EthaBlogs

Buah DENGEN?Apaan Thuh?!

Posted: May 20th 2014

dengen
Buah ini adalah tanaman asli dari Asia Tenggara. Buah ini termasuk tumbuhan yang bisa hidup bertahun-tahun. Habitat pohon buah dengen ini adalah hutan. Pohon buah dengen berbatang kayu keras dan memiliki rongga. Daun buahnya lebar dan tunggal. Permukaan daunnya berbulu kasar. Buah dengen adalah buah musiman. Rasanya sangat masam. Asam yang terkandung dalam buah dengen ini bersifat elektrolit, artinya dapat menghantarkan listrik. Jadi, intinya, buah dengen ini bisa diolah untuk menghasilkan listrik. Dengen (Dillenia serata) adalah buah yang banyak tumbuh di wilayah Luwu Timur, termasuk di tepian Danau Matano. Bentuk, ukuran, dan rasa buah dengen hampir sama dengan jeruk. Uniknya, jika sudah matang, kulit buahnya akan terbuka sendiri layaknya kelopak bunga. Meski sudah masak, dengen terasa sangat masam bila dimakan secara langsung.

bagaimana potensinya di alam

potensi dialam masih banyak hanya saja masih berada didaerah ali, belum ada di daerah lain. Karena potensi tumbuhnya belum diketahui apakah mampu hidup disegala macam tanah dan iklim beberapa tempat yang berbeda.

apakah sudah dbudidayakan?

Buah dengen belum dibudidayakan secara resmi karena keberadaannya yang dialam liar dan belum banyak digunakan, karna rasanya yang masam masyarakat lokal pun jarang ada yang mau menikmati buah dengen tersebut.

apakah sudah dimanfaatkan secara optimal?

Pemanfaatannya belum optimal karena hanya beberapa masyarakat lokal saja yang mampu menikmati. Hal ini dikarenakan buah ini cepat busuk. Di Sorowako, bisa menikmati sajian minuman dari jus buah unik, yaitu Dengen. Namun, berkat kreativitas para koki lokal, buah ini diolah menjadi jus buah yang sangat segar.

apa permasalahan dalam pengelolaanya?

masalahnya adalah banyak masyarakat yang menganggap tanaman ini adalah liar, sehingga buahnya tidak layal dimakan. padahal hanya karena mereka belum tau mafaat khas dari buah dengen ini.sehingga jarang bahkan hampir tidak pernah ada yang mengelola buah dengen ini (miris guys.padahl buahnya guri-guri enyoi)

5. apa saran untuk meningkatkan pengelolaannya

sarannya sih semoga aja ya ada salah satu dari kita sebagai ahli biologi bisa mengungkap potensi buah dengen lebih dalam lagi teman-teman. dan kita jelaskan pada masyarakat sekitar deh bahwa buah ini banyak manfaat sebagai obat dan juga jus atau rujak yang yummie banget. banyak vitamin juga kan. buah ini sayang banget kalau ga dimanfaatin padahal nti bisa aja jadi buah langka.

Oke teman-teman itu aja dari kami..selamat menikmati buah dengen.Monggo komentnya.GBU.

kelompok : Bernadetha dan Imanuel natalius


5 responses to “Buah DENGEN?Apaan Thuh?!”

  1. sautbarcio says:

    hampir sama kayak jeruk yah… coba aja ada yang manis mungkin ini buah udah sering di konsumsi masyarakat lokal dan mungkin skrng udah terkenal buah dengen yang manis rasanya.

  2. bernadethaetha21 says:

    iya nih..sayang banget kan ya..saran kamu gimana kak saut?

  3. tyaswulan says:

    wah ternyata ada ya buah semacam itu?baru tau,hehe
    terus itu membukanya kalo masak di pohon ato bisa juga setengah matang dipanen tp dgn adanya suhu dll trus jd membuka ya?

  4. bernadethaetha21 says:

    nah itulah yang masih harus diteliti..bagaimana mbak tyas?sepertinya anda tertarik hahahha

  5. alfonslie says:

    Baru tahu kalau ada buah seperti ini hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php