Tips Mempertahankan SDM Terbaik dalam Perusahaan

Salah satu kerugian yang cukup besar dalam perusahaan adalah saat SDM terbaik memutuskan untuk mengundurkan diri. Hal tersebut hanya akan menyebabkan Anda mencari karyawan baru. Oleh karena itu, akan lebih baik jika menerapkan beberapa tips mempertahankan SDM.

Berbagai Tips Mempertahankan SDM

Saat sumber daya manusia yang ada di perusahaan keluar, tentu saja Anda belum tentu dapat memperoleh karyawan dengan kualitas sama. Bahkan, hal tersebut dapat memancing karyawan yang lainnya untuk ikut serta dalam proses pengunduran diri. Untuk itu, ketahui beberapa tips dalam mempertahankannya berikut:

  • Komunikasi Transparan

Perlu diketahui bahwa komunikasi yang dilakukan dengan tidak transparan hanya akan menyebabkan ketidaknyamanan tersendiri bagi karyawan. Padahal, setiap karyawan memiliki hak untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan dan hal lain yang diperlukan.

Karyawan tersebut juga perlu mengetahui tentang bagaimana performa mereka. Hal ini dilakukan agar dapat mengevaluasi kinerja kedepannya. Jika tidak, maka bukan tidak mungkin mereka mendapatkan kepercayaan diri yang jauh lebih rendah.

  • Lingkungan Kerja Menyenangkan

Cara pengembangan SDM selanjutnya, dapat dilakukan dengan menyiapkan lingkungan kerja menyenangkan. Lingkungan pekerjaan ini sendiri merupakan salah satu faktor yang dapat menjadi penentu betah atau tidaknya seorang karyawan tersebut bekerja.

Jika lingkungan kerja yang ada hanya mengakibatkan stres dan penuh tekanan tentu hal ini juga tidak baik. Lingkungan juga akan memberikan pengaruh terhadap kondisi kesehatan mental karyawan. Jika tidak baik, maka tentu sulit bagi mereka menikmati pekerjaan.

  • Berikan Fasilitas Pendukung

Dengan adanya fasilitas yang mendukung, tentu akan membuat sumber daya manusia dalam perusahaan Anda menjadi lebih semangat bekerja. Terlebih, ada banyak fasilitas yang tentu akan digunakan karyawan nantinya. Contohnya seperti koneksi internet yang baik.

Diperlukan juga perangkat lunak yang dapat memudahkan aktivitas operasional. Dengan begitu, produktivitas karyawan akan jauh lebih meningkat. Jika perlu, sediakan juga ruangan khusus yang dapat dimanfaatkan untuk beristirahat bagi karyawan.

Itu tadi merupakan tips mempertahankan SDM yang dapat diketahui. Dengan adanya upaya mempertahankan sumber daya tersebut, tentu jumlah karyawan yang mengundurkan diri dapat ditekan. Anda tentu tidak perlu susah payah untuk merekrut karyawan baru.

sumber informasi bettermind.id.

This entry was posted in Informasi. Bookmark the permalink.