CONAN ADITYA WIJAYA'S BLOG

WIRELESS, MOBILE COMPUTING AND MOBILE COMMERCE

Posted: November 16th 2012

Wireless, secara harafiah berarti nirkabel atau tanpa kabel. Wireless Devices adalah alat yang dapat berkomunikasi dengan internet maupun dengan alat lain secara nirkabel. Contohnya adalah PDA, Smart Phone, dan Cellular Phone. Sedangkan Wireless Application Protocol (WAP) adalah aturan-aturan yang mengatur agar suatu alat dapat berkomunikasi secara nirkabel (Wireless). Pada Smart Phone zaman sekarang kita sudah bisa Browsing atau menjelajah internet via Handphone, hal itu dikarenakan Smart Phone yang kita miliki umumnya sudah menggunakan Microbrowsers, yaitu Browser yang menggunakan Bandwidth lebih rendah dan dikhususkan untuk alat-alat yang memiliki memory yang terbatas seperti Handphone, contohnya adalah Opera Mini. Pada zaman dahulu juga sudah ada Wireless Device yaitu Pager, Pager adalah alat nirkabel yang mengirimkan pesan satu arah, dan Pager akan memberi notifikasi jika ada pesanyang masuk.

Untuk media transmisinya, ada beberapa media untuk transmisi secara Wireless seperti Microwave Transmission Systems, yaitu media transmisi secara point to point yang digunakan untuk jarak jauh dan volume yang besar. Lalu ada Satellite Transmission, yaitu transmisi menggunakan Satelit. Ada tiga tipe satelit yaitu Geostationary (GEO) (22.300 mil dari permukaan bumi), Medium-earth-orbit (MEO) (6.000 mil dari permukaan bumi), dan Low-earth-orbit (LEO) (400-700 mil dari permukaan bumi). Dalam Satellite Transmission ada beberapa pengertian seperti Footprint yaitu area yang dijangkau oleh satelit, Broadcast Transmission yaitu transmisi ke banyak Reciever dalam waktu bersamaan, dan Propagation Delay yaitu jeda singkat pada transmisi oleh GEO Satellite.

Seelanjutnya kita akan membahas macam-macam Wireless Devices. Yang pertama adalah Global Positioning Systems (GPS), yaitu alat yang digunakan untuk mengetahui posisi kita dibumi, alat ini menggunakan satelit yang memposisikan kita dalam sumbu x, y, dan z agar dapat mengetahui posisi kita. Lalu ada Internet over Satellite (IOS) yaitu akses internet via GEO Satellite. Yang ketiga adalah Radio, ada tiga macam transmisi yang dilakukan oleh radio yaitu Radio transmission (Menggunakan gelombang radio untuk mentransmisikan dari Transmitter ke Reciever), Satellite radio (digital radio) (Transmisi radio menggunakan Satelit sehingga hasil suaranya dapat mendekati CD Quiality), dan Infrared (Berbentuk lampu merah yang biasananya digunakan pada Remote). Selanjutnya ada Bluetooth yaitu alat untuk mentransfer file yang umumnya terdapat pada Laptop, Smart Phono, dan Tablet. Dan Wireless Local Area Networks (WLANs) yaitu alat agar kita bisa berkoneksi denga internet secara nirkabel.

Sekarang kita beralih ke Mobile Computing, yaitu melakukan komputasi secara berpindah-pindah. Terkadang kita sedikit sulit untuk membedakan antara Wireless dan Mobile Computing karena di zaman sekarang kedua hal yang sebenarnya berbeda tersebut umumnya sudah terintegrasi dalam satu Devices. Selanjutnya kita akan membaas tentang Mobile Commerce (M-Commerce), sebenarnya Mobile Commerce tidak berbeda jauh dengan Electronic Commerce, hanya saja Mobile Commerce memiliki Bandwidth yang lebih kecil agar dapat berjalan pada Devices yang memiliki keterbatasan Memory seperti Handphone. Yang terakhir adalah Wireless Security, untuk memproteksi dari macam-macam akses yang tidak diinginkan, ada beberapa cara seperti mengganti Channel secara otomatis, menggunakan Wi-Fi Protected Access (WPA), memblok SSID, dan memberi Password. Sekian review materi Pengantar Tekonologi Informasi tanggal 13 November 2012, semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php