berthaparaya

Wireless, Mobile Computing, dan Mobile Commerce

Posted: November 26th 2012

Pada pertemuan ini kita membahas mengenai Wireless, Mobile Computing, dan M- Commerce. Diantaranya mendiskusikan tipe-tipe dari pelengkap wireless dan media transmisi wireless; mendeskripsikan mengenai Bluetooth, Zigbee, Wi-Fi, dan Wi-Max; mendiskusikan aplikasi utama dari M- Commerce; mendeskripsikan mengenai pervasive komputasi.

Penggunaan wireless sekarang ini bukan lagi menjadi pemandangan yang baru sekarang ini, mulai dari anak SD samapi orang tuapun seakan telah menjadi suatu kebutuhan. Perangkat wireless itu seperti PDA, handphone, smart phone, dan sejenisnya. Sebenarnya apa itu perangkat wireless ? Peragkat wireless adalah jaringan tanpa kabel. Perangkat wireless biasanya berukuran cukup kecil dari  dan gampang untuk dibawa, tetapi biarpun kecil kekuatan pemrosesnya cukup tinggi untuk melakukun tugas-tugas tertentu, pastinya juga perangkat wireless dapat berkomunikasi secara tanpa kabel dengan internet atau perangkat-perangkat yang lain. Di dalam perangkat wireless ada perangkat yang menjadi standart agar dapat terkoneksi, yaitu  Wireless Application Protocol (WAP), WAP adalah sebuah protocol standart yang harus dipasang agar dapat terkoneksi . Tampilan WAP ini tampilan yang cukup kecil, bandwith dan ukuran yang kecil juga yang memungkinkan untuk dapat berfungsi pada cell-phone atau perangkat yang lain.

Istilah – istilah lain dalam teknologi wireless adalah Microbroweser adalah alat pencari di internet yang berjalan di handphone yang ukurannya kecil . Selain itu juga ada istilah dalam teknologi wirelss saat dulu, yaitu Pager, ini adalah perangkat wireless juga tapi bersifat satu arah, jadi membuat pengguna tidak dapat berkomunikasi.

Kemudian di dalam teknologi wireless ada juga media transmisinya. Media transmisinya biasa berupa gelombang elektromagnetik. Dalam pertemuan ini, kami membahasa mengenai 5 media transmisi dari teknologi wireless. (1) Microwave transmission systems, adalah gelomboang yang biasa digunakan dalam komunikasi yang high volume, jaraknya jauh, dan biasanya merupakan komunikasi satu titik ke titik yang lain. Oleh karena sifatnya komunikasi dari titik ke titik, gelombang ini mempunyai 2 karasteristik, yaitu antara transmitter dan receiver ketika mengirim pesan harus dapat dijangkau dengan penghlihatan atau disebut dengan line-of-sight. Karasteristik yang kedua, yaitu antara transmitter dan receiver mengirim pesan secara langsung ke satu titik. Akan tetapi, karena bumi kita ini bundar jadi penggunaan gelombang microwave transmission system tidak dimungkinkan dalam komunikasi jarak jauh. Oleh karena itu, muncul solusi transmisi lain, yaitu (2) Satellite Transmission, adalah sebuah gelombang satelit. Satelit terbagi menajdi tiga Geostationary (GEO), Medium-earth-orbit (MEO),  dan Low-earth-orbit (LEO). Ketiga satelit itu dibedakan berdasarkan ketinggiannya.

Istilah – istilah dalam media transmisi pada wireless. (1) Footprint, daerah yang dapat dijangkau oleh satelit. Semakin jauh satelit, jangkauannya semakin besar. (2) Broadcast Transmission, menyediakan satelit untuk mengirimkan sinyal ke penerima secara langsung. Biasanya digunakan pada televise atau radio. (3) Propagation delay, adalah sebuah masalah dalam pengiriman sinyal saat bertelepon, dikarenakan jaraknya yang jauh.

