konservasi pangan

Jenis Tanaman Pangan di Indonesia

Posted: May 14th 2013

Indonesia adalah negara agraris. Di Indonesia, tumbuh berbagai jenis tanaman pangan. Walaupun saat ini banyak sekali tanaman pangan yang diekspor, tetapi dulunya Indonesia pernah dikenal sebagai negara swasembada pangan. Hampir seluruh rakyat Indonesia mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokoknya. Oleh karena itu, sebagian besar tanaman pangan yang ditanam di Indonesia adalah padi. Daerah lumbung padi di Indonesia sebagian besar adalah di pulau Jawa, Bali dan Sumatra. Walaupun sebagian besar beras diekspor dari negara lain, tetapi ketiga pulau inilah yang menyumbang konsumsi beras nasional. Selain padi, makanan pokok lainnya adalah sagu, singkong, jagung serta ubi.

Tanaman pangan yang sering ditemui sehari-hari dan ditanam di pekarangan rumah adalah sayur-sayuran dan buah-buahan, yang dapat diolah menjadi masakan. Ada juga beberapa tanaman dapat langsung dimakan tanpa harus dimasak. Di Jawa Barat, sebagian besar masyarakatnya biasa memakan sayuran mentah yang dijadikan lalapan dan sebagian besar dari sayuran tersebut diambil dari kebun mereka sendiri. Jenis tanaman pangan lainnya adalah tanaman yang dapat diolah menjadi makanan lain atau jenis holtikultura. Salah satu contoh jenis tanaman ini adalah kedelai. Kedelai dapat diolah menjadi tempe, tahu, susu dan makanan lainnya. Tanaman holtikultura juga merupakan bagian dari pertanian yang memiliki peranan penting bagi dunia industri di Indonesia.

Tanaman holtikultura menjadi bahan baku pokok untuk berbagai produk makanan, baik yang diawetkan/instan atau makanan lainnya. Selain itu, holtikultura juga mendatangkan devisa bagi negara yaitu sebagai komoditas ekspor. Sayangnya, dunia pertanian pangan di Indonesia saat ini sedang mengalami kemunduran. Hal ini disebabkan karena pemerintah tidak bersunggunh-sungguh untuk mengembangkan pertanian pangan di Indonesia. Salah satu contohnya, pemerintah kurang serius untuk mengembangkan berbagai bibit tanaman unggul seperti yang difokuskan pada jaman Orde Baru ketika Indonesia terkenal jaya sebagai negara swasembada pangan yang menjadi contoh bagi negara-negara lainnya terutama negara tetangga.


2 responses to “Jenis Tanaman Pangan di Indonesia”

  1. stianita says:

    Dapat ditambahkan contoh jenis tanaman pangan yang dapat langsung dimakan

  2. berlindis says:

    trimakasih untuk masukannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php