Menyesuaikan dengan Kehidupan dengan Ostomy Bag

Apakah Anda baru-baru ini atau akan menjalani operasi ostomi? Menyesuaikan diri dengan kehidupan dengan tas ostomy bisa menjadi tantangan tersendiri. Hal ini terutama berlaku selama masa penyembuhan setelah operasi ostomi. Namun, karena setiap orang dengan ostomy itu unik, pengalaman setiap individu dengan ostomy yang baru juga mungkin berbeda.

Kunci untuk mendapatkan pengalaman optimal dalam menyesuaikan diri dengan kantong ileostomi, urostomi, atau kolostomi baru Anda adalah memiliki sumber daya, produk ostomy, dan dukungan yang tepat. Jadi mari kita mulai dengan sepuluh tip teratas untuk transisi menuju kehidupan dengan tas ostomy.

10 Tip untuk Menyesuaikan Hidup dengan Ostomy Bag

Selama beberapa minggu dan bulan pertama setelah operasi ostomi, tubuh Anda membutuhkan waktu untuk pulih dan pulih. Selain itu, Anda mungkin mengalami penyesuaian emosional, fisik, dan sehari-hari saat beralih ke kehidupan dengan tas ostomy.

Penyesuaian Emosional Setelah Operasi Ostomi

Setelah operasi ostomi, Anda mungkin mengalami berbagai perasaan tentang tas ostomi baru Anda. Mari kita bahas beberapa tip terkait dengan perubahan ini.

1. Ketahuilah bahwa perubahan emosional itu normal.

Selama pemulihan operasi ostomi Anda, wajar jika Anda mengalami banyak perasaan. Bagaimanapun juga, Anda baru saja menjalani operasi yang telah mengubah hidup Anda. Sekarang, Anda bertanggung jawab atas stoma baru dan semua yang menyertainya, seperti penggantian kantong ostomi harian dan perawatan kulit peristomal.

Jika Anda merasa stres atau kewalahan selama ini, itu wajar dan normal. Sementara beberapa orang mungkin langsung merasa nyaman dengan ostomy mereka, yang lain mungkin mengalami kesedihan, kemarahan, harga diri yang rendah, atau kesedihan.

Berfokus pada aspek positif dari gaya ostomi baru Anda dapat membantu Anda mengatasi dan menyesuaikan diri. Namun, kami tahu tidak selalu mudah untuk berpikir optimis setelah perubahan besar dalam hidup. Jadi bersabarlah dengan diri sendiri dan ingatlah bahwa Anda tidak sendiri. 1 dari 500 orang Amerika juga hidup dengan ostomy . Dengan dukungan, persediaan ostomy yang tepat, dan waktu, kami tahu Anda akan melalui transisi yang menantang ini.

2. Ketahui kapan harus mencari bantuan.

Terkadang merasa sedih adalah hal yang wajar, terutama setelah operasi besar seperti ostomi. Namun, jika perasaan negatif tersebut bertahan lama, itu bisa menjadi tanda depresi. Perhatikan beberapa gejala berikut yang mungkin mengindikasikan depresi.

  • Apatis tentang aktivitas yang dulu Anda nikmati
  • Perasaan putus asa
  • Pikiran cemas atau ingin bunuh diri
  • Kelelahan
  • Sifat lekas marah
  • Perubahan tidur (tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit)
  • Kesedihan yang terus-menerus

Jika Anda atau orang yang Anda cintai mengalami salah satu gejala di atas, mungkin ini saatnya untuk mencari pertolongan. Bicaralah dengan dokter Anda atau praktisi perawatan kesehatan lain yang berkualifikasi tentang pilihan perawatan Anda. Tidak ada salahnya mendapatkan bantuan saat Anda sedang mengalami masa-masa sulit.

3. Temukan rasa dukungan dan komunitas.

Berbicara dengan orang lain yang tahu bagaimana rasanya hidup dengan ostomy bisa menjadi langkah awal yang bagus untuk mendapatkan kepercayaan diri dan merasa didukung. Anda bahkan mungkin mulai merasa seperti diri Anda sendiri lagi. Mendengar dari ostomate lain dan mencari tahu tip serta pengalaman pribadi mereka dapat menjadi sumber penghiburan dan bantuan yang hebat.

Anda dapat menemukan inspirasi dan dukungan dari sesama ostomate dengan bergabung dengan komunitas online saya + ConvaTec atau dengan menemukan grup dukungan virtual atau ostomy secara langsung .

