PTI Candra

Komputer Hardware

Posted: October 2nd 2012

Kalian tentunya pasti tau hardware it apa? iya hardware it perangkat keras yang terdapat pada pc. Hardware terbagi menjadi 4 komponen,yaitu : CPU,Memory (primary dan secondary storage) ,Input Device ,dan Output devive.

CPU :

Didalam CPU terdapat 2 komponen utama,apa saja itu? komponen utama itu adalah CPU atau yang biasa kita sebut processor dan juga Memory. CPU atau yang bisa disebut dengan Processor ini memiliki fungsi untuk menjalankan instruksi yang memberitahukan bagaimana komputer itu bertindak / melakukan sesuatu lalu mengeluarkan hasilnya melalui output seperti monitor,sound,printer dll. Sedangkan memory merupakan tempat penyimapan data yang terbagi menjadi 2 yaitu primary storage dan secondary storage.

Beberapa komponen yang umum terdapat pada komputer adalah:

  • Processor
  • Memory
  • Adapter Cards
    • Sound Card
    • Modem Card
    • Video Card
    • Network Card
  • Ports
  • Drive Bays
  • Power Supply

Pada CPU juga pasti terdapat Motherboard yang harus ada pada komputer unyuk menjalankan sistem-sistem yang ada. Sebenarnya apa itu motherboard? Tahukah kjalian? pasti beberapa kalian sudah tau. Mother board adalah papan sirkuit utama didalam unit sistem. mother board sendiri terdiri dari adapter cards, processor chips, dan memory chips.

Central Processing Unit atau processor meruapakan sebuah microprocessor  yang mengeksekusi instruksi untuk menjalankan tugas pengolahan. CPU ini memiliki beberapa komponen yaitu :

  1. Control Unit memiliki fungsi untuk mengakses instruksi program yang kemudian mentafsirkan (decode) instruksi tersebut lalu mengontrol aliran data sistem dan jalur data yang biasa disebut buses.
  2. Arithmetic-Logic Unit (ALU) memiliki fungsi untuk melakukan proses komputasi pada data dan melakukan proses komparasi data.
  3. register merupakan sebuah area penyimpanan berkecepatan tinggi yang berguna untuk menyimapan data instruksi. pada saat menjalankan atau mengaktifkan suatu program. Tetapi area ini tergantung pada banyaknya memory yang dimiliki oleh RAM.
  4. Memory atau yang lebih dikenal sebagai main memory merupakan komponen elektronik yg menyimpan instruksi, data, dan hasil. Biasanya terdiri dari satu atau lebih chips di motherboard atau circuit board lainnya. Memory ini terdiri dari 2 bagian yaitu primary dan secondary storage.
Primary Storage adalah penyimpanan sementara yangg menyimpan tiga hal :
–Informasi Anda bekerja dengan
-Perangkat lunak aplikasi yang Anda gunakan
-Perangkat lunak sistem operasi
Secondary memory adalah nonvolatile memory yang bisa di hapus secara elektronik dan dapat di program ulang biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang besar untuk harga lebih murah dari Primary Storage tetapi lebih lambat Primary Storage dan secondary storage sebagai Magnetic dan optical storage media
Input device 
input device merupakan alat yang kita gunakan untuk memasukan data atau instruksi yang kita inginkan sesuai keperluan. Beberapa contoh input device adalah : keyboard,webcam,mic.
Output Device
output device merupakan alat yang kita gunakan untuk menampilkan suatu hasil dari instruksi atau data yang kita masukan. contohnya : monitor,speaker,printer dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php