Cara Memasang Sendiri Listrik di Rumah dengan Aman

Listrik merupakan sumber energi penting bagi manusia. Jadi, penting bagi Anda untuk memiliki pengetahuan tentang instalasi listrik di rumah. Mulai dari bahan, cara pemasangan dan biaya pemasangan instalasi listrik

Namun, masih banyak warga yang menyepelekan cara memasang listrik yang benar, hal ini bisa menyebabkan korsleting yang berbahaya bagi penghuni rumah.

Berikut cara memasang listrik rumah yang aman, baik dan benar:

Mengetahui luas rumah dan jumlah ruangan

Panduan awal dalam pemasangan instalasi listrik rumah adalah dengan mengatur penempatan box MCB (Miniature Circuit Breaker), lampu, sakelar dan soket pada denah hunian.

Tidak hanya memastikan tersedianya gerai yang cukup untuk kebutuhan rumah tangga, posisi penempatannya juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan penghuninya, seperti saklar lampu yang diletakkan di samping pintu kamar.

Menggunakan Kabel SNI pada Pemasangan Listrik Rumah

Dalam melakukan pemasangan listrik rumah wajib menggunakan kabel dengan standar SNI karena terjamin keamanannya dan tidak mudah terkikis dan terkelupas. Sedangkan penggunaan kabel listrik berbeda-beda, misalnya kabel nya dengan diameter 2,5 mm yang cukup kuat untuk disuplai listrik hingga 5.000 watt pada hunian dengan luas kurang dari 70 meter persegi.

Untuk penyaluran listrik ke perangkat rumah tangga seperti lampu dapat menggunakan kabel dengan diameter 1,5 mm yang aman diaplikasikan pada stopkontak dan lampu dibawah 100 watt. Jangan lupa, balut kabel power dengan pipa conduit flexible agar lebih mudah untuk diganti dan memastikan arus listrik tetap stabil meski kabel terjepit atau tergigit mouse.

Distribusi Rute Kabel selama Instalasi Listrik Rumah

Idealnya saluran kabel anda distribusikan sesuai dengan kebutuhan instalasi kelistrikan rumah anda, misalnya untuk pompa air, AC, lampu, stop kontak dan MCB cadangan. Jika belum tahu, MCB (Miniature Circuit Breaker) adalah salah satu peralatan listrik untuk memutus aliran listrik pada suatu kelompok saluran listrik ketika terjadi pemakaian yang berlebihan atau korsleting.

Gunakan Jalur Soliter pada Perangkat Daya Tinggi

Untuk elektronika rumah tangga berdaya tinggi seperti pemanas air, pompa air dan AC sebaiknya menggunakan saluran terpisah agar aman dan tidak mengganggu penggunaan listrik lainnya, seperti terlihat pada lampu kilat yang tidak stabil.

Lakukan Pengardean selama Pemasangan Listrik Rumah

Mekanisme pentanahan juga perlu dilakukan pada saat pemasangan listrik rumah agar lebih aman dan terhindar dari sengatan listrik saat listrik tiba-tiba bertambah, seperti saat terjadi sambaran petir atau maintenance dari PLN. Dengan mengalirkan listrik dari blok MCB ke dalam tanah, listrik tidak akan meledak di salah satu saluran listrik rumah.

Untuk melakukan pembumian pada instalasi listrik rumah, Anda dapat menggunakan alat yang disebut pemutus sirkuit kebocoran bumi (ELCB) dan kabel khusus berukuran minimal 4 mm.

Gunakan Steker Berkualitas saat Memasang Listrik Rumah

Penggunaan steker yang berkualitas baik sangat penting dilakukan pada saat melakukan instalasi listrik rumah. Minimal gunakan steker yang stabil dan tidak lepas terutama bila terjadi penumpukan di satu titik karena bisa menyebabkan arus meloncat dan membuat perangkat lebih cepat rusak jika aliran tidak tersambung dengan baik.

Periksa Kualitas Instalasi Listrik Rumah Secara Berkala

Setelah instalasi listrik rumah dilakukan beberapa tahun yang lalu, luangkan waktu untuk mengecek arus instalasi listrik rumah tersebut. Jika Anda menemukan kabel yang sudah mulai terkelupas, bengkok atau sarungnya sudah mulai mengeras, disarankan agar Anda mengganti kabel dengan yang baru.

