CONAN ADITYA WIJAYA'S BLOG

TELECOMMUNICATIONS AND NETWORKS

Posted: October 5th 2012

Sebelum saya menjelaskan tentang “TELECOMMUNICATIONS AND NETWORKS”, terlebih dahulu saya menambahkan beberapa rangkuman dari materi sebelumnya yang berjudul “MANAGING ORGANIZATIONAL DATA AND INFORMATION” pada post ini. DBMS memiliki beberapa komponen yaitu DDL (Data Definition Language), DML (Data Manipulation Language), dan Data Dictionary. DDL digunakan untuk membentuk struktur suatu database, sedangkan DML digunakan untuk memanipulasi konten yang ada dalam Database, dan Data Dictionary digunakan untuk mendefinisikan karakteristik data dan elemen data.

Sekarang kita beralih ke materi selanjutnya yaitu “TELECOMMUNICATIONS AND NETWORKS”. Dari judul ini, kita dapat menarik dua kata yang penting yaitu “Telekomunikasi” dan “Network”. Dalam konteks ini maksudnya adalah komunikasi yang ada hubungannya dengan suatu platform, atau bisa dibilang dengan kata “Computer Communications”. Nah, lalu apa yang dimaksud dengan “Computer Communications” ? “Computer Communications” adalah proses yang terjadi antara dua atau lebih komputer / perangkat / piranti / alat (Contohnya : Tablet, PDA, Smart Phone, PC, Laptop) yang mampu untuk mentransfer data, instruksi, dan informasi serta dapat berbagi sumber daya. Struktur komunikasinya atau “Telecommunications System” adalah dengan cara perpaduan atau kerjasama antara Hardware dan Software yang mentransmisikam informasi dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Komponen yang dibutuhkan yaitu (1) Hardware (yaitu sebagai perangkat telekomunikasi), (2) Software (yang bertugas untuk memfungsikan Hardware), (3) Media (Media dalam hal ini adalah alat penghubung seperti kabel, inflared, dan lain-lain), (4) Network (Jaringan), (5) Provider (yaitu sebagai penyedia layanan), dan (6) Protocols (yaitu sebagai aturan-aturan yang mengatur agar suatu komunikasi bisa dilangsungkan).

Sinyal telekomunikasi dibagi menjadi dua, yaitu Analog Signals dan Digital Signals. Perbedaannya adalah Analog Signals berbentuk Continuous waves dan Digital Signals berbentuk Discrete pulses yang terdiri dari bilangan biner sehingga lebih mudah dipahami oleh komputer. Untuk berkomunikasi, dibutuhkan Modem, Multiplex, dan Front-end Processor. Modem adalah alat yang digunakan untuk merubah sinyal analog menjadi sinya digital dan sebaliknya. Multiplex adalah alat untuk mentransmisikan memerapa sinyal dalam satu media. Sedangkan Front-end Processor adalah otak komunikasi dimana Front-end Processor bertugas untuk mengatur komunikasi. Beberapa contoh alat yang menjadi media dalam komunikasi adalah kabel telepon, kabel Coaxial, kabel Fiber Optic, Satelit, Radio, dan Microwave. Kecepatan dalam mentransmisikan data dihitung dalam Bandwidth, Bandwidth adalah kumpulan frekuensi yang mencerminkan kapasitas data, jadi semakin besar Bandwidth, semakin besar pula kapasitas datanya.

Sekarang saya akan membahas Network, yaitu alat komunikasi (Hardware, media, dan Software) yang membuat dua atau lebih Sistem Komputer terkoneksi. Jangkauan Network dibagi menjadi dua, yaitu LAN (Local Area Network) untuk jangkauan yang kecil seperti satu kantor atau satu gedung, dan WAN (Wide Area Network) untuk jangkauan yang luas misalnya antar pulau bahkan seluruh dunia contohnya internet. Topologi untuk LAN, biasanya berbentuk Star, Ring, Bus, Tree, dan Hybrid. Strategi dalam memproses Network “Network Processing Strategies” dibagi menjadi dua, yaitu Client/Server Processing dan Peer-To-Peer Processing. Client/Server Processing adalah satu komputer bertindak sebagai server dan komputer lain sebagai client dimana jika ingin melakukan sesuatu harus melewati server dahulu, misalnya untuk mengeprint dalam suatu jaringan. Sedangkan Peer-To-Peer Processing bisa dikatakan semua komputer yang terhubung bertindak sebagai Client maupun Server, jadi misalnya untuk mengeprint dalam jaringan tidak perlu melewati komputer yang lain dahulu. Sekian review materi Pengantar Tekonologi Informasi tanggal 2 Oktober 2012, semoga bermanfaat.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

MANAGING ORGANIZATIONAL DATA AND INFORMATION

Go to post

ELECTRONIC COMMERCE

Go to post
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php