EthaBlogs

Ikan Buntal “Mrs.Puff?!”

Posted: May 21st 2014

buntal

Potensi
belum banyak sih potensi ikan buntal ini karena zat kimia dalam tubuh ikan ini belum diketahui dengan pasti. sudah ada beberapa kejadian yang menyebabkan kematian karena memakan ikan buntal ini. “daging ikan buntal sangat lembut dan tulangnya lunak” begitu tutur seseorang nelayan yang sering menengkap ikan buntal.
Pengelolaan dan Permasalahan
Buntal ini paling baik bila dipelihara dalam akuarium yang terdapat banyak tanaman air atau aquascape. Sebagai tempat perlindungan, tambahkan akar atau cabang bogwood selain untuk tambahan dekorasi. Penggunaan tanaman air yang mengapung untuk menghalangi cahaya yang masuk secara berlebihan juga sangat disarankan. Buntal mungil ini paling baik dipelihara dalam kondisi pencahayaan yang remang-remang atau redup. Usahakan kondisi sirkulasi air dalam akuarium dijaga tetap pada kondisi minimum.
Pergantian air secara rutin merupakan sebuah keharusan, karena buntal ini sensitif terhadap perubahan kualitas air. Karena ukurannya yang kecil, buntal ini dapat dipelihara dalam akuarium yang berukuran kecil, misalkan 45 x 30 x 30 cm atau berkapasitas 40 liter. Kondisi air yang dibutuhkan untuk pemeliharaan ; pH 6-7 temperatur air 24-28°C. Buntal ini dapat menerima segala jenis pakan hidup seperti kerang, siput, bloodworm atau juga dapat diberi pakan beku. Siput merupakan menu wajib yang harus diberikan secara teratur untuk mengikis pertumbuhan giginya yang tajam. Seperti halnya jenis buntal yang lain, giginya ini menjadi masalah karena bila giginya ini tidak dikikis akan terus tumbuh ke bawah hingga gigi tersebut kepanjangan. Bila anda memiliki aquascape, ikan ini dapat digunakan memangsa siput-siput yang merusak tanaman air.
Permasalahan nya adalah ikan buntal ini belum banyak di budidayakan, karena hampir masyarakat sekitar takut terkena duri tajamnya dan beracun.ikan ini sering dijadikan ikan hias hanya bagi para pecinta ikan khas seperti jenis ini.
Usulan Pengelolaan berkelanjutan
sebaiknya sih UUD menerapkan ikan ini jangan dimakan dari pada banyak korban, tapi kalaupun mau dijadikan makanan harus diteliti lagi kandungan vitaminnya ya kan? pengelolaannya jika untuk dibudidayakan secara individu cukup sulit karena ikan buntal jenis ini sulit beradpatasi dan termasuk ikan yang langka.

Jadi guys,mau makan ikan buntal atau bududiya sambil diteliti nih?hayo…


2 responses to “Ikan Buntal “Mrs.Puff?!””

  1. tyaswulan says:

    wah baru tau kalo ikan itu mematikan ternyata…tapi emang secara morfologi aja kayak banyak duri sih,hehe
    makasih infonya 🙂

  2. jerry9212 says:

    widiihh serem juga bisa mematikan, keren infonya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

css.php