berthaparaya

Internet, Intranet, dan Ekstranet

Posted: November 3rd 2012

Pada pertemuan Pengantar Teknologi Informasi hari Selasa tanggal 30 Okteber 201, kita mempelajari tentang perkembangan, pengoperasiaan dan layanan dari internet; juga mempelajari bagian dari internet yang disebut dengan world wide web; Organisasi dari internet yang disebut dengan Intranet dan Ekstranet; kemudian mempelajari mengenai aplikasi khusus dari internet.

Apa itu Internet ? Sudah banyak dari kita yang menggunakan internet bukan ? Internet adalah komputer terbesar di dunia ini atau dapat disebut dengan jaringan dari sebuah jaringan. Selain itu internet juga merupakan forum demokrasi komunikasi yang menghasilkan demokratisasi informasi. Dilihat dari arti dari sebuah internet itu, muncul kegunaan-kegunaan dari internet. Kegunaan internet adalah sebagai penyedia surat menyurat elektronik atau kita sebut dengan e-mail, web, menyediakan layanan pesan instan, chat, transfer file dan message board.

Kemudian bagaimana perkembangan internet itu ? Pada awalnya Internet yang merupakan hasil karya departemen pertahanan Amerika Serika. Kemudian pada tahun 1969 dengan 4 server meninggkat pada tahun 1984 dengan lebih 1000 server, dan sekarang dengan lebih dari 150 juta server. Lalu bagaimana dengan Internet sekarang ? Sekarang internet sudah meng-internasional dengan penggunanya sudah terpencar dimana saja. Bukan itu saja, sekarang internet sudah merupakan jaringan yang menghubungkan komputer dengan jaringan usaha, pemerintahan, sekolah dengan cepat, mulus, dan murah. Tetapi politik, kultur dan peraturan seringkali membuat lambatnya tingkat internet secara internasional.

Bagaimana internet itu dapat kita gunakan ? Tentu saja ada penyedia internet, ketika kita ingin terhubung dengan internet, maka kita harus berhubungan dengan penyediannya. Penyedia internet yang tersedia di Indonesia seperti telkom speedy, smart phone, tri (3), dll.

Pengoperasian Internet. Paket informasi di atur oleh protocol. Jenis – jenis dari protocol adalah Internet protocol (IP) dan Transport Control Protocol (TCP). Contoh dari protol ini seperti ftp ataupun http. Internet yang merupakan paket –switching network. switching network adalah sebuah cara dalam mengirim data melalui internet, yang tata caranya dengan mengirimkan data secara terpecah-pecah kemudian akan menjadi satu saat samapi di alamat yang di tuju. Setiap komputer di dalam jaringan internet di identifikasi dengan menggunakan IP address. IP address biasanya berbentuk angka. Selain itu juga setiap komputer juga mempunyai domain names, di dalam doamain names terdapat top level domain. Top level domain adalah suatu cara untuk menggambarkan isi dari web tersebut, contohnya top level domain “.ac” berarti menggambarkan isi web yang berisikan informasi tentang education atau pendidikan. Contoh dari top level domain lainnya adalah .museum (untuk museum), .com (untuk komersial), .biz(untuk bisnis). Mengakses internet dapat dengan menggoneksinya melalui LAN server, atau Serial Line Internet Protocol/Point Protocol (SLIP/PPP), ataupun melalui Online Service (AOL, MSN).

Layanan dari internet dalam dunia komunikasi dapat berupa pesan elektronik, USENET, telepon melalui internet, menampilkan video ataupun audio. Selain itu bisa juga secara File Transfer Protocol (FTP). FTP ini merupakan transefer file dalam bentuk data. Layanan dari internet juga dapat menyediakan layanan world wide web (www). www adalah sebuah aplikasi yang menggunakan fungsi dari transportasi internet. Selain itu juga www juga merupakan sebuah sistem yang di terima secara universal untuk dapat menyimpan, mengambil, memformat, dan menampilkan informasi melalui server. WWW juga berdasarkan HTML yang merupakan bahasa hypertext standart dalam penggunaan web.

Di dalam sebuah web tersedia :

–          Home Page, yang merupakan teks dan tampilan layar grafis atau dapat disebut dengan halaman pengantar sebuah situs.

–          Web Site, merupakan semua halaman dari sebuah web tersebut.

–          Hyperink, merupakan cara untuk menavigasikan suatu halaman di situs web tersebut.

–          Webmaster, merupakan orang yang bertanggung jawab atas sebuah web.

–          Uniform Resource Languange (URL), merupakan penunjuk ke suatu halama web.

–          Hypertext Transport Protocol (HTTP), merupakan suatu jenis protocol yang digunakan untuk mentransfer halaman di dibagian www.

–          Browser, merupakan software grafis yang memungkinkan pengguna www untuk meminta dan melihat dokumen web.

–          Offline browser, merupakan software yang mengambil halaman dari situ web secara otomatis pada waktu yang ditentukan.

–          Search Engine, merupakan program yang berfungsi untuk menemukan daftar di situs web atau halaman yang cocok dengan yang dicari.

Ada 8 bagian tipe dasar dari sebuah halaman web, yaitu halaman web dapat berupa :

–          Portal, merupakan pintu gerbang dari sebuah web yang berfungsi untuk membuka jalan untuk meuju ke halaman web lainnya. Contoh portal itu seperti yahoo.

–          Halaman berita.

–          Halaman  yang berisi informasi.

–          Halaman bisnis.

–          Halaman yang berisi informasi pendidikan

–          Halaman yag berisikan hiburan.

–          Halaman mengenai advocacy.

–          Halaman yang berisikan data personal.

Setelah kami mempelajari mengenai Internet. Dilanjutkan dengan mempelajari organisasi dari sebah internet, yang sering disebut dengan intranet dan ekstranet. Tak ada bedanya antara Internet, Intranet, ataupun Ekstranet, karena ketiganya merupakan sebuah jaringan. Akan tetapi, yang membedakan ketiganya adalah dari segi jangkauannya. Mari kita lihat pemaparan selanjutnya.

Intranet adalah jaringan internet yang menggunakan teknologi dari sebuah internet. Intranet biasanya digunakan dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi, yang dapat mengakses data tersebut hanya orang-orang yang berada/tercatat dalam perusahaan atau organisasi tersebut. Intranet biasanya bersifat private. Jenis Wide Area Network (WAN)yang digunakan intranet ataupun ekstranet dapat berupa Virtual private network (VPN), karena VPN bersifat gateway yang aman bagi perusahaan sistem dan internet.

Perbedaan dengan ekstranet, ekstranet juga merupakan jaringan tetapi jagkauannya dapat diakses oleh pelanggan atau pemasok bagi suatu perusahaan atau organisasi untuk mengakses data dari perusahaan atau organisasi tersebut. Manfaat dari ekstranet ini dapat menekan biaya komunikasi, peningkatan order untuk perusahaan tersebut, dan juga peningkatan efektivitas bisnis.

Aplikasi web berbasis lainnya berupa :

–          Enterprise Information Portals, pengguna memiliki titik akses ke informasi yang tersimpan internal dan eksternal.

–          Mobile Internet, penggunaan komunikasi nirkabel untuk mengakses aplikasi berbasis web.


Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.

Artikel lainnya

Telekomunikasi dan Jaringan

Go to post

Sistem yang Fungsional, Interorganisional, dan Enterprise

Go to post
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php