Selain itu, terapi bicara mungkin merupakan pilihan yang bagus jika Anda lebih suka melakukan percakapan pribadi berdua. Mengunjungi konselor, psikiater, atau terapis bersertifikat dapat membantu Anda menemukan cara yang sehat untuk mengatasi dan berkembang dengan ostomi baru Anda.

Penyesuaian Fisik dan Membiasakan dengan Tas Ostomy Baru

Selain penyesuaian emosi, Anda pasti akan menghadapi beberapa perubahan fisik yang akan Anda terbiasa dengan waktu.

4. Ketahuilah bahwa stoma Anda akan berubah seiring waktu saat sembuh.

Setelah operasi ostomi, Anda akan mulai melihat beberapa perubahan pada stoma Anda, yaitu bukaan di perut yang dilewati limbah. Ini dapat berubah dalam ukuran dan bentuk selama beberapa minggu setelah Anda keluar dari rumah sakit.

Selama periode pasca operasi, stoma Anda kemungkinan besar akan membengkak. Namun, seiring waktu, biasanya antara 6 hingga 12 minggu, stoma Anda akan mulai menyusut. Bersiaplah untuk perubahan ini dengan mengetahui cara mengukur stoma Anda .

Saat perubahan ukuran ini terjadi, kami mendorong Anda untuk tetap berhubungan dengan tim Spesialis Ostomy kami di 180 Medical. Staf kami sangat terlatih tentang masalah ostomy umum dan solusi produk ostomy. Selain itu, kami dapat membantu Anda dengan menyesuaikan pesanan Anda untuk mengakomodasi perubahan ukuran pelindung kulit dan kebutuhan produk ostomy lainnya yang mungkin Anda miliki.

5. Pelajari cara menerapkan, mengganti, dan mengosongkan tas ostomy Anda.

Merawat tas ostomy baru bisa terasa asing pada awalnya. Namun, dengan latihan dan waktu, Anda akan menemukan bahwa mengaplikasikan dan mengganti kantong ostomy Anda mungkin menjadi kebiasaan Anda.

Setelah operasi Anda, dokter atau perawat ostomi Anda kemungkinan besar akan membahas langkah-langkah cara memasang dan mengganti tas ostomi Anda. Tentu saja, ketika Anda tiba di rumah dan sendirian, mungkin Anda merasa kewalahan mengetahui apa yang harus Anda lakukan sendiri.

180 Medical menyediakan banyak sumber daya bermanfaat untuk mempelajari cara mengubah, menerapkan, dan mengosongkan kantong ostomy Anda, termasuk video petunjuk ini .

Selain itu, jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang rutinitas penggunaan kantong, Spesialis Ostomy kami di 180 Medical dapat menghubungkan Anda dengan tim perawat ostomy bersertifikat yang dapat membantu Anda dengan pertanyaan atau masalah apa pun terkait ostomy Anda.

6. Lakukan perawatan kulit peristomal yang tepat untuk membantu meminimalkan iritasi kulit.

Iritasi kulit bisa menjadi masalah umum bagi orang yang menggunakan tas ostomy. Karena beberapa jenis iritasi kulit peristomal dapat mengganggu sifat perekat peralatan ostomi, penting untuk mencegah dan mengobati luka dan ruam di sekitar atau di bawah pelindung kulit ostomi Anda.

Lalu apa yang menyebabkan iritasi kulit peristomal? Ini bisa disebabkan oleh berbagai masalah, seperti:

  • Reaksi alergi
  • Penumpukan perekat
  • Segel yang tidak tepat menyebabkan kebocoran kantong ostomy
  • Kelembaban yang terperangkap
  • Peralatan ostomi yang tidak pas
  • Perubahan pelindung kulit yang terlalu sering

Ini hanyalah beberapa cara kulit peristom Anda bisa teriritasi. Jika Anda melihat tanda-tanda iritasi kulit seperti ruam, merah, atau kulit menangis, bicarakan dengan dokter Anda atau hubungi perawat ostomi.

Selain itu, tim Spesialis Ostomy kami dapat membantu Anda mencoba produk dan aksesori ostomy untuk menemukan solusi, seperti bubuk pelindung stoma atau tisu penghilang perekat .Pembersih Penghilang Perekat AllKare®ConvaTec Sensi-Care Sting Free Skin Barrier Wipes Bedak Ostomy Pelindung Stomahesif

Penyesuaian dan Pertimbangan Tambahan untuk Kehidupan dengan Ostomy

7. Minimalkan bau yang terkait dengan tas ostomy.

Khawatir dengan bau yang berasal dari kantong ostomy baru Anda? Ada berbagai pilihan untuk mengurangi bau di tas ostomy Anda. Salah satu pilihan populer adalah membeli tetes cairan penghilang bau atau jenis pewangi kantong lainnya. Selain itu, Anda mungkin menemukan bahwa memiliki kantong ostomy dengan filter arang dapat membantu mengurangi bau kantong ostomy, seperti Natura + Two-Piece Drainable Ostomy Pouches .

