Panduan dan Tips Agar Wallpaper Dinding Awet

Menggunakan wallpaper dinding memberikan kepuasan tersendiri, sayangnya tak semua orang bisa menjaga keawetan produk tersebut. Akibatnya kertas pelapis dinding jadi cepat buram, robek, atau mengeluarkan aroma tak sedap. Anda tak ingin hal itu terjadi bukan? Caranya dengan menerapkan tips berikut, yang pasti akan memberikan kepuasan dengan ketahanan wallpaper yang lebih maksimal.

Tips Agar Wallpaper Dinding Awet

Dari Sebelum Dipasang Hingga Perawatan Rutin

Untuk membuat kertas dinding jadi awet bukan saja tentang bagaimana perawatannya, tapi sejak sebelum dipasang harus sudah mulai dilakukan upaya tersebut. Begitu juga saat pemasangan, apalagi setelah dipasang.

Sebelum Pemasangan

Jangan lupakan hal berikut sebelum memasang wallpaper dinding di rumah Anda:

  • Bersihkan permukaan dinding sebelum dipasangi kertas dinding. Bisa menggunakan sapu atau kemoceng.
  • Pastikan permukaan dinding rata, dengan cara mengikis bagian yang menggembung, dan melicinkannya menggunakan amplas agar siap untuk dijadikan media penempelan kertas dinding.
  • Pilih perekat terbaik sesuai dengan bahan wallpaper dinding yang Anda pilih, sehingga daya tempelnya pada dinding benar-benar maksimal
  • Pilih sisi dinding yang tingkat kelembabannya rendah untuk dipasangi kertas dinding. Ini untuk meminimalisir kerusakan akibat air yang keluar dari bagian dalam dinding rumah Anda. kalaupun Anda memilih untuk memasang pada dinding lembab, upayakan memberi lapisan waterproof terlebih dahulu untuk mencegah air merembes pada bagian kertas dinding.

Saat Pemasangan

Saat memasang kertas dinding, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal, yaitu:

  • Olesi lem secara merata ke seluruh permukaan dinding dan kertas dinding, sehingga saat penempelan semua bagian kertas dinding melekat dengan sempurna.
  • Pasang kertas dinding secara perlahan dan sesuai dengan ukuran dan lokasi pemasangan, ini untuk menghindari bongkar pasang yang akan merusak kertas dinding tersebut.
  • Pastikan ukuran kertas dinding yang akan dipasang sesuai dengan ukuran dinding, jika tidak maka akan berdampak pada penambahan bahan kertas dan berkesan menumpuk, sehingga membuat wallpaper cepat rusak.

Setelah Pemasangan

Inilah tahap penting dalam menjaga tingkat keawetan wallpaper dinding, Anda harus melakukan perawatan terbaik, dengan cara ini:

  • Bersihkan sesuai dengan bahan dari kertas dinding tersebut. Untuk bahan kertas lakukan pembersihan menggunakan lap yang kering untuk menghilangkan debu yang menempel. Jika terbuat dari vinyl ataupun acrylic maka teknik membersihkannya bisa menggunakan spon bertekstur lembut yang diberi sabun khusus pembersih wallpaper. 

Sedangkan jika terbuat dari bahan kain, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkannya secara berkala, karena bahan kain sangat rentan jadi tempat bersarang bakteri dan virus serta kutu. Intinya semua cara membersihkan ini adalah untuk meminimalisir debu dan kotoran yang menempel pada permukaan kertas dinding.

  • Untuk perawatan harian Anda bisa menggunakan kemoceng untuk mengusir debu. ini bisa dilakukan untuk semua bahan wallpaper dinding. Terutama pada bagian dinding yang paling banyak berinteraksi langsung dengan debu dan udara dari luar.
  • Hindari meletakkan benda-benda berat yang menempel langsung pada dinding, karena akan berakibat wallpaper rusak, robek, dan meninggalkan bekas tekanan.
  • Pastikan lem wallpaper masih merekat sempurna secara berkala, jika ada yang mengelupas segera siasati dengan menambah lem. Hal ini penting agar tidak semakin banyak bagian wallpaper yang terkelupas.

Memang terkesan rumit jika ingin memiliki wallpaper yang awet pada dinding, tapi percayalah ketika Anda melakukan semua tips ini maka tak perlu keluar uang tambahan lagi. Sebab wallpaper bisa tahan bertahun-tahun dan membuat ruangan selalu nyaman untuk ditempati.