Oceanologic

Nah Loh..

Posted: May 28th 2013

UMUR KEMATIAN MANUSIA TERNYATA DAPAT TERLIHAT LEWAT TES DNA

“Ilmuwan saat ini telah menemukan cara untuk memperkirakan berapa lama umur seseorang lewat pengukuran gen ketika orang tersebut masih bayi

Jangka hidup orang tercetak pada DNA dan dapat dilihat sejak hari kelahiran orang tersebut. Semuanya bergantung pada telomere, yaitu zat yang melindungi kromosom dari kerusakan. Semakin panjang telomere yang terdapat pada DNA, berarti jangka hidup yang lebih panjang. Hal tersebut tentu saja berupa prediksi relatif, dan tidak memasukkan kematian mendadak akibat penyakit atau faktor gaya hidup.

Kini telah ditemukan pula sejenis enzim yang dapat meremajakan kembali sel-sel tubuh yaitu enzim telomerase. Enzim telomerase berfungsi melindungi telomere dan mengurangi kerusakan DNA yang diyakini memberi kontribusi pada proses penuaan . Namun seiring dengan bertambahnya umur, produksi telomerase pada sel-sel semakin menurun, telomere juga memendek sehingga gagal melindungi DNA dari kerusakan.

Ada lagi nih info tentang penuaan. Berdasarkan penelitian laboratorium, sel dengan telomere yang terlalu pendek akan berhenti membelah diri, kemudian memasuki tahap “jompo” (senesence) atau mengalami kematian apoptosis. Diperkirakan hal semacam ini juga terjadi pada tubuh manusia, di mana sel-sel yang sudah terlalu pendek telomerenya berhenti memperbarui diri, sehingga manusia mengalami penuaan. Penuaan pada manusia salah satunya disebabkan oleh memendeknya telomere, namun hal ini bukan merupakan sebab satu-satunya pada mekanisme penuaan.

Yang sudah pernah ikut kuliah umum dari F.G. Winarno yang merupakan bapak teknologi pangan Indonesia pasti sudah mengetahui kalau telomere bisa menentukan umur kita. Beliau juga mengatakan bahwa telomere kita dapat diperpanjang loh. Caranya yaitu dengan merasakan banyak cinta dan kebahagiaan. So, carilah cinta sebanyak-banyaknya.

note: bukan pacar yang dicari sebanyak-banyaknya loh, bisa teman dan keluarga.. 😀


2 responses to “Nah Loh..”

  1. gaviota says:

    Carilah cinta sebanyak-banyaknya suapaya muda. Banyak nonton Acara komedi juga membantu nih.

  2. astri says:

    kira-kira umur saya berapa ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php