Sekilas tentang Alfred Rusel Wallace

Gudang Informasi NCBI

Posted: September 12th 2013

Written by Anysia Imada Kristanti & Bonny Easter

NCBI (National Centre for Biotechnology Information) adalah suatu institusi yang menyediakan sumber informasi terkait perkembangan biologi molekuler. NCBI berupa server yang memuat database tentang informasi kesehatan dan bioteknologi. Database terus menerus di update sesuai dengan penemuan-penemuan terkini yang menyangkut DNA, Protein, senyawa aktif dan taksonomi. NCBI merupakan salah satu bank data gen, protein dan literatur khususnya di bidang kesehatan yang terlengkap dan diacu oleh para peneliti di dunia. National Center of Biotechnology Informatic adalah bagian dari Amerika Serikat National Library Medicine (NLM), sebuah cabang dari National Institute of Health. NCBI sendiri terletak di Bethesda, Maryland  dan didirikan pada tahun 1988 melalui legislasi yang disponsori oleh Senator Claude Pepper. NCBI ini mengoordinir banyak sekali informasi bioteknologi. Dari mulai kacang sampai manusia informasinya selalu ada! Nah, di halaman pertama website NCBI selalu ada tab ‘popular resource’. Itulah tab yang berisi link-link ke jurnal-jurnal tertentu. Dan yang terpenting, semuanya adalah sumber yang VALID! Kalau bingung, website NCBI selalu menyediakan site-map yang akan memperkecil lingkup bahasan yang diinginkan, entah itu genetika, kedokteran, daftar protein, dan lain-lain.

Untuk mengakses NCBI dapat dibuka di http://www.ncbi.nlm.nih.gov/

NCBI

Sebagai sumber daya nasional untuk informasi biologi molekuler, misi NCBI adalah untuk mengembangkan teknologi informasi baru untuk membantu dalam pemahaman proses molekuler dan genetik yang mendasar yang mengontrol kesehatan dan penyakit. Lebih khusus, NCBI sudah diisi dengan menciptakan sistem otomatis untuk menyimpan dan menganalisis pengetahuan tentang biologi molekuler, biokimia, genetika dan memfasilitasi penggunaan database tersebut dan software oleh penelitian dan komunitas medis; mengkoordinasikan upaya-upaya untuk mengumpulkan informasi bioteknologi baik secara nasional dan internasional, dan melakukan penelitian metode canggih berbasis komputer pengolahan informasi untuk menganalisis struktur dan fungsi molekul biologis penting.

Nih, beberapa Databases and Software yang tersedia di NCBI
1.         Entres

Entres merupakan sistem pencarian  informasi dalam NCBI yang menyediakan akses terintegrasi untuk melakukan sekuensing, pemetaan (mapping), taksonomi dan data struktural. Entres juga menyediakan gambaran grafis untuk mapping sekuen dan kromosom. Ciri khas dan keunggulan entres adalah kemampuan untuk pencarian informasi terkait sekuen, struktur dan referensi. Literatur jurnal yang tersedia dapat diakses pada PubMed. PubMed  merupakan alat penghubung pencarian web yang menyediakan akses ke lebih dari 11 juta jurnal di MEDLINE.

2.         Nucleotide Database

Database nukleotida merupakan suatu koleksi sekuen dari beberapa sumber, termasuk diantaranya GenBank, Reference Sequence (Refseq), Third Party Annotation (TPA) dan Protein Data Bank (PDB). Nah, GenBank yang termasuk dalam salah satu nucleotide database ini merupakan database sekuen genetik dari NIH ( National Institutes Of Health ), berupa koleksi sekuen DNA yang dapat diketahui oleh publik. Database GenBank dibiayai dan didistribusikan oleh NCBI. Data sekuen dikirim ke GanBank oleh peneliti dari seluruh dunia.

3.         Blast

BLAST (Basic Local Alignment Search Tool) merupakan suatu program untuk pencarian kemiripan sekuen dan merupakan alat dalam identifikasi gen dan karakter genetik. Blast dapat melakukan pencarian sekuen melalui perbandingan dengan database DNA dalam waktu singkat (kurang dari 15 detik).