Sistem – sistem yang menggunakan satelit, yaitu :.GPS ini memungkinkan pengguna untuk menentukan posisi pengguna selama di muka bumi ini karena didukung oleh 24 satelit di seluruh dunia. Sistem lainny, yaitu IOS (Internet Over Satellite) mengizinkan pengguna untuk mengakses internet lewat GEO satelit.

Selain menggunakan satelit, dapat juga menggunakan gelombang radio. (1) Radio Transmisi yang mengirimkan data secara langsung antara transmitter ke receiver. Kekurangan dari gelombang ini yaitu sering mendapat gangguan dari gelombang yang di dekatnya. (2) Radio Satelit, adalah sebuah radio yang menggunakan gelombang satelit. Satelit yang digunakan yaitu satelit GEO. Penggunaan Radio Satelit ini megguntungkan karena tidak terbatas oleh jarak, tetapi selagi masih ada dibumi. (3) Infrared, adalah sebuah gelombang radio yang menggunakan gelombang satelit, gelombang ini bersifat tidak kelihatan, dan biasanya digunakan pada remote TV atau sejenisnya.

Dalam pertemuan ini kita juga mempelajari mengenai beberapa standart yang bisa dipakai dari jaringan komputer. Standart yang digunakan yaitu standart IEEE. Satandartnya, yaitu :

                (1) IEEE 802.15 (Bluetooth). IEEE 802.15 biasanya standart yang digunakan pada jaringan komputer yang digunakan sendiri (personal). Penggunaan Bluetooth ini dapat menghubungkan maksimal 8 device dengan jangkauan 10 meter. Penggunaan Bluetooth  menggunamkan daya yang rendah, juga merupakan standart utama dalam membuat Personal Area Network (PAN).  Transmisi dalam penggunaan bluetopth hanya 1 Mbps. Standart yang  mirip dengan Bluetooth yaitu 802.15.4 (Zigbee). Zigbee digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan  transmisi yang rendah dan daya rendah. Kecepatannya sama dengan blutooth, tetapi Zigbee dapat meghubungkan ratusan device.

(2) IEEE 802.11 (Wi-Fi) adalah sebuah standart yang jangkauannya lebih luas lagi dari Bluetooth. Dapat membuatan LAN, tapi butuh sebuah access point yang dapat menghubungkan kita. Dalam penggunaan Wi-Fi kita membutuhkan Wireless Network Interface card (NIC) dan Hotspot adalah sebuah wireless access point yang menyediakan layanan akses internet, tetapi dalam ruang lingkup yang kecil. Satandart Wi-Fi ini ada yang disebut dengan 802.1 yang dapat mentransmisi data sampai 54 Mbps dengan jarak 30 meter; 802.11b yang dapat mentransmisi data sampai 11 Mbps dengan jarak 30-50 meter; 802.11g yang dapat mentransmisi data sampai 54 Mbps dengan jarak 50 meters.

Masalah – masalah dalam penggunaan Wi- Fi adalah, Roaming adalah masalah dimana pengguna tidak dapat terkoneksi dari hotspot ke hotspot, jika hotspot menggunakan jaringan layanan Wi-Fi yang berbeda. Security, keamanan dalam pengiriman data, karena Wi-Fi menggunakan gelombang radio yang pada dasarnya susah intu di lindungi. Cost, biasanya layanan Wi-Fi sedikit murah, tetapi tidak benar-benar gratis dan bebrapa layanan biasanya memiliki ongkos tersendiri yag perlu dibayar.

(3) IEEE 802.16 (Wi-Max), sebuah standart jaringan komputer dengan jangkauan satu kota. Standart jaringan ini dapat diakses dengan jarak sampai 31 mil, dan dengan kecepatan 75 Mbps. Satandart ini dapat dikatakan aman untuk mengirimkan video atau suara.

                (4) IEEE 802.20 (WWans), sebuah standart dalam jaringan komputer yang jangkauannya sangat luas.