Ketujuh pedoman di atas dapat Anda lakukan agar instalasi listrik rumah dapat dilakukan dengan lebih aman dan terhindar dari kesalahan instalasi listrik rumah yang dapat mengakibatkan korsleting. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kontraktor listrik bersertifikat untuk mengawasi dan memastikan bahwa instalasi listrik rumah dilakukan dengan baik.

Tips Menjaga Gula darah Tetap Normal

Banyak pasien diabetes merasa sulit menjaga gula darah tetap normal. Meski menjadi kewajiban, tak jarang soal gula darah membuat penderita diabetes merasa putus asa dan frustasi, karena harus terus berjuang untuk menjaga kadar gula darah normal menurut usia.

Akibatnya, ada banyak barisan pantangan yang harus dihindari oleh “pejuang gula darah”. Padahal, menjaga gula darah agar tetap normal tidak selalu sama dengan menjauhi pantangan. Ada sejumlah tips yang dapat Anda gunakan untuk menjaga gula darah tetap normal tanpa membuat Anda stres.

Sangat mudah untuk menjaga kadar gula darah normal pada pasien diabetes

Pola makan sehat adalah salah satu langkah awal yang bisa di coba

Sebagai penderita diabetes, Anda mungkin tahu betul bahwa memilih makanan sehat telah menjadi bagian dari perawatan diabetes Anda. Pada awalnya mungkin akan sulit karena Anda harus mengubah kebiasaan makan Anda. Lakukan secara bertahap, ubah kebiasaan makan yang paling mudah bagi Anda.

Jika berhasil, lanjutkan ke tingkat kebiasaan makan Anda yang paling sulit. Jika Anda merasa kesulitan mencari bantuan ahli gizi di klinik atau rumah sakit terdekat, Anda bisa mencari informasi di internet untuk memastikannya.

Seorang ahli gizi akan membantu Anda mengembangkan pola makan yang sehat sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Diet sehat ini akan membantu Anda menjaga gula darah tetap normal.

Jangan Lupakan Sarapan

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga gula darah tetap normal adalah dengan cara mengkonsumsi jumlah karbohidrat yang sama setiap hari dan dalam waktu yang sama. Dengan mengkonsumsi karbohidrat secara konsisten maka penderita diabetes akan lebih mudah utuk mengontrol gula darah mereka.

Jika Anda mengubah waktu dan jumlah makan secara drastis, akan lebih sulit bagi Anda untuk mengontrol kadar gula darah. Dengan berpegang pada jadwal sarapan, makan siang, dan makan malam, jika sewaktu-waktu gula darah Anda naik, akan lebih mudah untuk melihat apa yang memengaruhi gula darah Anda. Misalkan waktu makan adalah obat yang dapat menjaga gula darah tetap normal.

Perhatikan asupan karbohidrat Anda

Karbohidrat merupakan nutrisi utama dalam makanan yang dapat meningkatkan glukosa darah (atau gula darah) setelah makan. Karbohidrat yang Anda makan tidak akan menaikkan gula darah Anda terlalu tinggi dan / atau terlalu cepat jika Anda memiliki cukup insulin yang tersedia dan siap saat Anda membutuhkannya – baik itu insulin yang dibuat pankreas atau insulin yang Anda dapatkan melalui suntikan.

Fakta bahwa karbohidrat dalam makanan dapat meningkatkan gula darah tidak berarti Anda menderita diabetes karena Anda harus menghindari makanan yang mengandung karbohidrat sama sekali.

Makanan ini termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan makanan olahan susu rendah lemak. Anda harus memenuhi kebutuhan setengah kalori anda yang berasal dari karbohidrat. Temukan karbohidrat yang sehat untuk tubuh anda.

Hindari karbohidrat seperti roti putih, pasta putih, dan nasi putih, minuman manis, dan makanan dengan tambahan gula, seperti permen dan makanan penutup.

Pelajari cara menghitung gram karbohidrat dalam makanan yang Anda makan, kemudian berikan jumlah gram karbohidrat yang Anda butuhkan atau ingin Anda konsumsi dalam makanan dan kudapan Anda.

Salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk menghitung gula darah anda adalah dengan menjaga asupan karbohidrat anda agar gula darah anda lebih seimbang. Untuk mempermudah ‘penghitungan’, Anda bisa menggunakan Pedoman Gizi Seimbang Kementerian Kesehatan.

