berthaparaya

Komponen Hardware pada Sistem

Posted: September 24th 2012

Pertemuan Ketiga pada mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi mendiskusikan alur dari sebuah  proses input sampai output, kemudian mengidentifikasikan komponen hardware pada sistem computer, mendeskripsikan desain dan fungsi-fungsi dari sebuah CPU,  selain itu pada pertemuan ketiga kami mendiskusikantipe-tipedari penyimpanan data, dan bagaimana membedakan antara primary dan secondary  storage dari harga, kecepatan, dan kapasitasnya.

Komponen hardaware(perangkatkeras) dari sebuah system informasi di telinga penyuka computer dan orang-orang yang bekerja di bidang teknologi sudah tidak asing lagi, kita tahu bahwa komponen hardawareadalah CPU (Central Processing Unit), Memory (primary dan secondary  storage), Input Device –Mouse, Keyboard, Webcam, dancontoh lain-. Output device –Loudspeaker, Printer, dancontoh lain-.

Ada 2 komponen utama pada Motherboard yang, yaitu CPU, CPU pada motherboard biasanya dikenal denganprosesor, selain ituadajuga memory.Memory pada motherboard biasanyatempat penyimpanan data daninstruksi yang bersifat sementara.Komponen umum pada CPU biasanyaProsesor; Memory;  Adapter card –biasanyaberisi sound card, modem card, video card, network card; Ports (tempatuntukmemasukan USB);  Drive Bays (tempat yang digunakanuntuk CD-Room, Flopy Disk); Power Supply. Kemudianpada CPU ada yang disebut dengan motherboard.Motherboard adalah sebuah papan sirkuit utama didalam unit, biasanya disebut dengan system bourd, di dalam motherboard juga merupakan tempat dimana stiap aktivitas dintegrasikan.  Selain didalam  sebuah CPU terdapat motherboard ada juga sebuah mikroprosesor.Mikroprosesor berfungsi menginteraksikan instruksikn untuk menjalankan tugas pengolahan.Alurdaripengolahan data melalui Control Unit, AritmeticLogil Unit,kemudianRegister, danpenyimpanan primer.

Control Unit pada CPU berfungsi untuk mengakses instruksi program, menafsirkan instruksidalam sebuah kode, kemudian Control Unit juga berfungsi untuk mengontrol aliran data pada sistem, Control Unit jugamerupakan jalur aliran data yang disebut buses.Setelah data diolaholeh Control Unit, data akan dijalankan ke AritmeticLogil Unit, pada bagian ini data memasuki proses mengkomputasi data dan komparasi data, dapat disebut  juga mengkalkulasi data. Setelah data melaluike dua proses tersebut, data akan masuk proses Registers, Registers merupakan area penyimpanan yang berkecepatan tinggi dan juga Registers menyimpan data daninstruksi. Setelah itu data akan masuk pada proses Memory. Memorypada CPU terdiri dari penyimpan primer dan penyimpanan sekunder.

Penyimpan primer adalah sebuah tempat penyimpanan data, data yang dimaksudkanadalah data yang sedang dilaksanakan pada sistem.Data-data tersebut adalah data informasi, data aplikasi, dan system operasi.Meningkatnya kapasitas memori mengakibatkan meningkatnya performa sistem, penyimpan memori primer juga merupakan memori yang berkapasitastinggi.Tipe-tipe penyimpanan primer adalah Register (bagian dari sebuah CPU, sangat cepat, kapasitas terbatas); Random Access Memory (merupakan chip memori dalam sebuah motherboard, ini juga merupakan memori umum yang menyimpan data yang sedang berjalan padasistem); Cache Memory (Cache Memory merupakan memori yang lebih cepatdari RAM danjuga merupaan perantara anatara RAM danHardisk; Radom –only Memory  (memori ini menyimpan semua instruksi yang sudah paten yang diperlukan oleh komputer).

Penyimpanansekunder merupakan penyimpanan yang menyimpan data atauinstruksi yang tetap, penyimpanan sekuder biasanya lebih murah dibanding dengan memori primer, bersifat magnetic danoptikal, tetapi sayangnya performa memorisekunder lebih lama.

Jadi sebuah proses input-proses-output pada system dapat disimpulkan, yaitu data masuk pada control unit, data pada control unit di tafsirkan dan setelah itu dikalkulasikan oleh Aritmetic Logil Unit, sementaraitu data disimpan pada register, tepatnya pada memori primer. Setelah data selesai dan pasti, selanjutnya akan disimpan pada memori sekunder. Begitulah alur dari sebuah Central Processing Unit.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php