berthaparaya

Telekomunikasi dan Jaringan

Posted: October 29th 2012

Pada pertemuan setelah Ujian Tengan Semester, kami membahas mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi dengan judul Telekomunikasi dan Jaringan. Pada judul ini kami membahasa komponen-komponen dasar dari sistem telekomunikasi, teknologi yang digunakan dalam sistem telekominikasi , beberapa cara untuk mengakses jaringan dan beberapa cara penggunaan jaringan dalam lingkungan bisnis.

Umumnya kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan komunikasi komputer, komunikasi komputer adalah proses yang terdapat didlam dua atau lebih komputer atau alat yang mengirimkan data, instruksi, atau informasi, seperti smarth phone, server, netbook computer, dan mainframe computer. Setelah itu kita akan mengetahu apa itu sistem telekomunikasi. Sistem telekomunikasi adalah perangkat keras dan perangkat lunak yang mengirimkan informasi dari satu lokasi ke lokasi yang lainnya. Komponen dasar dari sistem telekomunikasi adalah perangkat keras, media, jaringan, perangkat lunak, penyedian data komunikasi (provider), protocol, dan aplikasi.

Pada bab ini kita juga mempelajari telekomunikasi signal yang dibagi menjadi signal analog dan signal digital. Signal analog adalah signal yang berbentuk gelombang kontiniu, pada signal analog informasi disampaikan dengan mengubah gelombang sesuai dengan karateristik (amplitude dan frekuensi). Kemudian signal digital, pada signal digital informasi disampaikan dalam bentuk biner, karena disampaikan dalam betuk biner, signal ini mudah dipahami oleh komputer.

Pengelolaan komunikasi dapat dilakukan oleh perangkat keras. Perangkat keras itu seperti modem, Multiplex, dan Front-end Processor.

Dalam mengirimkan data dari satu komputer ke komputer atau dari satu perangkat ke perangkat yang lainnya diperukan suatu saluran, beberapa saluran dalam telekomunikasi dapat berupa kabel, satelit ataupun lainnya, dan semua itu kita pelajari dalam penyelasan diberikut ini.

Kabel-kabel dalam pengiriman informasi seperti twisted-pair ware atau yang sering disebut dengan kabel telefon. Dikatakan twisted karena di dalam kabel ini terdapat kabel yang banyak dan saling membelit. Kabel twisted biasanya dijual murah dan gampang digunakan. Akan tetapi, dalam pengiriman data, penggunaan kabel twisted sangat lambat dan dalam pengiriman data dapat terkena gangguan dari luar. Kemudian kabel lainnya yaitu coaxial kabel, coaxial kabel dapat menampung banyak dapat untuk dibagi dan dapat melindungi data dari gangguan, tetapi kabel ini lebih mahal dari kabel twisted , dan sedikit sulit untuk  digunakan. Walaupun kabel ini dapat melindungi data dari gangguan, namun kabel ini masih dalam tingkatan low security. Kabel saluran telekomunikasi selanjutnya yaitu fiber-optic cable, kabel jenis ini mengirimkan informasi menjadi gelombang cahaya melewati fiber glass yang terdapat di dalam kabel itu. Kabel ini dapat mengirimkan data dengan cepat dan dapat menampung banyak data. Dibandingkan dengan kabel-kabel di penjelasan sebelumnya, kabel ini sangat aman dan sdulit mendapat gangguan dari luar. Akan tetapi, kabel jenis ini sulit digunakan dan retan rusak karena kabel ini terbuat dari kaca.