Inilah Manfaat Pil KB Elzsa Untuk Kesehatan Bunda

Pil KB Elzsa adalah cara yang aman, sederhana, dan nyaman untuk mencegah kehamilan. Ini juga memiliki manfaat lain seperti mengurangi jerawat, membuat menstruasi Anda lebih ringan dan lebih teratur, dan meredakan kram menstruasi.

Pil adalah cara efektif untuk mencegah kehamilan [sumber : moth3rs.com]

Jika Anda mengikuti petunjuk dan menggunakan Pil KB Elzsa dengan benar, ini memberi Anda perlindungan yang baik dari kehamilan.

Yang harus Anda lakukan adalah tetap berpegang pada jadwal pil harian Anda, dan pastikan Anda memulai paket baru tepat waktu – hanya itu. Tetapi jika Anda melewatkan atau lupa pil, itu tidak akan berhasil juga. Anda dapat menggunakan aplikasi pengingat keluarga berencana untuk membuat Anda tetap pada jalurnya.

Anda dapat menggunakan kondom bersama dengan Pil KB Elzsa untuk mendapatkan perlindungan ekstra dari kehamilan. Bonus: kondom juga membantu melindungi dari PMS.

Pil memiliki manfaat kesehatan.

Efek samping tidak selalu buruk, dan Pil KB Elzsa tidak hanya untuk KB. Pil ini memiliki banyak manfaat selain pencegahan kehamilan.

Pil kombinasi dan pil progestin mengurangi kram menstruasi, meringankan menstruasi, dan menurunkan risiko kehamilan ektopik.

Pil kombinasi juga dapat membantu mencegah atau mengurangi:

• jerawat

• penipisan tulang

• kista di payudara dan ovarium Anda

• kanker endometrium dan ovarium

• infeksi serius di ovarium, saluran tuba, dan rahim

• kekurangan zat besi (anemia)

• PMS (sindrom pramenstruasi)

Anda dapat melacak setiap potensi efek samping dengan aplikasi pengendalian kelahiran kami.

Pil dapat membuat menstruasi Anda lebih baik.

Banyak orang menyukai pil karena pil membuat menstruasi mereka teratur dan mudah diprediksi. Hormon dalam pil juga dapat mengurangi kram menstruasi dan membuat menstruasi Anda lebih ringan.

Anda juga dapat menggunakan pil untuk melewati menstruasi dengan aman, yang benar-benar nyaman bagi orang yang menginginkan acara spesial bebas menstruasi, atau hanya tidak ingin dikunjungi oleh Bibi Flo setiap bulan.

Anda bisa langsung hamil saat berhenti minum pil.

Banyak orang yang sedang dalam masa pil ingin punya anak pada waktu yang tepat. Salah satu hal hebat tentang Pil KB Elzsa adalah Anda bisa hamil segera setelah Anda berhenti meminumnya.

Setelah Anda berhenti minum pil, diperlukan beberapa bulan untuk menstruasi Anda kembali ke siklus yang Anda miliki sebelum Anda mulai menggunakannya. Sesekali, orang mengalami menstruasi tidak teratur atau tidak ada menstruasi sama sekali selama beberapa bulan. Ini lebih mungkin terjadi jika menstruasi Anda tidak teratur sebelum Anda mulai minum pil.

Meskipun menstruasi rutin Anda tidak segera kembali, masih mungkin untuk hamil jika Anda tidak minum pil. Jadi, jika Anda akan berhenti minum pil tetapi tidak ingin hamil, segera mulai gunakan metode kontrasepsi lain.

Meminum Pil KB Elzsa itu mudah, tetapi mengingat untuk meminumnya setiap hari bisa jadi sulit. Untungnya, kemasan pil kecil – seukuran ponsel – sehingga Anda dapat membawa pil ke mana pun Anda pergi. Anda dapat menggunakan aplikasi KB kami untuk mengingatkan Anda agar minum pil setiap hari.

Pil adalah alat kontrasepsi yang tidak perlu Anda pikirkan saat berhubungan intim. Jika Anda meminum pil dengan benar, Anda terlindungi dari kehamilan sepanjang hari, setiap hari. Banyak orang mengatakan pil membuat kehidupan intim mereka lebih baik karena mereka tidak perlu menghentikan intim atau khawatir tentang kehamilan.