CLS

Hardware

Posted: September 22nd 2012

Semua sudah tentu tau apa itu hardware kan? ya hardware ada perangkat keras pada komputer. Dalam sistem informasi hardware sangat diperlukan.

Dua komponen utama  hardware pada Personal Computer adalah Central Processing Unit (CPU) yang tugasnya melaksanakan instruksi yang memberitahu komputer apa yang harus dilakukan dan Memori yaitu tempat untuk menyimpan data dan intruksi.  Komponen-komponen yang ada dalam CPU berupa : Processor,Memory, Adapter cards (Sound card, Modem card, Video card, network card), Ports,Drive bays,Power supply.

Didalam CPU itu terdapat Motherboard, yaitu sirkuit papan utama di unit sistem berisi kartu adapter, chip prosesor, dan chip memori juga disebut board sistem. jadi perangkat-perangkat yang sudah disebutkan diatas itu letaknya diatas motherboard. Didalam CPU juga ada sebuah mikroprosesor yang komponennya terdiri dari : Control unit, ALU, Register dan Primary Strorage. Jadi, di control unit itu tempatnya mengakses instruksi program dan pengontrol aliran data, nah bahasanya control unit ini beda dengan bahasa manusia, jadi di komputer itu kan bahasanya cuma 0 dan 1, di dalam control unit inilah 0 dan 1 itu diubah menjadi huruf, karakter, kalimat dan sebagainya. Jika bahasanya sudah di translate kemudian data masuk ke dalam ALU (Arithmetic-Logic Unit) lalu data kan di kalkulasi dan di komputasi disitu. Selanjutnya register itu adalah tempat penyimpanan data yang sudah masuk tadi, jadi instruksi-instruksi tadi disimpan sementaranya di register sementara komponen yang lain melakukan proses selanjutnya. setelah itu data masuk ke primary strorage yang merupakan tempat penyimpanan sementara ketika semua instruksi sudah diolah, Aplikasi dan OS disimpan disini.

Memory pada komputer terbagi menjadi dua jenis yaitu ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Access Memory) bedanya adalah kalau RAM itu jadi data yang disimpan disitu hanya sementara, jika komputer dimatikan maka data-data tersebut akan hilang (volatile) sedangkan ROM itu non-volatile jadi data-data dan instruksi yang bersifat permanent tersimpan disini.

Saya akan menjelaskan sedikit bagaimana sebuah huruf atau karakter atau kalimat dikonversi ke bentuk biner dan kembali lagi menjadi sebuah huruf, kalimat atau karakter tersebut.  Jadi, misalnya saya menekan huruf “D” pada komputer, kemudian sinyal elektronik untuk huruf D dikirim ke unit sistem, lalu sinyal huruf D tadi dikonversikan ke kode biner ASCII (01000100) dan disimpan dalam memory untuk proses selanjutnya. Kemudian setelah Setelah pengolahan, kode biner untuk huruf D diubah menjadi gambar, dan ditampilkan pada perangkat output (monitor).

Sekian.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php