EthaBlogs

Sekilas NCBI

Posted: September 17th 2013

NCBI

A. Tentang Lembaga Pengelolanya
Pada akhir Senator Claude Pepper menyadari penting nya metode pengolahan informasi komputerisasi untuk yang melaksanakan riset biomedis dan peraturan sponsor yang membentuk Pusat Informasi Nasional Bioteknologi (NCBI) pada tanggal 4 November tahun 1988, karena sebuah divisi dari National Library of Medicine (NLM ) di National Institutes of Health (NIH). NLM dipilih untuk pengalaman dalam menciptakan dan memelihara database biomedis, dan karena sebagai bagian dari NIH, itu bisa membangun program penelitian intramural komputasi dalam biologi molekular. Komponen penelitian kolektif NIH membentuk fasilitas penelitian biomedis terbesar di dunia.
Sebagai sumber daya nasional untuk informasi biologi molekuler, misi NCBI adalah untuk mengembangkan teknologi informasi baru untuk membantu dalam pemahaman proses molekuler dan genetik yang mendasar bahwa kesehatan kontrol dan penyakit. Lebih khusus, NCBI telah diisi dengan menciptakan sistem otomatis untuk menyimpan dan menganalisis pengetahuan tentang biologi molekuler, biokimia, dan genetika, memfasilitasi penggunaan database tersebut dan perangkat lunak oleh penelitian dan komunitas medis, upaya koordinasi untuk mengumpulkan informasi bioteknologi baik secara nasional maupun internasional, dan melakukan penelitian metode canggih pengolahan informasi berbasis komputer untuk menganalisis struktur dan fungsi molekul biologis penting
Bicara soal peranti lunak Microsoft punya program “Microsoft Bioinformatics Initiative”yang terdiri dari NET BIO dan Microsoft Biology Tools (MBT). NET BIO mendukung berbagai formal file bioinformatika, berbagai algoritma untuk manipulasi sekuens protein yang terhubung ke layanan web biologi seperti NCBI dan BLAST. Microsoft juga menyediakan piranti lunak Windows Azure yang dikombinasikan dengan Microsoft Excel untuk memproses semua data.
Salah satu aplikasi dari Windows Azure di bidang bioinformatika ini adalah National Center Biotechnology Information (NCBI) dan Basic Local Alignment Search Tool (BLAST) untuk Windows Azure. BLAST merupakan sekumpulan program yang dirancang untuk mencari semua kemiripan antara sebuah protein atau DNA dan sekuensnya yang sudah diketahui dari seluruh database kemungkinan yang ada. Peneliti memerlukan kemampuan ini untuk mengetahui fungsi dan manfaat dari sebuah produk genetik.
B. Ekplorasi Tentang Sumber Daya (resources), Fasilitas, Jasa dan Peluang Pelatihan/Pendidikan yang ditawarkan.
a. Ekplorasi Tentang Sumber Daya (resources)
Dalam bagian sumber daya, NCBI memiliki sumber daya yang luar biasa besar, ada lebih dari 60 sumber daya di NCBI. Sumber daya-sumber daya yang ada di NCBI sangatlah beragam tipenya. Ada yang membahas tentang kimia & bioassay, RNA & DNA, domain & struktur, dll. Ini merupakan daftar beberapa sumber daya di NCBI yang populer :
1. Bookshelf (NCBI Bookshelf): Koleksi dari buku biomedis yang dicari atau dari data yang dihubungkan dalam database NCBI yang berbeda. Koleksi ini mencakup buku teks tentang biomedis, judul-judul yang bersifat ilmiah lainnya, sumber-sumber genetik, seperti GeneReviews, dan petunjuk ilmiah manual NCBI.
2. BLAST: Basic Local Alignment Search Tool adalah program penyelarasan sekuens, seperti sekuens dari asam amino dari protein yang berbeda, atau sekuens nukleotida dari DNA.
b. Fasilitas
Fasilitas yang diberikan dari situs ini dapat dibagi dalam 3 bagian yaitu :
1. Pengunduhan data dan perangkat lunak dari NCBI
Data dan perangkat lunak yang berasal dari NCBI sangatlah kaya dan banyak, apalagi ditambah dari sumber daya NCBI yang luar biasa banyak. Contoh perangkat lunak yang bisa diunduh dari NCBI adalah BLAST.
2. Pengumpulan
Salah satu fasilitas pengumpulan dari NCBI adalah BioProject Submission. Bentuk online yang menyediakan antarmuka bagi para peneliti, konsorsium dan organisasi untuk mendaftarkan BioProjects mereka. Ini berfungsi sebagai titik awal untuk pengajuan data genom dan genetik untuk penelitian.
3. Data Base
NCBI memberikan akses ke database yang sangat besar dan luas bagi pengunjungnya, sehingga memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk mencari data yang diinginnkan. Salah satu contoh database dari NCBI adalah database Biosample.
c. Jasa dan Peluang Pelatihan/Pendidikan yang ditawarkan.
Jasa-jasa yang ditawarkan oleh NCBI adalah mengembangkan metode baru untuk menangani volume dan kompleksitas data meneliti ke metode yang dapat menganalisis struktur dan fungsi makromolekul dan menyediakan akses ke analisis dan alat komputasi (yang memfasilitasi penggunaan database dan perangkat lunak) untuk peneliti dan publik.
NCBI juga memiliki beberapa peluang pelatihan/pendidikan yang di tawarkan, salah satunya adalah NCBI mendorong komunikasi ilmiah di bidang komputer, seperti yang diterapkan untuk biologi molekuler dan genetika, oleh pertemuan mensponsori, lokakarya, dan serangkaian ceramah. Program Pengunjung ilmiah telah dibentuk untuk mendorong kolaborasi dengan para ilmuwan luar sekolah. Posisi postdoctoral fellow tersedia sebagai bagian dari Program Penelitian NIH Intramural.

kelompok : Gerradus Danny
Bernadetha yuswinda
Elisabet Nogo Toby


7 responses to “Sekilas NCBI”

  1. Vincentius Yafet Winata says:

    hmm lengkap, berisi, dan simple lagi
    good job lah

  2. andreyoga says:

    Sudah bagus, singkat, dan padat 😀

  3. Dominikus Bagas Hardiprasetya says:

    Sebuah informasi yang cerdas dan ringkas. Akan tetapi, pemilihan kata dan tata bahasanya bisa sedikit diperbaiki supaya pembaca lebih enak dalam membaca dan postingannya semakin sempurna.
    Sedikit pertanyaan, itu yang dipost lambang dari Institute apa ya? (supaya tidak terjadi kesalahpahaman.
    Terima kasih.

  4. alfonslie says:

    Info yang sangat menarik.. Keep Blogging 🙂

  5. gittadiana says:

    Cukup informatif yaa blognyaa.. 😀
    Keep blogging, BradSist~

  6. gnosis says:

    singkat dan jelas. bravo!

  7. Golf free betting & Golf Bookies bonus code. Golf free bet promotional codes & Free bet no deposit in the Golf. UK’s Best online Golf Bookies

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php