christian mega adinata

The Internet, Intranets and Extranets

Posted: November 11th 2012

Internet (Interconnection Networking) adalah jaringan komputer terbesar di dunia (a network of networks). Dengan internet pertukaran informasi sangat mudah menggunakan standart dan protokol yg terbuka, tidak eklusif, dalam jaringan yg saling berhubungan. Internet menawarkan berbagai macam service, diantaranya E-Mail, Web, File Transfer, Chat, Message Board, dan Instant Messaging. Internet pada tahun 1969 memiliki four host nodes, kemudian pada tahun 1984 lebih dari 1.000 host nodes dan sekarang lebih dari 150 juta host nodes. Internet dapat diakses melalui LAN server, Serial Line Internet Protocol/Point Protocol (SLIP/PPP), atau melalui Online Service (AOL, MSN).

World  Wide Web (WWW) merupakan sebuah aplikasi yang menggunakan fungsi transportasi internet. Memiliki standar yang diterima secara universal untuk menyimpan, mengambil, memformat, dan menampilkan informasi melalui arsitektur client / server. Berbasis HTML (standar hypertext bahasa yang digunakan di Web). Menangani macam-macam bentuk media seperti teks, hypermedia, grafik, dan suara. The World Wide Web memungkinkan berbagai macam aplikasi untuk bisnis, termasuk intranet dan extranet

Intranets merupakan sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan  protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Bisa juga dikatakan kalau intranet adalah internet pribadi yang dimiliki suatu perusahaan atau organisasi.

Extranets merupakan jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php