PTI Candra

IT in Modern Organization

Posted: September 18th 2012

Pada pertemuan terakhir kami di jelaskan tentang IT in Modern Organization. Pada pertemuan ini kami diajarkan tentang konsep arsitektur dan infrastruktur.

Pasti ada yang bertanya apa itu arsitektur dan infrastuktur. oke saya akan menjawabnya dari segi konsep dasar arsitektur merupakan suatu perencanaan yang terkonsep secara detail tentang informasi persyaratan organisasi dan cara memenuhi persyaratan itu. Sedangkan infrastruktur lebih kepada fasilitas fisik,pelayanan dan manajemen yang mendukung. Dari segi definisi infrastruktur mendefinisikan integrasi, operasi, dokumentasi, pemeliharaan, dan pengelolaan sumber daya komputasi dan juga mendefinisikan  bagaimana sumber daya komputasi spesifik diatur, dioperasikan, dan dikelola. kalau arsitektur menggabungkan kebutuhan informasi, yang ada dan infrastruktur informasi yang direncanakan dan aplikasi perangkat lunak dan membantu memastikan bahwa organisasi TI memenuhi kebutuhan strategis organisasi bisnis.

Dalam organisasi modern yang kita kenal sekarang ini berkaitan erat dengan sistem informasi. Apa itu sistem informasi? Sistem informasi adalah suatu sistem untuk mengumpulkan,mengolah,menyimpan menganalisis data dan menyebarkannya. Information system (IS) memiliki beberapa jenis yaitu :

1. Sistem transaki

2. Manajemen informasi

3. Pendukung sistem

4. Kemampuan sistem

5. Pengetahuan manajemen sistem

6. Data warehoue

7. Mobile computing

Dari jenis-jenis IS ini memiliki kegunaan yn\ang berbeda-beda dalam berbagai bidang juga. contohnya sistem transaksi yang berguna untuk mendukung kegiatan bisnis secara teratur lalu manajemen informasi untuk mendukung secara rutin pengambilan keputusan dan masih banyak kegunaan lain.

sebenarnya bagaimana sich sumberdaya informasi organisai dikelola di dalam organisasi?

Sumber daya informasi mencakup banyak hal, termasuk
– Hardware (komputer, server, perangkat lain)
– Software (development tools, bahasa, aplikasi)
-database
– Jaringan (area lokal, wide area, internet, intranet)
– prosedur
– fisik bangunan

Tanggung jawab atas sumber daya informasi bersama oleh Departemen IS dan pengguna akhir.

Organisasi harus menentukan siapa yang bertanggung jawab untuk perencanaan, pembelian, pengembangan, dan memelihara sumber informasi.

Karena sumber daya yang mahal maka di butuhkan manajemen yang tepat.

Itulah hal yang saya dapat kemarin.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php