christian mega adinata

Computer Software

Posted: September 30th 2012

SOFTWARE

Software atau perangkat lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan suatu perintah, seperti memberikan informasi tentang hardware, menentukan fungsi hardware, dan menjalankan sistem.. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, mempunyai fungsi untuk menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer dapat memahami keinginan user dan menjalankan perintah yang diberikan dan menghasilkan apa yang diinginkan user.

Software dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu :

  • System software

System software merupakan intruksi yang bertugas mengelola sumber daya hardware. System software dibagi lagi menjadi 2, yaitu system control programs dan systems support programs. System control programs mempunyai fungsi mengontrol penggunaan semua sumber daya sistem (hardware, software, data) dan sistem operasi. Systems support programs mempunyai fungsi mendukung semua sumber daya dan sistem dari operasi.

  • Application Software

Appplication software merupakan program melakukan kegiatan pengolahan informasi yang spesifik dari pengguna. Application software mempunyai 2 macam jenis, yaitu proprietary application software dan off-the-shelf application software. Proprietary application software adalah program aplikasi yang mengarah pada kebutuhan bisnis yang spesifik atau unik bagi perusahaan. Off-the-shelf application software adalah program aplikasi asli/original, yang tidak mengalami pembajakan, bisa dikatakan program standar.

PROGRAMMING LANGUAGES

Programming languages atau bahasa pemrograman adalah bahasa yang memungkinkan manusia atau user untuk memberitahu komputer apa yang harus dilakukan. Bahasa pemrograman  selalu berkembang dari generasi ke generasi untuk manusia agar komputer melakukan perintah yang diinginkan manusia. Bahasa komputer dari generasinya bisa bedakan menjadi 5, dari generasi pertama sampai kelima, yaitu machine language, assembly language, procedural languages, nonprocedural language, natural language, dan generasi terakhir saat ini programming languages.

Software tidak dapat dikembangkan dengan cepat, sementara bisnis terus berkembang dengan cepat. Dengan ketertinggalan software suatu perusahaan akan membatasi kemampuan Information System.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php