christian mega adinata

Electronic Commerce

Posted: November 25th 2012

Electronic  Commerce (EC) adalah proses dari jual beli, pertukaran produk, layanan dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet . E-Commerce digunakan mulai pada awal 1970 (Jauh sebelum internet dipergunakan secara bebas).  E-Commerce awalnya terbatas untuk perusahaan besar. Saat ini EC tidak hanya digunakan perusahaan besar tetapi juga ruang lingkup yang lebih luas seperti  iklan, perbankan , jual beli alat elektronik , jual beli saham , pencarian pekerjaan , lelang, dan lain lain.

Tipe  E-Commerce  :

  • Business-to-business EC (B2B)
  • Collaborative commerce (c-commerce)
  • Business-to-consumer EC (B2C)
  • Consumer-to-businesses (C2B)
  • Consumer-to-consumer (C2C)
  • Intrabusiness (intraorganizational) commerce
  • Government-to-citizens (G2C) and others
  • Mobile commerce (m-commerce)

E-business adalah perluasan dari definsi EC yang tidak hanya terdiri dari pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi juga meliput layanan konsumen, kolaborasi dengan rekan bisnis, melakukan transaksi elektronik dalam sebuah perusahaan

Transaksi E-Commerce. Dalam melakukan transaksi E-Commerce, ada beberapa mekanisme pembayaran elektronik, yaitu :

  • Electronic checks
  • Pembayaran Electronic dengan e-cash
  • Smart cards
  • Person-to-person payment systems
  • Electronic Funds Transfer (EFT)
  • Electronic wallets
  • Purchasing cards

Keamanan E-Commerce meliputi :

  • Enkripsi – proses membuat pesan tidak terbaca kecuali oleh pihak kunci dikripsi yang sesuai
  • Single-key encryption
  • Public/private key encryption
  • Public key infrastructure
  • Electronic Certificates
  • Secure Socket Layer (SSL)-protocol yg digunakan untuk mengenkrispi pesan
  • Secure Electronic Transaction Protocol (SET)- protocol untuk pemrosesan kartu kredit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php