PTI Candra

Electronic Commerce

Posted: November 26th 2012

bagaimana sich sejarah dan ruang lingkup dari elektronik commerce?

Sejarah :
  • Di mulai pada awal1970 (Jauh sebelum internet dipergunakan secara bebas)
  • Awalnya terbatas untuk perusaahn besar
  • Electronic Fund Transfer (EFT) dan Electronic Data Interchange (EDI)
Ruang lingkup EC saat ini :
  • Iklan
  • perbankan
  • Jual beli alat elektronik
  • Jual beli saham
  • Pencarian pekerjaan
  • lelang
  • Kolaborasi dengan mitra bisnis di seluruh dunia
  • Menyediakan layanan konsumen
sebenarnya apa sich itu elektronik commerce? Electronic Commerce (EC) adalah proses dari jual beli, pertukaran produk, layanan dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet.
konsep dare EC ada macam-macam diantaranya :
1. Traditional commerce : semua dimensi terkait fisik
Brick-and-mortar organizations (organisasi yg secara fisik ada)
  • Old-economy organizations (corporations)
  • Bisnis dijalankan secara offline
  • Menjual produk melalui physical agents
2. Pure EC: semua dimensi adalah digital
  • Perusahaan Online (virtual)
  • New-economy organization
  • Menjual barang dan jasa secara On line
3. Partial EC: perpaduan antara dimensi digital dan fisik
  • Click-and-mortar organizations
  • Melakukan kegiatan EC
  • Melakukan bisnis utama di dunia nyata
kalau E-business adalah perluasan dari definsi EC yang tidak hanya terdiri dari pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi juga meliput:
–Layanan konsumen
–Kolaborasi dengan rekan bisnis
–Melakukan transaksi elektronik dalam sebuah perusahaan
tipe-tipe dari ecommerce adalah :
  1. Business-to-business EC (B2B)
  2. Collaborative commerce (c-commerce)
  3. Business-to-consumer EC (B2C)
  4. Consumer-to-businesses (C2B)
  5. Consumer-to-consumer (C2C)
  6. Intrabusiness (intraorganizational) commerce
  7. Government-to-citizens (G2C) and others
  8. Mobile commerce (m-commerce)

bagaimana kerangka kerja EC?  Aplikasi EC didukung oleh infrastruktur dan 5 support areas

1.People
2. Public policy
3. Technical standards and protocols
4. Business partners
5. Support services
Mekanisme Pembayaran Electronic
1.Electronic checks
  • Konsumen membuka rekening di bank
  • Konsumen meng email encrypted electronic check yang ditanda tangani dengan tanda tangan digital•Pedagang mendepositkan cek tersebut ke rekeningnya; uang di debit dari rekening pembeli dan di kreditkan di rekening penjual
2. Electronic credit cards
  • Unencrypted payments – Pembeli meng email kan nomer CC ke penjual di internet
  • Encrypted payments – detil credit card di enkripsi untuk keamanan
3. Electronic cash in PC
  • bank menyediakan aplikasi khusus kepada konsumen
  • Konsumen membeli “uang elektronik” dari bank melalui aplikasi
  • Bank mengirim  catatan uang elektronik ke konsumen, disertai tanda tangan digital
  • Uang  disimpan pada PC pembeli dan bisa digunakan pada setiap electronic store yg menerima e-cash
  • Aplikasi juga digunakan untuk mentransfer e-cash dari komputer pembeli kekomputer penjual seller’s
  • Penjualan bisa menabung e-cash di bank atau  menggunakannya untuk melakukan trnasaksi lainnya
4. Pembayaran Electronic dengan e-cash
  • Credit cards menggunakan magnetic strips
  • Kartu menyimpan informasi mengenai prepaid cash yg bisa digunakan untuk melakukan pembayaran
5. Smart cards
  • Kartu dengan microprocessors, bisa menyimpan lebih banyak informasi
6. Person-to-person payment systems
  • Transfer dana antara individu (PayPal)

7. Electronic Funds Transfer (EFT)

  • Transfer uang secara Electronic dari dan kepada  financial institution menggunakan jaringan telekomunikasi
8. Electronic wallets
9. Purchasing cards

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php