carolinenovela

ACTION PLAN : KONSERVASI ORANGUTAN

Posted: November 29th 2018
Image result for orangutan sumatera

Orangutan Sumatera (Sumber: google.com)

Orangutan merupakan satu-satunya kera besar yang hidup di Asia, sementara tiga kerabatnya, yaitu; gorila, simpanse dan bonobo hidup di Afrika. Kurang dari 20.000 tahun yang lalu orangutan dapat dijumpai di seluruh Asia Tenggara, dari Pulau Jawa di ujung selatan sampai ujung utara Pegunungan Himalaya dan Cina bagian selatan. Akan tetapi, saat ini jenis kera besar itu hanya ditemukan di Sumatera dan Borneo (Kalimantan), 90% berada di Indonesia. Orangutan Sumatera telah masuk dalam klasifikasi Critically Endangered dalam daftar IUCN. Populasinya menurun drastis di mana pada tahun pada tahun 2008 diperkirakan jumlah Orangutan Sumatera di alam liar hanya tinggal sekitar 6.500 ekor.

Action plan merupakan rencana aksi yang akan dilakukan ke depannya dalam rangka untuk mengambil bagian dalam menyelamatkan satwa yang terancam punah seperti orangutan. Action plan yang Saya susun terdiri dari APA yang menjadi objek Saya untuk konservasi, KAPAN yaitu terkait dengan waktu untuk memulai melakukan kegiatan tersebut, BAGAIMANA, terkait dengan cara Saya melakukan bagian dari konservasi serta MENGAPA, terkait dengan alasan Saya untuk melakukan hal tersebut.

Hal pertama yaitu apa yang menjadi objek Saya? tentunya sesuai dengan gambar yang ada diatas, yaitu orangutan kemudian kapan saya akan melakukan bagian konservasi tersebut? mengenai waktu Saya berencana untuk memulai terlibat dalam bagian konservasi orangutan ini setelah Saya lulus kuliah dengan gelar S.Si, selain itu jika Saya memiliki kesempatan lain yang berpeluang lebih cepat bagi Saya untuk terlibat dalam bagian konservasi ini. Setelah itu, bagaimana Saya akan melakukan atau manjalankan action plan ini? hal ini dapat Saya lakukan dengan mulai terlibat aktif dalam seminar-semianar mengenai konservasi orangutan kemudian bergabung sebagai volunteer dalam komunitas konservasi orangutan sehingga nantinya Saya dapat mulai melakukan sosialisasi dengan masyarakat lokal dan bekerjasama dengan pemerintah setempat untuk melalukan relokasi, rescue dan reintroduksi orangutan serta dapat menerapkan ilmu Bioteknologi dalam bidang pertanian dan perkebunan untuk meminimalkan pemanfaatan lahan. Terakhir adalah mengenai alasan mengapa hal tersebut perlu dilakukan? hal ini dikarenakan adanya penyempitan daerah sebaran orangutan karena manusia dan juga orangutan menyukai daerah atau tempat hidup yang sama, yaitu sama-sama suka tinggal di daerah yang dekat dengan aliran sungai dan hutan rawa gambut dimana manusia memanfaatkan lahan tersebut untuk kegiatan sosial-ekonomi-budaya sehingga berakibat fatal bagi keberadaan orangutan atau singkatnya adanya alih fungsi atau tata guna lahan menjadi kawasan industri, selain itu adanya perdagangan yang illegal orangutan atau perburuan liar.

Hope y'all would get a little inspire to save orangutan, cause we're also responsible for them.

25 responses to “ACTION PLAN : KONSERVASI ORANGUTAN”

  1. Stefanus Setia Putra says:

    Artikel yang menarik bagi saya dan menyadarkan saya lebih lanjut akan pentingnya konservasi orangutan di indonesia terkusus orang utan Sumatera.

  2. sisilia says:

    Berita yang anda sampaikan sangat menarik dan memberi pengetahuan ke orang banyak mengenai arti konservasi.. Namun, lebih bagus lagi jika berita ini mencantumkan berita-berita terbaru yang akan mendorong banyak orang untuk melakukan konservasi dan menarik mereka untuk melakukan hal yg sama seperti anda.

    • carolinovela says:

      terimakasih, akan saya cari beberapa issue lainnya mengenai konservasi ini, semoga kamu juga berniat untuk terlibat aktif 🙂

  3. yosefaputrisaraswati says:

    wow, mantab, bagus sekali kakak rencana aksinya, sangat terukur. semoga sukses untuk aksi konservasi orangutan Sumatera

  4. tere says:

    Semoga sukses action plannya!!

  5. Gitta says:

    Action plan yang sangat bagus, semoga segera terlaksana, sehingga tidak ada lagi perburuan liar untuk hewan2 yg hidup di dalam hutan. Sukses selalu. Semoga gelarnya nanti berguna untuk perkembangan konservasi hutan di sekitar nya.

  6. Agustin says:

    Good job
    Smoga sukses ?
    Gbu

  7. Elissagracia says:

    Action plan yg sangat bagus semoga terwujud,goodluxk

  8. Hardy says:

    Akan lebih baik jika dimulai dari sekarang, semoga action plan yang mau di buat ini bukan hanya menjadi dukungan domestik saja, tetapi dukungan secara global.

  9. Grace Ruvina says:

    Artikel yang menarik mengenai action plan dan banyak informasi berharga yang dapat diambil. Semoga action plan tersebut dapat diwujudkan. Keep conservating!! ^^

  10. Frederick Pormes says:

    artikel yang menarik,dengan ini saya bisa menambah pengetahuan mengenai orang utan. semoga lancar untuk konservasi orang utan ini ?
    fightingg!!

  11. Bonivasia Dhea says:

    Good job caroline!! Jadi nambah pengetahuan tentang orang utan. Mangats!

  12. Antonius Fajar says:

    Nice.. Semoga dapat meningkatkan kesadaran generasi-generasi muda untuk ikut akrtif terlibat dalam upaya konservasi spesies2 terancam punah, khususnya orangutan, dan semoga segera terealisasikan..

  13. Yesaya says:

    You come up with interesting topic. Wish you luck for your conservation.

  14. agathachandra says:

    wahh bagus sekali artikel ini sangat edukatif dan informatif

  15. susiyanti says:

    action plan anda dengan mulai terlibat aktif dalam seminar-semianar mengenai konservasi orangutan sangatlah bagus. tulisan anda yang mengajak untuk melindungan orang utan memang sangat perlu mengingat banyaknya orang yang tidak peduli dengan orang utan.

  16. santihaloho says:

    action plan yang bagus, semangat ibu olinnn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php