Saluran dalam teleomunikasi juga dapat berupa microwave atau yang di sebut dengan saluran gelombang mikro. Saluran gelombang mikro ini dapt menampung data yang berkapasitas besar, dapat dikatakan murah dan biasanya dihubungkan dengan satu tower dan lainnya dan menggunakan kawat. Saluran komunikasi lainnya berupa satelit, disbanding dengan gelombang mikro, satelit juga dapat menampung data yang besar tetapi masuk dalam tingkatan very high capacity. Satelit juga mencangkup area yang lebih besar, karena penggunaan satelit ini sangat mumpuni, maka harga dari satelit ini juga mahal. Saluran lainnya juga dapat berupa gelombang radio, penggunaan gelombang radio ini memang masih digunakan karena murahm gampang di install dan cepat, tetapi gelombang radio ini terbatas area penggunaanya dan gampang terkena gangguan. Saluran lain dapat menjadi saluran telekomunikasi adalah gelombang infrared.

Pada bab ini kita juga mempelajari jaringan. Jaringan adalah alat, media, dan perangkat lunak  komunikasi yang dibutuhkan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer. Bagian dari jaringan berupa Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN). LAN adalah sebuah jaringan yang cakupannya tidak terlalu luas, seperti contoh jaringan di sebuah rumah atau di dalam sebuah gedung. LAN dapat menghubungkan komputer dan alat lainnya yang memungkinkan untuk berbagi  data. LAN juga terbagi dengan berbagai macam variasi, setiap variasi itu mempunyai performa yang bagus atau biasa, beberapa LANdapat dihubungkan melalui dua jaringan yang mempunyai kesamaan tipe, LAN juga dapat dihubungkan ke jaringan luar melalui sebuah prosesor komunikasi yang menghubungkan jaringan yang berbeda dengan menerjemahkan satu set protocol ke lainnya, prosesor komunikasi ini disebut dengan gateway. Kemudian WAN, WAN adalah sebuah jaringan yang menjangkau jarak yang jauh dalam berbagi informasi, contohnya seperti internet. WAN juga terbagi menjadi dua, yaitu Value-added networks (VAN). VAN bersifat privat, dan data hanya dapat di akses oleh pelanggan. Jenis WAN yang lain adalah Virtual private network (VPN). VPN bersifat jenis gateway yang aman bagi perusahaan sistem dan internet.

Fungsi dari Network Communication Software adalah unuk memeriksa kesalahan yang mungkin terjadi, mem-format pesan, memelihara komunikasi harian, menjada keamanan dataa dan privasi, selain itu menyediakan penerjemahan pesan. Komponen dari Network Communication Software adalah NOS (Network Operating System), NMS (Network Management System), dan Protocol. NOS  berfungsi untuk memungkinkan alat dalam jaringan untuk berkomunikasi, kemudian NMS berfungsi untuk mempermudah penggunak dalam mengelola tugasnya, dan protocol berfungsi untuk mengatur jalur kerja dari jaringan. Tipe-tipe dari protocol adalah Ethernet, protocol jenis ini merupkan protocol jenis biasa. Tipe protocol yang kedua yaitu TPC/IP, protocol jenis ini biasanya mnegirimkan file-file yang besar dengan teliti ke beberapa sistem yang berbeda. Protokol jenis ini juga merupakan protocol standar dari internet.

Pembahasan selanjutnya yaitu mengenai strategi penggunaan jaringan dalam lingkungan bisnis. Strateginya sering disebut dengan Client processing dan peer-to-peer processing. Dikatakan Client processing karena ada server yang melayani permintaan dari pelanggan atau dapat dikatakan bahwa pelanggan tidak dapat mengakses data tanpa melaui server. Berbeda dengan peer-to-peer processing, stategi ini peer-to-peer processing mampu untuk menyederhanakan bentuk dari server, juga mudah untuk di stel dan mudah dalam pemeliharaannya. Selain itu strategi peer-to-peer processing dapat di implementasikan di beberapa sistem operasi seperti windows 2000 atau Windows XP.

Selain itu ada kami juga mempelajari mengenai beberpa aplikasi dari telekomunikasi. Aplikasi telekomunikasi yang sering dikenal sekarang yaitu e-mail, Facsimiles, Telecommuting (atau komunikasi dari rumah melalui hubungan telefon), Videoconferencing (pertemuan melalui layar dengan tempat yang terpisah) , Electronic Data Interchange, dan sebagainya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php