biaggihary

JAKARTA KOTA SAMPAH !!!

Posted: August 19th 2016

Jakarta adalah Ibu Kota bagi Negara Indonesia dan menjadi jantung perekonomian Negara namun hal itu berdampak negative untuk Jakarta karena pertumbuhan penduduk setiap tahunnya meningkat dan juga meningkatkan pemakaian produk-produk kebutuhan sehari-hari. Berikut daftar pertumbuhan penduduk Jakarta tiap tahun.

 

images

Bayangkan di kota yg luasnya hanya  sekitar 661,52 km² .terdapat  10 juta jiwa (2014),dengan jumlah penduduk yang banyak mengakibatkan meningkatnya Limbah rumah tangga. bila satu orang dalam sehari membuang satu kilo sampah secara bersamaan ke sungai beararti sudah ada 10 juta kilo sampah yang ada di sungai ,bila hal itu di lakukan selama satu bulan maka sudah 300 ribu ton sampah di sungai wilayah DKI Jakarta.

Petugas Dinas Kebersihan membersihkan tumpukan sampah yang terdapat di Kali Angke, Jakarta Barat, Kamis (25/9). Berdasarkan evaluasi Dinas Kebersihan DKI Jakarta volume sampah kali, sungai dan waduk di ibukota per harinya mencapai kisaran 270 hingga 300 ton. ANTARA FOTO/Vitalis Yogi Trisna/ed/pd/14

(Sungai Angke)

Masalah kedua yang menyebabkan banjirnya Jakarta iyalah pemukiman sembarang seperti di sungai daerah resapan air.  14 sungai besar yang melintas di wilayah Jakarta dari sisi timur sampai barat itu banyak dibuat hunian berikut ini sungai-sungai di Dki Jakarta:

Sungai Mookervaart,Sungai Angke,Sungai Pesanggrahan,Sungai Krukut,Sungai Grogol,Sungai Baru Barat,Sungai Ciliwung,Sungai Baru Timur,Sungai Cipinang,Sungai Sunter,Sungai Buaran,Sungai Jati Kramat,Sungai Cakung,Sungai   Malang.


Bisa kita bayangkan sungai yang  seharusnya menjadi  daerah resapan  namun di alih fungsikan dengan masyarakat-masyarakat  menengah ke bawah untuk membangun rumah. maka jakarta sering terjadi banjir walaupun curah hujan intensitas ringan dengan waktu yang lama. Masyarakat sekitar sungai juga membuang sampah di sungai membuat sampah menumpuk. Akibat dari menikatnya  limbah rumah tangga maka DKI Jakarta sering di landa kebanjiran. Berikut ini kumpulan berita Banjir seputar Jakarta:

“Hujan deras yang mengguyur Ibu Kota Jakarta, Jumat (24/6/2016) membuat sejumlah ruas jalan di Jakarta menjadi banjir. Seperti yang terjadi di depan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat” (http://metro.sindonews.com/read/1119517/170/diguyur-hujan-deras-istana-negara-terendam-banjir-1466774447)

“Data tergenang sejak pukul 16.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB,” ujar Bambang kepada Sindonews, Senin (23/5/2016).”

Berikut ruas jalan yang terendam air berdasar data BPBD DKI Jakarta:

1. Jalan Pattimura Sudirman, ketinggian air 30 cm.
2. Jalan Kuningan depan Lotte Shopping Avenue, ketinggian air 20 cm.
3. Jalan Kwitang dekat Tugu Tani, ketinggian air 20 cm, Jakarta Pusat
4. Jalan Senopati, ketinggian air 30 cm, (via qlue).
5. Jalan Cikini raya dekat hotel IBIS, ketinggian air 20 cm.
6.  Banjir RT 09/07, Cipulir, Jakarta Selatan, ketinggian air 30 cm.
7. Jalan MH Thamrin depan Gedung Thamrin, ketinggian air 10 cm.
8. Jalan KH Mansyur dekat London School, ketinggian air 30 cm.
9. Jalan Raya Senen dekat Pasar Senen, ketinggian air genangan 20 cm.
10. Jalan Perintis Kuningan, Karet Semanggi, ketinggian air 10 cm.
(http://metro.sindonews.com/read/1110824/170/ini-13-ruas-jalan-di-jakarta-yang-terendam-banjir-1464005122)

index

Sangat miris bilang suatu tempat sangking penuhnya tumpukan sampah akibat ulah-ulah masyarakat Jakarta membuat Jakarta terus di landa banjir.

Maka mulailah dari diri sendiri untuk peduli oleh lingkungan terutama jangan buang sampah ke sungai melainkan ke tempatnya seperti TPA ,menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan atau plastic ramah lingkungan dan menempati rusun-rusun yang di sediakan oleh pemerintah maka banjir di Jakarta perlahan-lahan akan berkurang dan Semua sungai di Jakarta menjadi lebih bersih lagi tidak kotor sehingga dapat menghidupkan suatu ekosistem baru…

Dibawah ini banjir di Istana Merdeka Jakarta


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php