Corner Cornelia

Just another Komunitas Blogger Universitas Atma Jaya Yogyakarta site

Cara Budidaya Ikan Mas Untung Besar

Dari sekian banyak peluang bisnis yang ada saat ini, budidaya ikan mas bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Pasalnya jika dijual ikan mas harganya cukup mahal, apalagi permintaan di pasaran yang sangat tinggi.

Apakah Anda berminat untuk budidaya ikan mas? Seperti halnya dengan berternak yang jual bibit ikan hias, berikut ini langkah-langkahnya cara budidaya ikan mas untung besar yang perlu anda perhatikan.

Cara Budidaya Ikan Mas Hasil Maksimal

1.Menyiapkan Kolam

Budidaya ikan Mas bisa menggunakan kolam dari terpal. Ukuran kolam ikan Mas yang sangat disarankan sekitar 7×10 meter. Sedangkan kedalamannya mencapai 120 cm.

Sebelum memasukkan indukan dan anakan ikan, terlebih dahulu pastikan kolam sudah bersih dari parasit dan penyakit. Sedangkan untuk pakannya bisa menggunakan pakan alami seperti plankton dan menambahkan pupuk organik.

2.Memilih Bibit

Nah, cara budidaya ikan Mas yang selanjutnya yaitu memilih bibit. Untuk meminimalisir kegagalan panen ikan Mas, pilihlah bibit yang berkualitas. Anda bisa membeli dari yang jual bibit yang berkualitas di UPT kementerian kelautan dan perikanan. Termasuk untuk anda yang jual bibit ikan hias. Adapun ciri-ciri bibit yang berkualitas di antaranya gerakannya sangat gesit, nafsu makan yang baik, indukan yang bersertifikat dan kulitnya mulus.

3.Menebar Bibit

Setelah membeli bibit ikan Mas yang unggul, kini saatnya untuk menebar ikan mas pada kolom. Satu kolam dengan ukuran 7×10 meter bisa menampung ratusan ikan. Tetapi ketika ukurannya sudah mulai membesar, pindahkan ke kolam yang lebih besar. Hal ini bertujuan agar perkembangannya bisa lebih maksimal.

4.Memberi Pakan

Dalam menerapkan cara budidaya ikan Mas sangat penting untuk memperhatikan pakannya. Agar pertumbuhan ikan Mas sangat optimal, pilihlah pakan dengan kandungan 25% protein.

Waktu yang paling tepat untuk memberi makan ikan Mas yaitu saat pagi dan sore hari sebanyak 4% dari bobot ikan. Jangan terlalu banyak memberikan makan, agar tidak ada sisa makanan. Hal ini juga penting untuk bibit udang vaname windu karena bertujuan untuk menghindari berbagai penyakit yang ditimbulkan dari sisa makanan.

5.Panen

Saat ikan mas sudah berukuran 300 sampai 400 gram, itu tandanya sudah siap panen. Dengan kata lain saat sudah menginjak usia 6 sampai 8 bulan, ikan Mas bisa di panen. Pada usia ini, Anda harus menyortir ukurannya sebelum dijual.

Submit Your Comment

Name:
Email:
Website:
Comments:
css.php