai USD, Theater (USDT) dapat mempermudah proses pengiriman uang antar negara dengan lebih mudah dan aman.

Tether didirikan oleh Jan Ludovicus van der Velde, yang juga menjabat sebagai CEO Bitfinex dan Tether Limited. Koin ini berjalan di blockchain Bitcoin melalui Protokol Lapisan Omni.

Dalam perdagangan pertukaran kripto, token USDT apa pun dapat dikonversi menjadi dolar AS melalui Platform Tether. Seperti cryptocurrency lainnya, pertukaran USDT terus menggunakan dolar AS, hanya saja ia memiliki kisaran harga tetap 1 dolar.

Tether termasuk dalam golongan stable coin atau stablecoin yang bertujuan untuk menjaga nilainya tetap stabil terhadap underlying asset, tujuannya untuk menghindari fluktuasi harga yang tajam sehingga dapat digunakan sebagai alat tukar maupun alat investasi yang tidak dipengaruhi oleh spekulasi harga.

Secara khusus, Tether dikembangkan sebagai jembatan antara cryptocurrency dan mata uang fiat, untuk memberikan transparansi, stabilitas, dan nilai transaksi minimum kepada pengguna. Namun, Tether Ltd. sendiri tidak menjamin bahwa token Tether dapat ditukar dengan dolar AS yang sebenarnya.

Apakah USDT Aman Digunakan?

Secara umum, Tether token (USDT) menawarkan berbagai keuntungan bagi penggunanya, yaitu:

Prinsip Desentralisasi yang Aman

Prinsip desentralisasi adalah prinsip umum yang digunakan dalam cryptocurrency. Dengan sistem terdistribusi dan terdesentralisasi seperti itu, Tether dapat menjamin keamanan transaksi dan pada saat yang sama memenuhi standar kepatuhan internasional.

Pemanfaatan Teknologi Blockchain

Salah satu teknologi yang memberikan tranparansi kepada membernya adlah Teknologi Blockchain ini. Sehingga kemungkinan terjadinya penipuan atau perubahan data sepihak sangat kecil.

Transparan

Tether Limited sendiri akan mempublikasikan kepemilikan cadangan yang ada setiap hari. Selain itu, mereka juga akan mengikuti audit keuangan profesional yang dilakukan oleh lembaga keuangan dunia. Setiap token Tether yang beredar mendapatkan nilai cadangan yang sama

Integrasi dan Penggunaan yang Luas

Banyak pihak yang mulai menggunakan model digitalisasi mata uang fiat seperti yang ditawarkan oleh Tether. Token Tether saat ini juga termasuk dalam berbagai bursa perdagangan utama kelas dunia seperti Bitfinex, GoCoin, dan Shapeshift.

Nilai Stabil

Dapat dikatakan bahwa nilai yang stabil adalah keunggulan utama Tether (USTD). Tether mendigitalkan mata uang fiat, dalam hal ini terhadap USD. Rasio yang digunakan adalah 1:1 dimana 1 USDT sama dengan 1 USD.

Untuk setiap 1 USDT yang didukung oleh 1 USD yang disimpan dalam cadangan perusahaan Tether Limited. Rencananya, perusahaan ini akan mendigitalkan mata uang lain seperti Euro yang akan disajikan dalam EURT.

Terlepas dari kenyataan bahwa Tether adalah salah satu stablecoin paling populer saat ini, banyak yang berspekulasi bahwa Tether Limited sebenarnya tidak mencadangkan setiap USDT yang ada dengan dolar sungguhan, atau dengan kata lain, mereka hanya mencetak uang. Jika ini benar, maka risiko terbesar adalah kehilangan aset dan tidak ada jaminan kerugian bagi pengguna.

Submit Your Comment

Name:
Email:
Website:
Comments:
css.php