CLS

Implementing IT Ethics, impacts and security

Posted: December 10th 2012

Sebelumnya mau curhat dulu sedikit, ngga terasa ini adalah pertemuan terakhir untuk mata kuliah PTI dengan Bu Sapty, lumayan sedih juga sih hehe. Ya sebentar lagi bakal UAS, harus semangat nih!! Mudahan nilai PTI lebih baik lah dari UTS yang kemarin :’) aminnnnn.  Oke jadi pada pertemuan terakhir ini dibahas tentang Penggunaan system informasi yah. Jadi dalam system informasi itu ada masalah teknisnya juga baik sebagai pengembang maupun penggunaan, untuk menjadi seoarang IT etika yang baik itu sangat diperlukan karena etika itu berkaitan dengan prinsip yang bisa membedakan suatu itu benar atau salah kemudian ada juga yang dinamakan dengan kode etik, yang dimiliki oleh masing-masing organisasi, ada empat hal yang berkaitan dengan Etika seorang IT, yaitu:

  1. Privasi
  2. Akurasi, dimana disini seorang IT harus bisa meyakinkan bahwa data yang diberi itu data yang akurat
  3. Properti, masalah kepemilikan, misalnya sebagai seorang IT sebenarnya malu kalau pakai software yang tidak asli. Atau membajak software buatan orang lalu menjualnya kembali.
  4. Aksesbilitas, disini seorang IT tidak boleh sembarangan mengakses hal-hal yang sebenarnya milik orang lain.

Privasi

Hak yang menentukan apakah sebuah system itu bisa di share atau tidak! Sebagai seorang IT harus bisa bedakan mana yang system yang bersifat private dan mana yang bisa di publish, jadi harus pintar-pintar melindungi data. Contohnya itu Di Negara-negara Eropa bahwa data-data masyarakatnya itu sangat di lindungi dan di jaga kepribadiaannnya, jadi tidak boleh di publish begitu saja.

Kependidikan Intelektual

Ada hal yang bisa melindungi kepemilikan, yaitu:

  • trade secret,Ide-ide yang bisa di lindungi oleh trade secret:
  • Patient, hak eksekusive kepada penemuan-penemuan baru yang ditemui oleh pemiliknya, yang dilindungi oleh hokum selama 20 tahun.
  • Copy right, hak cipta. Ini adlah merupakan mekanisme yang melindungi si pembuat system misalnya software atau program.

Masalah selanjutnya adalah dampak penggunaan informasi yang dibedakan menjadi beberapa kategori:

  • Organisasi, dengan adanya IT pekerjaan bisa menjadi lebih efisien, struktur-struktur pada perusahaan maupun organisasi dapat di minimalisir menggunakan IT.
  • Pekerjaan, IT bisa membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan efisien bahkan bisa menghilangkan pekerjaan.
  • Individual, Dampak IT terhadap individu orang itu dampaknya agak negative, dari sisi positifnya sih ada juga yaitu skill untuk orang IT itu meningkat, tapi negatifnya perusahaan jadi ketergantungan terhadap IT.
  • Sosial, Dampak IT terhadap social atau lingkungan itu dengan adanya teknologi informasi orang bisa punya banyak teman contohnya melalui jejaring social. Kemudian untuk orang dengan kebutuhan khusus (orang cacat) bisa punya banyak teman juga di dunia maya, tapi ada juga dampak negatifnya, yaitu orang jadi kurang sadar untuk dunia atau lingkungan nyata karena keasikan di dunia maya.
  • Kemanan, banyak ancaman-ancaman bisa dating baik di sengaja maupun tidak disengaja. Contoh yang sengaja itu misalnya hacker yang mencuri data yang sifatnya privasi untuk dipakai sendiri, kemudian menyebarkan virus atau Trojan, lalu yang tidak di sengaja misalnya factor alam, masalah software dan human error.

Dengan adanya serangan-serangan tersebut, maka sebagai orang IT itu harus memikirkan keamanan sistemnya, harus diprotect!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php