Di dalam koneksi ada yang disebut dengan Mobile Computing. Mobile Computing adalah sebuah koneksi yang bersifat wireless (real time) antara mobile device dengan lingkungan komputasi yang lain seperti internet atau intranet.  Mobile Computing memiliki 2 karasteristik, yaitu (1)Kemobilitasnya, artinya sebuah device yang dapat dibawa kemana-mana, tanpa ada gangguan. (2) Broad reach artinya jangkauannya luas dan pengguna dapat terkoneksi  secara langsung ketika membuka mobile devicenya.

Di dalam Mobile Computing ada yang disebut dengan M-Commerce, adalah sebuah kegiatan e-commerce yang dilakukan dalam perangkat mobile dalam lingkungan wireless dengan menggunakan internet. Adanya m – commerce karena ketersedian penggunaan wireless di dalam hanphone saat ini, tak memerlukan PC, tren ponsel, dan perbaikan bandwidth. Aplikasi – aplikasi yang tersedia dalam M- Commerce ini adalah Layanan Keuangan, Mobile Banking, Mobile Portal, Voice Portal. Iklan – iklan dalam m-commerce dapat disebut denganLocation based Advertising.

Ada juga yang disebut dengan Telemedicine Wireless, adalah sebuah komunikasi yang digunakan antara dokter dan pasien dalam jarak jauh dengan teknologi wireless. Teknologi Telemedicine Wireless dapat juga digunakan untuk operasi jarak jauh.

Transmisi wireless yang penerimaan data yang didapat dari sensor. Contohnya digunakan oleh para teknisi yaitu saat mengidentifikasi permasalahan dalam alat yang dibuatnya. Bisa juga digunakan oeh dokter sat memonitori pasien dengan jarak yang jauh. Selain itu juga dapat digunakan oleh pabrik mobil untuk mengdiagnosa alat-alat dalam pabrik tersebut.

Pervasive Computing Komputasi yang bisa dilakukan di mana saja dan melekat pada objek. Biasanya digunakan dalam alat-alat rumah tangga, seperti mesin cuci, kulkas dan kompor microwave.

Teknologi wireless yang lain yaitu RFID, yaitu seperti sebuah chip yang ditempelkan pada sebuah barang jualan yang memudahkan pekerja dalam memonitori barang. Salah satu tempat perbelanjaan yang menggunakan teknologi ini adalah WallMart, Amerika untuk mempercepat proses penjualan dan pemasukan barang. Akan tetapi, penggunaan teknologi ini cukup mahal, dan tidak bersifat private bagi pembeli, dikarenakan barang tersebut ditempeli chip yang dapat mengetahu setiap pergerakan barang.

Memang menggunakan teknologi sangat menyenangkan dan mempermudah pekerjaan kita. Akan tetapi dalam setiap langkah yang dibuat pasti ada kelemahan. Kelemahan dari teknologi wireless ini terletak pada keamanan. Ada 4 ancaman keamanan dalam penggunaan wireless :

  1. Rogue access point adalah akses oleh seseorang yang tidak berwenang memasuki wireless network atauseseorang berpura-pura untuk menjadi wireless asli dan membuat wireless palsu dengan nama yang sama.
  2. War driving adalah aksi yang dilakukan untuk masuk ke wireless network dengan maksud yang jahat.
  3. Eavesdropping, tindakan berusahan untuk mencuri data di wireless yang sedang aktif
  4. RF (Radio frequency), adalah saat di mana sebuah device dengan sengaja atau tidak sengaja menggangu trnasimis sebuah wireless.

Dalam mencegah tindakan-tindakan yang dapat menggangu keaman data kita saat menggunakan wireless. Langkah-langkah ini dapat kita gunakan, yaitu :

–          Memasang alat-alat tambahan untuk mendeteksi akses-akses yang tidak berwenang untuk masuk ke jaringan kita.

–          Memblok SSID, dengan memberikan password

–          Menggunakan encrypt data dengan menggunakan Wireless Protection Access (WPA)

–          Mengetahui siapa saja yang memasuki jaringan kita.

–          Atau dapat langsung mengganti chanel ketika jaringan kita masih aktif.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Elektronic Commerce (E - Commerce )

Go to post

Data, Ilmu dan Sistem Pendukung Keputusan

Go to post
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php