CONAN ADITYA WIJAYA'S BLOG

DATA, KNOWLEDGE, AND DECISION SUPPORT

Posted: December 2nd 2012

Dalam post kali ini, saya akan membahas tentang Manager terlebih dahulu. Dalam suatu organisasi, pasti memiliki pemimpin (Leader) yaitu Manager yang bertugas untuk memanajemen semua divisi dibawahnya. Nah untuk lebih spesifik tugas dari Manager dibagi menjadi tiga, yaitu Interpersonal (sebagai pemimpin (Leader)), Informational (sebagai juru bicara dan yang memonitor kerja), dan Decisional (sebagai pengambil keputusan). Lalu, dalam hubungannya dengan IT, mengapa seorang Manager membutuhkan IT ? Hal ini dikarenakan IT berperan penting dalam membantu tugas-tugas dari seorang Manager. Tidak mungkin seorang Manager memonitor semua karyawannya secara satu persatu, maka dari itu IT berperan penting dalam memonitor semua kerja karyawannya secara garis besar dan secara keseluruhan.

Selanjutanya saya akan bahas mengenai Data. Sumber Data bisa kita dapat dari sumber external, internal dan personal. Untuk mendapatkannya juga bisa dengan cara manual, dengan transaksi secara elektronik, dengan sensor, dan dengan scanning. Data yang baik adalah data yang berkualitas. Untuk mendapatkan Data yang berkualitas, Data tersebut harus akurat, keamanannya terjamin, lengkap, konsisten (tidak berubah sampai kapanpun), timely (ada saat dibutuhkan atau mudah untuk diakses), dan relevan (terupdate atau terkini). Selain itu, Data memiliki dua tempat penyimpanan, yaitu Data Warehouse (Gudang Data tempat menyimpan semua Data), dan Data Mart (Tempat menyimpan Data-Data yang umum/penting digunakan). Mengapa mengoleksi Data sangat dibutuhkan ? Hal ini dikarenakan semua Data sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan yang ada.

Sekarang kita beralih ke Decision Support, sebelum itu kita harus mengetahui bagaimana proses melakukan Decision. Untuk melakukan Decision, tahap awal adalah kita mengambil semua kemungkinan, masalah, logika dan kejadian dari realitas yang ada, selajuntnya kita akan memodelkan masalah tersebut. Setelah itu kita akan membuat beberapa pilihan keputusan untuk diimplementasikan dalam realita, dan tahap terakhirnya adalah implementasi keputusan tersebut. Lalu Decision Support adalah alat yang melakukan proses Decision dengan menggunakan IT, jadi Decision Support bisa dikatakan sebagai Software yang membantu pengguna dalam mengambil keputusan. Selanjutnya, apa itu Model ? Model adalah bentuk representatif dari realita yang ada. Model ada empat macam yaitu Iconic (scale) (Replika dari suatu sistem), Analog (Kejadian yang berbeda namun cara kerjanya sama), Mathematical (quantitative) (Permodelan secara matematis), dan Mental models (Permodelan secara situasional). Jadi Decision Support akan menganalisis Data dan apa saja masalah atau kendala yang dialami, selanjutnya Decision Support akan memberikan rekomendasi-rekomendasi keputusan yang ada beserta resiko yang ada. Perbedaan Decision Support dan Enterprise Decision Support yaitu Enterprise Decision Support adalah bentuk Decision Support dalam skala besar yang membutuhkan pengolahan dengan skala besar dan cepat. Sekian review materi Pengantar Tekonologi Informasi tanggal 27 November 2012, semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php