Corner Cornelia

Just another Komunitas Blogger Universitas Atma Jaya Yogyakarta site

Cara Ternak Bebek Peking yang Menguntungkan

Jika Anda ingin bisnis beternak bebek peking yang menguntungkan, Anda harus memahami cara merawat bebek yang baik dan benar. Sistem pemeliharaan yang dianjurkan adalah metode budidaya bebek peking secara intensif.

Intensif artinya budidaya itik itu sendiri secara sungguh-sungguh dan terus menerus dalam melakukan sesuatu untuk memperoleh hasil yang optimal. Mulailah dengan memilih jenis ayam pedaging unggul yang tumbuh cepat hingga proses pemberian pakan yang seimbang.

Cara pemeliharaan ayam pedaging secara intensif atau sangkar diterapkan oleh para peternak saat ini, karena banyak kelebihannya. Salah satunya beternak itik tanpa air yang akan menghemat biaya.

Cara Ternak Bebek Peking

Mengapa memilih peternakan ayam broiler secara intensif, seperti ayam broiler, yang membutuhkan pemeliharaan yang baik dari segi pakan, kesehatan dan aspek teknis lainnya.

Bahkan dengan biaya yang mahal, kita bisa panen lebih besar dan lebih cepat dari cara budidaya itik tradisional atau kletekan. Jika kita memilih hewan ternak dengan cara yang tepat maka kita bisa mengontrol ternak dengan cara yang lebih mudah.

Trah Peking adalah jenis bebek yang unggul. Pertumbuhan bebek peking sangat cepat, hampir sama dengan seberapa cepat bebek bertelur. Jika bebek peking berumur 40 hari, beratnya mencapai 1,5 kg.

Sehingga bisa dipanen juga pada umur 40 hari. Selain itu, itik peking lebih tahan terhadap penyakit dibandingkan unggas lainnya. Kunjungi juga blog hasilbumi untuk informasi lainnya.

Memilih bibit itik pedaging (DOD) yang baik.

Salah satu unsur keberhasilan metode budidaya itik peking adalah saat pemilihan bibit di awal pembibitan. Ada beberapa kriteria bibit peking untuk menghasilkan pertumbuhan cepat sebagai berikut.

  • Berat minimal 40 gram.
  • Rambut bersih dan kering.
  • Nafsu makan tinggi
  • Tubuh kuat, mata jernih, kaki kokoh
  • Tidak ada cacat,
  • Bebas dari penyakit unggas
  • Aktif dan lincah
  • Rektum dan kloaka kering

Memilih Kandang Bebek yang Baik

Silahkan pilih jenis kandang bebek sesuai dengan passion anda

Kandang Baterai

Pada kandang jenis ini, ternak dikandangkan satu per satu dalam sebuah kotak dengan ukuran yang hanya cukup untuk 1 ekor dewasa. Kelebihannya, bebek mudah dikendalikan dengan baik. Kekurangannya, lebih mahal.

Kandang Postal

Kandang yang dapat menampung sejumlah populasi itik tertentu. Keuntungannya adalah lebih murah dan tidak rumit. Defisiensi sulit dikendalikan, jika terjadi wabah penyakit mudah menular. Lebih tepat menggunakan DOD dan itik grower.

Kandang Ranch

Kandang pos dengan halaman tamparan tambahan. Kelebihan dan kekurangannya hampir sama dengan pos, hanya saja kandang ini cocok untuk bercocok tanam secara tradisional.

Memberi Makan Bebek yang Baik

Unsur terpenting dalam cara beternak itik peking adalah pakan. Pemberian pakan dilakukan dua kali sehari, pagi dan sore. Jenis pakan yang baik adalah pakan pabrik atau pakan jadi seperti 511/BR 1.

Akan tetapi agar lebih hemat anda bisa menggunaka pakan alternatif, pakan organik murah dengan cara membuat sendiri tanpa mengurangi kebutuhan nutrisi itik.

Jika ingin membuat pakan sendiri, bisa menggunakan mesin pembuat pakan ayam. Untuk meningkatkan pertumbuhan berat badan, gunakan starbio, probiotik dan sejenisnya.

Kenali Gejala Penyakit Bebek

Berak Kapur

Tanda khusus kotoran itik berwarna hijau dengan bercak putih, cara pengobatan yang dianjurkan adalah dengan memberikan Nitrofuran, Sulfa atau antibiotik.

Demikian ulasan cara beternak itik peking yang bisa anda terapkan di rumah untuk usaha beternak bebek atau beternak bebek yang menguntungkan. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Submit Your Comment

Name:
Email:
Website:
Comments:
css.php