Mengenal Game Minecraft dan Alur Permainannya

Siapa sih disini yang belum tahu game online yang satu ini? Pasti gamers sudah pada tahu semua kan? Ya, game minecraft merupakan sebuah game asah otak dengan permainannya menyusun sebuah blok-blok lego untuk mendapatkan achievement secara khusus. Game minecraft menjadi salah satu jenis game terlaris, karena telah dimainkan lebih dari 180 juta pemain.

Yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini untuk mengenal game minecraft dan jalan ceritanya!

Mengenal Game Minecraft

Minecraft merupakan sebuah permainan sandbox yang dikembangkan oleh Mojang Studios yang berasal dari Swedia Markus pada tahun 2009. Kemudian pada awal tahun 2014, game ini dibeli oleh Microsoft karena merupakan video permainan terlaris sepanjang masa. Game ini terjual lebih dari 200 juta platform  java dan diunduh sebanyak 400 juta oleh platform china.

Game minecraft ini sangat terkenal dengan memenangkan banyak penghargaan. Selain itu juga game ini digambarkan sebagai salah satu game terhebat sepanjang masa. Hebatnya lagi, game ini dipopulerkan dan digunakan di lingkungan pendidikan terutama pada bidang komputer dan perangkat keras lainnya.

Alur dan Jalan Cerita Game Minecraft

Minecraft ini mempunyai tujuan khusus dan jelas untuk dicapai oleh pemain.  Game ini mempunyai sistem achievement  dengan menggunakan perspektif orang pertama sebagai pemain default. Tetapi pemain tersebut juga dapat menggantikan sebagai perspektif menjadi pemain ketiga. Dalam permainan mempunyai 33 dimensi yang melambangkan berbagai bahan baku utama, seperti batu, kayu, tanah, dan air.

Map seed dalam dunia permainan ini didapatkan secara otomatis dari sistem komputer atau juga bisa dimasukkan secara manual oleh pemain.

Game minecraft ini memungkinkan dunia permainan yang besar yang dihasilkan pada bidang horizontal. Akan tetapi, akan terjadi permasalahan teknis jika lokasi tidak dapat dideteksi Karena sangat jauh untuk tercapai. Game ini mempunyai fitur chunk, dimana pemain harus memisahkan data menjadi beberapa bagian menjadi dunia permainan yang lebih kecil. Setiap chunk ini mempunyai ukuran 1 x 1 x 1 blok.

Selanjutnya pemain baru akan bertemu dengan berbagai karakter tanpa pemain (NPC). Biasanya NPC ini disebut dengan mobs, seperti hewan, villagers, dan hostile mobs.  Passive mobs terdiri dari sapi, kambing, ayam, kelinci, dan babi yang dapat diburu untuk digunakan sebagai bahan crafting. Sedangkan hostile mobs merupakan mobs yang berbahaya seperti zombie, spider, creeper, and enderman yang muncul pada malam hari.

Terdapat 3 jenis dunia dalam permainan game minecraft yaitu sebagai berikut :

1. Overworld

Dimana pemain ini harus berpetualang dan bertahan hidup pada awal mula bermain.

2. Nether

Dunia ini disebut juga dengan dunia neraka minecraft.

3. The End

Tempat ini dimana ender dragon berada. Setelah mengalahkan ender dragon, pemain bisa kembali lagi ke alam semesta yang ditumbuhi dengan berbagai macam tanaman, seperti chorus dan end ship. End ship ini tempat dimana pemain dapat mendapatkan elytra yang dapat digunakan untuk terbang.

Game Minecraft ini mempunyai 5 mode permainan dengan 4 tingkat kesulitan yang dapat diubah sesuai keinginan. 5 alur mode permainan minecraft ini yaitu sebagai berikut :

1. Mode Bertahan Hidup

Cara mengenal game minecraft yang pertama dengan bermain menggunakan mode bertahan hidup. Pada mode ini, pemain diharuskan mencari bahan pokok pangan dan sumber daya alam seperti kayu dan batu yang digunakan untuk membuat barang tertentu yang digunakan sebagai tempat bertahan hidup.  Pemain juga mempunyai bilah rasa lapar, dimana pemain diharuskan untuk makan makanan dalam setiap permainan, kecuali pada saat mode damai. Jika bilah kelaparan ini habis, kesehatan pemain akan berkurang secara perlahan-lahan.

Selain itu, pemain juga dapat membuat baju pelindung yang dapat mengurangi efek dari serangan musuh. pemain juga dapat membuat senjata untuk bertahan dari monster, seperti kapak, beliung, dan cangkul yang dapat digunakan untuk menambang. Hasil tambang  tersebut yang berupa zamrud kemudian ditukarkan dengan barang lainnya, seperti makanan, blok, atau peralatan.

Singkatnya mode bertahan hidup merupakan sebuah mode dimana pemain diharuskan untuk bertahan hidup dan menjaga diri dari monster yang keluar pada saat malam hari.

2. Mode Kreatif

Pada mode ini,  pemain mempunyai nyawa, daya, dan pengalaman yang tak terhingga. Untuk mode ini, apabila pemain diserang monster, maka pemain bisa menyerang balik dan semua blok dapat dihancurkan dalam sekali pukulan.

Akan tetapi, pada mode ini blok persediaan hanya sedikit. Disini pemain dibebaskan untuk membuat suatu kreasi  yang tidak masuk akal untuk menghilangkan rasa bosan.

3. Mode Petualangan

Pada mode ini pemain hanya dapat menghancurkan blok. Misalnya beliung tidak dapat digunakan untuk menghancurkan kayu, kapak tidak dapat digunakan untuk menghancurkan tanah, dan sekop tidak dapat menghancurkan batu-batuan.

4. Mode Hardcore

Cara mengenal game minecraft yang selanjutnya yaitu dengan bermain menggunakan mode hardcore. Mode ini merupakan mode survival dengan kesulitan yang tinggi dengan memiliki satu nyawa saja. Ketika pemain mati dalam game akan muncul peringatan dan tulisan ‘delete world’ yang memungkinkan pemain akan masuk ke mode penonton untuk melihat dunianya.

5. Mode Spector

Pada mode ini pemain memungkinkan bisa terbang dengan blok dan dapat berinteraksi langsung dengan penonton permainan. Pemain dalam mode ini tidak mempunyai inventaris, tetapi dapat berkomunikasi dengan pemain lain. 

Itulah tadi pembahasan mengenai game minecraft dan alur jalan ceritanya. Anda dapat mendownload game ini di Android maupun PC. Jangan lupa untuk kunjungi wasiat4d

Game minecraft ini dapat disimpulkan seperti kehidupan manusia sehari-harinya, mulai bertahan hidup dengan cara mencari makanan sampai bekerja agar dapat menukarkan barang yang diperlukan.

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.