CONAN ADITYA WIJAYA'S BLOG

MANAGING ORGANIZATIONAL DATA AND INFORMATION

Posted: September 28th 2012

Pada Post kali ini saya akan membahas tentang Data dan Database. Data adalah kumpulan informasi dan Database adalah kumpulan dari data yang terstruktur. Dalam komputer, Data yang kita punya berbentuk File, dimana File yang kita punya berisi informasi yang kita miliki. Jadi, bisa dibilang suatu Database adalah kumpulan dari beberapa File yang terstruktur.File sendiri bukan satuan terkecil dari suatu Data karena merupakan kumpulan dari Record. Sedangkan Record adalah kumpulan dari beberapa field. Nah, Field lah satuan terkecil dari suatu Data karena Field adalah kumpulan dari beberapa karakter.

Sebuah Field pasti memiliki yang namanya Field Size, Field Name, dan Data Type. Field Size adalah jumlah tampungan maksimal karakter dalam satu Field. Sedangkan Field Name adalah nama Field. Field Name antar satu File pasti berbeda karena Field Name adalah “keunikan” dari suatu Field. Sedangkan Data Type adalah tipe data suatu Field. Data Type bisa berupa “Text” yang terdiri dari angka dan huruf, “Number” yang terdiri dari angka saja, “AutoNumber” yaitu angka yang disusun secara otomatis untuk suatu record, “Currency” yaitu mata uang, “Date” yaitu tanggal, “Memo”, sama dengan “Text”, namun memiliki tampungan karakter lebih banyak, “Yes/No” / “Boolean” yaitu benar atau salah, “Hyperlink” yaitu link ke suatu website atau link ke suatu dokumen, dan “Object” / “BLOB” yaitu objek seperti gambar, video, dan audio. Dalam memanajemen Data, terdapat Primary Key dan Secondary Key dimana Primary Key adalah Field unik yang mengidentifikasikan Record sedangkan Secondary Key adalah Field yang tidak unik tetapi dapat digunakan untuk membentuk suatu grup dari Record.

Sekarang beralih ke DBMS, yaitu singkatan dari Database Management System adalah suatu alat yang mengatur suatu Database. DBMS sangat diperlukan karena dalam suatu perusahaan atau suatu organisasi dibutuhkan alat untuk mengolah Database yang mereka miliki. Di zaman dahulu, Data yang dimiliki suatu perusahaan diolah dengan File Processing System dimana setiap Departemen memiliki File data yang saling berelasi, namun di zaman modern atau sekarang ini pengolahan Data perusahaan menggunakan DBMS. Keunggulan dari DBMS dibanding File Processing adalah semua File Data dalam semua Departemen dijadikan satu dan diolah untuk tiap Departemen, sehingga hal ini dapat mengurangi kemungkinan Data yang sama (Redundancy). Penempatan data pada Database dapat dialokasikan menjadi dua pilihan, yaitu Centralized dan Distributed. Hal ini bertujuan untuk mempercepat pengaksesan dan lebih memudahkan dalam pengelolaan dimana data akan tetap bisa diakses walaupun ada suatu masalah atau failure. Misal, suatu Perusahaan di Indonesia mengalokasikan Databasenya untuk tiap pulau di Indonesia. Jika Datanya dialokasikan secara Centralized, semua akses akan tertuju pada Database pusat sehingga pada saat Database pusat mengalami masalah, semua akses Database menjadi tidak bisa dilakukan. Sedangkan Jika Datanya dialokasikan secara Distributed, misal setiap pulau memiliki salinan Database dari Database pusat, saat suatu Database di suatu pulau mengalami masalah, pulau lain masih bisa mengakses Database dan pengaksesan Data untuk setiap pulau menjadi lebih cepat karena terdapat salinan Data di setiap pulau tersebut. Sekian review materi Pengantar Tekonologi Informasi tanggal 25 September 2012, semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php