Kami juga menawarkan informasi dan tip yang lebih detail untuk mengurangi bau ostomy di sini .

8. Pelajari cara menyembunyikan tas ostomy Anda di bawah pakaian.

Jika Anda khawatir orang lain akan dapat melihat tas ostomy Anda, jangan. Kantong ostomy hari ini dirancang agar lebih tersembunyi dan menempel di tubuh Anda di bawah pakaian Anda.

Namun, kami memahami bahwa terkadang gas dapat menumpuk di dalam kantong ileostomi dan kolostomi. Meskipun ini wajar, salah satu rekomendasi umum adalah membeli tas ostomy dengan filter arang, yang membantu menyaring gas dan mengurangi kantung balon.

Selain itu, sering disarankan untuk mengosongkan tas ostomy Anda saat isinya mencapai sekitar sepertiga dari kantong. Ini mengurangi beban pada penghalang, yang juga dapat membantu mencegah potensi kebocoran kantong .

Terakhir, penting untuk menemukan sistem tas ostomy yang cocok untuk Anda dan gaya hidup Anda. Anda dapat memilih dari berbagai macam ukuran, panjang, warna (termasuk transparan), dan sistem kantong satu bagian atau dua bagian.

9. Rencanakan sebelumnya sebelum bepergian dengan tas ostomy

Sekarang setelah Anda memiliki ostomy untuk dirawat, kehidupan sehari-hari Anda mungkin sedikit berubah. Selain mempelajari cara mengaplikasikan, mengosongkan, dan mengubah sistem ostomy pouching Anda, Anda juga perlu merencanakan waktu Anda akan jauh dari rumah.

Misalnya, jika Anda berencana untuk pergi jauh dari rumah selama satu hari di tempat kerja, Anda harus membawa perlengkapan dan aksesori ostomy yang Anda gunakan sepanjang hari serta perlengkapan cadangan darurat.

Kami juga membagikan beberapa tip bermanfaat untuk bepergian dengan ostomy , termasuk menangani jalur keamanan bandara serta cara menghitung berapa banyak persediaan yang harus dibawa dalam perjalanan Anda.

10. Dapatkan persetujuan dari dokter Anda sebelum memulai aktivitas fisik lagi.

Terakhir, saat Anda mulai sembuh, Anda mungkin mulai merasa lebih baik juga. Anda bahkan mungkin merasa siap untuk kembali ke rutinitas olahraga biasa. Namun, penting untuk bersantai dan membiarkan tubuh Anda pulih sepenuhnya setelah operasi perut besar.

Pertama, tunggu untuk mendapatkan lampu hijau dari dokter Anda. Setelah Anda benar-benar sembuh dan dokter memberi Anda izin untuk mulai berolahraga lagi, mulailah dengan perlahan dan hati-hati.

Sementara beberapa orang takut bahwa memiliki ostomy berarti mereka tidak dapat aktif secara fisik lagi, itu biasanya tidak benar. Banyak orang dengan gaya sombong dapat berolahraga, termasuk angkat beban, yoga, bersepeda, lari, dan banyak lagi. Anda mungkin menemukan bahwa ostomy wrap atau sabuk ostomy dapat memberikan keamanan tambahan yang Anda butuhkan selama aktivitas fisik dengan ostomy .

Di mana Menemukan Ostomy Supplies Online

180 Medical, salah satu pemasok nasional terkemuka untuk perlengkapan ostomy berkualitas tinggi , memiliki hampir dua dekade pengalaman dalam menyediakan suplai medis untuk pengiriman ke rumah untuk membantu mengubah kehidupan.

Spesialis Ostomy kami yang sangat terlatih telah membantu ribuan pelanggan menyesuaikan diri dengan tas ostomy. Selain itu, kami menawarkan dukungan dan sumber daya ostomy untuk membantu membuat transisi ini berjalan selancar mungkin. Kami siap menjawab pertanyaan Anda dan membantu Anda menemukan produk ostomy yang tepat untuk kebutuhan unik Anda sehingga Anda dapat mulai merasa percaya diri, nyaman, dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *