CLS

Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce

Posted: November 25th 2012

Pada pertemuan kali ini Bu Sapty membahas tentang teknologi wireless, kita sudah pasti sudah tau teknologi ini, yaitu teknologi nirkabel. Teknologi wireless  yang biasa kita pakai adalah handphone, PDA, smartphone dsb (perangkat-perangkat yang wireless). Maksud wireless itu apa? ya jadi wireless itu maksudnya tanpa kabel. dengan menggunakan teknologi wireless pekerjaan lebih mudah dan praktis karna lebih efisien, kan masyarakat sekarang ngga suka yang ribet, dengan adanya teknologi wireless yaitu tanpa kabel pekerjaan jadi lebih efisien.  Wireless itu biar kecil tapi computing power nya cukup tinggi lho. kecanggihan cukup tinggi, suapaya bisa berkomunakasi dengan internet atau perangkat-perangkat device yang lain.  oke selanjutnya ada, Teknologi mobile, artinya mobile adalah yang bisa dibawa-bawa pergi. mobile adalah bisa bergerak kemanapun menggunakan wireless. Begitu banyak perangkat-perangkat wireless salah satunya adalah cellular phone, kenapa disebut cellular phone? karna perangkat ini lebih menonjol atau  menuju ke jaringan.

wireless device untuk bisa berkoneksi dengan device yang lain dibutuhkan WAP, yaitu Wireless Access Protocol. jadi ini protokol yang harus di tata kalau kita mau berkoneksi secara wireless, contoh nya dalam hanphone kita itu sudah ada protokolnya. untuk wireless device sebenarnya bukan cuma handphone ya, contoh lain seperti USB, kamera, laptop,  printer,dll.

kemudian ada beberapa istilah-istilah yang berkaitan dengan teknologi wireless. contohnya kalau kita mau browsing dengan perangkat mobile kan tentunya di butuhkan browser, nah karna ini browser nya hanya cuma ada di hanphone misalnya jadi disebut microbrowser  karna dia browser yang versi kecilnya. dan dia bisa berjalan walaupun dengan memory yang kecil juga. Dan kemudian sebenarnya teknologi wireless sudah ada sejak dulu sebelum ada laptop, sudah ada yang namanya pager, ini juga perangkat wireless tapi yang sifatnya satu arah, dia akan berbunyi ketika ada pesan masuk.

Media Transmisi, contohnya  kalau TV kan media transmisi nya itu pakai kabel, tapi untuk wireless kita itu butuh media transmisi yang lain, yaitu udara, gelombang elektomagnetik. jadi tidak pakai kabel melainkan pakai gelombang. nah untuk gelombang itu sendiri ada macam-macam jenisnya yaitu:

  1. Microwave – Sistem transmisi microwave banyak digunakan untuk volume tinggi, komunikasi jarak jauh, point-to-point. dari satu titik ke titik yang lain. Point-to-point memiliki dua karakteristik: pertama, pemancar dan penerima harus dalam pandangan satu sama lain (disebut line-of-sight), dan kedua, transmisi itu sendiri harus ketat diarahkan dari pemancar ke penerima. Kemudian transmisinya ini haru direct, langsung dari pengirim ke penerima.

nah, tapi sudah diketahui bahwa bentuk bumi kita kan bulat, jadi sulit untuk untuk menggunakan microwave ini, karna dari satu menara ke menara yang lain kan harus keliatan satu sama lain, jadi sebenarnya teknologi transmisi ini sebenarnya jarang dipakai, untuk mengatasi kekurangan dari microwave ini digunakan transmisi yang lain, yaitu menggunakan:

  1. Satelit, sudah tau kan satelit itu apa 🙂 nah satelit ini terbagi menjadi 3 jenis berdasarkan ketinggiannya, yaitu:
  • Geostationary earth orbit (GEO) mengorbit 22.300 mil tepat di atas khatulistiwa dan mempertahankan posisi tetap, baik untuk sinyal TV.
  • Medium earth orbit (MEO) yang terletak 6.000 kilometer di atas permukaan bumi dan bergerak, digunakan untuk GPS dan lebih murah.
  • low earth orbit (LEO) adalah 400 sampai 700 mil di atas permukaan dan bergerak lebih cepat sehingga mereka memerlukan banyak memiliki cakupan yang memadai, penggunaan untuk telepon.

beberapa istilah yang bersangkutan dengan satelit:

  • Footprint adalah daerah jangkauan atau luas permukaan bumi dicapai oleh transmisi satelit – mengatasi keterbatasan stasiun relay microwave data. jadi semakin jauh satelit, footprint nya semakin luas.
  • Transmisi Broadcast memungkinkan satelit untuk mengirim sinyal ke penerima banyak pada satu waktu.
  • Delay propagasi adalah jeda singkat dalam transmisi dari satelit GEO yang membuat dua arah percakapan telepon yang sulit.
Global Positioning Systems
merupakan wireless sistem yang menggunakan atau memanfaatkan satelit, GPS adalah sistem nirkabel yang menggunakan satelit untuk memungkinkan pengguna untuk menentukan posisi mereka di mana saja di bumi, didukung oleh 24 satelit bersama di seluruh dunia. Angkutan-angkutan umum sekarang sudah cangging loh sudah pakai GPS, contohnya taxi bluebird.
Internet over Satellite (IOS)
IOS memungkinkan pengguna untuk mengakses Internet melalui satelit GEO dari hidangan dipasang pada sisi rumah mereka. Hanya tersedia di beberapa daerah pilihan. Dapat mengalami keterlambatan propagasi atau terganggu oleh kondisi lingkungan.
nah selain memakai seatelit, kita juga memakai gelombang Radio .
  • Transmisi radio menggunakan gelombang radio frekuensi untuk mengirim data secara langsung antara pemancar dan penerima.
  • Satellite Radio (radio digital) menawarkan terganggu, dekat CD musik berkualitas yang dikirim ke radio dari ruang angkasa. (XM radio satelit menggunakan GEO, Sirius menggunakan MEO) tidak ada gangguan.
  • Cahaya inframerah adalah lampu merah yang tidak biasa terlihat mata manusia, penggunaan umum dalam unit remote control untuk TV, VCR, DVD, CD player. kekurangannya adalah sering adanya gangguan.
Beberapa standar yang bisa digunakan dalam wireless computer network.:
IEEE 802.15 (Bluetooth) for wireless personal area networks  (PANs) and 802.15.4 (Zigbee).
IEEE 802.11 (Wi-Fi) for wireless local area networks (WLANs)
IEEE 802.16 (Wi-Max) for wireless metropolitan area networks (WMANs)
IEEE 802.20 (proposed) for wireless wide area networks (WWANs).
Bluetooth
-Bluetooth digunakan untuk membuat PAN (personal area network) kecil:
  • dapat menghubungkan hingga 8 perangkat dalam area 10 meter;
  • menggunakan komunikasi daya rendah, radio berbasis;
  • dapat mengirimkan hingga 1 Mbps.

-Jaringan area pribadi (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer (misalnya, telepon, PDA, ponsel pintar) dekat satu orang.

Nah kemudian ada Zigbee yang merupakan saudaranya bluetooth 😀 tapi Zigbee ini jangkauannya lebih luas. dipakai untuk aplikasi-aplikasi yang membutuhkan transmisi data yang rendah. bisa menghubungkan ratusan device.Zigbee menargetkan aplikasi yang membutuhkan tingkat penularan data rendah dan konsumsi daya rendah:

  • memindahkan data hanya seperempat secepat Bluetooth;
  • Dapat menangani ratusan perangkat sekaligus;
  • aplikasi yang paling menjanjikan adalah pembacaan meter
Wireless Local Area Networks (WLANs)

untuk membuat WLAN dibutuhkan access point.WLAN memerlukan pemancar dengan antena, yang disebut titik akses nirkabel, yang menghubungkan ke LAN kabel atau piring satelit yang menyediakan koneksi internet.

  • Wireless network interface card (NIC) yang diperlukan untuk berkomunikasi secara nirkabel dan memiliki radio built-in dan antena.
  • Hotspot titik akses nirkabel yang menyediakan layanan ke sejumlah pengguna dalam perimeter geografis yang kecil (hingga seratus meter beberapa). (access point) / alatnya.

Masalah-masalah terhadap WI-FI

  • Roaming – pengguna tidak dapat menjelajah dari hotspot ke hotspot jika hotspot menggunakan berbeda Wi-Fi layanan jaringan.
  • Keamanan – karena Wi-Fi menggunakan gelombang radio, sulit untuk melindungi.
  • Biaya – komersial Wi-Fi layanan biaya rendah tetapi tidak gratis dan layanan masing-masing memiliki biaya sendiri dan rekening terpisah bagi pengguna untuk logon

WiMax

Worldwide Interoperability for Microwave Access, dikenal sebagai WiMax, adalah nama untuk standar IEEE 802.16.

  • Akses nirkabel jarak hingga 31 mil;
  • Kecepatan transfer data 75 Mbps;
  • Aman sistem yang menawarkan suara dan video
sekarang kita lihat istilah tentang mobile computing.
Mobile Computing and Mobile Commerce
apa itu Mobile Computing? komputasi secara mobile yang memiliki dua karakteristik, yang pertama mobility nya ya bisa di bawa kemana-mana itu, kemudian broad reach, jangkauan nya luas, pengguna dapat menjangkau jaringannya dimana saja. didalam mobile computing ada Mobile Commerce , yaitu e commerce yang dilakukan dalam jangkauan mobile.  E-commerce yang ada di PC beda dengan yang ada di handphone.
Aplikasi-aplikasi yang lain:
-Financial Services
-Mobile Banking
-Wireless Electronic Payment Systems
-Micropayments
-Mobile (Wireless) Wallets
-Wireless Bill Payments
Pervasive Computing (Ubiquitous computing)
Komputasi yang bisa dilaukan dimana saja dipakai untuk smart client komputernya di tempel di alat-alat. contohnya kan sekarang ada AC yang di tempel alat yang bisa menyesuaikan suhu ruangan dengan banyaknya orang yang ada didalam ruangan tersebut.
RFID Technology
 seperti chip yang nanti ditempel di sebuah barang, namun masih menimbulkan kontroversi, karna masalah privasi dan juga penggunaannnya sangat mahal, contoh nya penggunaan RFID ini ada disebuah supermarket besar di amerika yang setiap barang yang dijual di dalamnya itu di tempel chip RFID ini, jadi barangnya tinggal di masukan di sebuah alat lalu nanti harganya akan terscan sendiri sehingga tidak dibutuhkan kasir ataiu harus mengantri panjang untuk membayar barang di supermarket.
Wireless Security
  • Rogue access point adalah titik akses tidak sah ke jaringan nirkabel.
  • War driving adalah tindakan mencari WLAN saat mengemudi di sekitar kota atau di tempat lain.
  • Eavesdropping mengacu pada upaya oleh pengguna yang tidak sah mencoba untuk mengakses data bepergian melalui jaringan nirkabel.
  • RF (Radio Frekuensi) jamming adalah ketika seseorang atau perangkat sengaja atau tidak sengaja mengganggu transmisi jaringan nirkabel Anda.

Untuk menghindari ancaman yang disebutkan sebelumnya menerapkan solusi berikut:

  • Mendeteksi jalur akses yang tidak sah dengan perangkat dari NetStumbler;
  • Blokir SSID Anda;
  • Mengenkripsi transmisi nirkabel dengan Wi-Fi Protected Access (WPA);
  • Tahu siapa yang menggunakan jaringan Anda dan apa yang mereka lakukan di atasnya;
  • Secara otomatis beralih ke saluran nirkabel yang berbeda ketika ada gangguan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php