CONAN ADITYA WIJAYA'S BLOG

COMPUTER HARDWARE

Posted: September 12th 2012

Computer Hardware adalah perangkat keras yang terdapat pada komputer. Dalam Information System (IS), secara umum hardware dibagi menjadi empat komponen yaitu CPU (Central Processing Unit), Memory, Input devices, dan Output devices. Dalam sebuah PC, didalamnya pasti terdapat beberapa komponen. Ambil saja pada suatu Desktop, didalam desktop pasti memiliki beberapa komponen seperti Motherboard, Processor, Memory, Ports, Adapter Card (seperti Sound card, Modem card, Video card, dan Network card), Drive Bays (Optical Disk Drive, Floppy Disk), dan Power Supply.

Secara garis besar Motherboard memiliki dua komponen utama, yaitu CPU (Central Processing Unit) atau biasanya kita sebut Processor yang berguna untuk membawa intruksi dan memberi tahu komputer tentang apa yang harus dilakukan oleh komputer tersebut dan Memory yang berguna untuk menyimpan data dan instruksi secara temporary. Pengertian Motherboard atau bisa disebut System Board sendiri adalah circuit board utama dalam system unit dan tempat menempelnya Processor, memory dan Adapter Card.

Sekarang kita beralih pada CPU (Central Processing Unit) atau biasanya kita sebut Processor. Yaitu sebuah microprocessor yang tugasnya adalah mengeksekusi instruksi dan memproses tugas. Dalam CPU terdapat empat komponen yaitu Control unit yang bertugas untuk mengartikan instruksi, Arithmetic-Logic Unit (ALU) yang bertugas untuk memproses instruksi dan melakukan komputasi, Registers yang bertugas menyimpan data dan instruksi, Primary Storage yang bertugas sebagai tempat penyimpanan sementara aplikasi/software yang sedang dijalankan. Urutan kerjanya adalah saat instruksi masuk melalui input devices, instruksi tersebut ditampung di Register, lalu diartikan oleh Control unit, selanjutnya diproses oleh ALU, dan keluarlah sebagai output yang kita inginkan melalui output devices.

Masih bagian dari CPU (Central Processing Unit), yaitu Memory (disebut juga Main Memory). Memory adalah komponen elektronik yang menyimpan data, instruksi dan hasil. Setiap byte nya tersimpan dalam lokasi-lokasi unik yang disebut Address. Memory dibagi menjadi dua bagian, yaitu Primary Storage dan Secondary Storage. Primary Storage dibagi menjadi empat tipe, yaitu Register (bagian dari CPU untuk menyimpan instruksi dan data), RAM (Random Access Memory) (Chip yang menempel di Motherboard untuk tempat penyimpanan sementara aplikasi/software yang sedang dijalankan, Volatile), Cache Memory (Sebagai jembatan antara RAM dan Secondary Storage), ROM (Read Only Memory) (Untuk menyimpan BIOS, Non Volatile). Secondary Storage adalah Non Volatile Memory yang bisa dihapus secara elektronik dan bisa diprogram ulang. Umumnya lebih murah dan lebih lambat dari Primary Storage namun memiliki kapasitas penyimpanan yang umumnya lebih besar. Komputer adalah digital, dimana prosesnya dilakukan dalam angka biner (Binary Digit) dan ditampilkan dalam bit (Binary Digit). Tetapi dalam storage akan disimpan dalam satuan byte dimana 8 bits = 1 byte. Sekian review materi Pengantar Tekonologi Informasi tanggal 11 September 2012, semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php