Tips Jitu Pasang USB Charger HP di Sepeda Motor

Saat ini Handphone sudah bisa dibilang menjadi kebutuhan pokok dari sebagian besar orang. Hampir di manapun kita pergi kita selalu membawa gadget yang satu ini. Handphone tidak hanya berguna sebagai alat berkomunikasi saja, sekarang Hp sudah berevolusi menjadi Smartphone. Beragam jenis hiburan, pekerjaan, dan kebutuhan tersedia di dalamnya. 

Sebagian orang pasti akan kesal kalau batre hp kita habis pas lagi dalam perjalanan. Kalau kita membawa powerbank atau pun menemukan sumber listrik hal seperti ini masih bisa diatasi. Namun jika kita tidak dalam kondisi seberuntung itu semisal lupa bawa powerbank atau tidak menemukan sumber listrik, hal tersebut membuat kita bingung.

Nah karena hal tersebut kita bisa membuat solusi dengan cara pasang usb charger hp di sepeda motor. Dengan ini kita bisa mencharger dimanapun saat kita bepergian dengan sepeda motor. Untuk membuatnya pun cukup mudah sebenarnya, bahan-bahan dan alat yang digunakan juga mudah di temukan ke toko elektronik. 

Namun sebelum membuatnya ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Sebenarnya aki motor adalah powerbank cadangan yang bisa kita gunakan untuk berbagai keperluan elektronik. Pada dasarnya di kendaraan aki berfungsi sebagai sumber listrik untuk starter, speedometer dan lampu dan sebagainya.

Lalu bisakah kita merubah aki menjadi sumber batre hp kita? Tentu dengan tambahan beberapa rangkaian tambahan itu bisa dilakukan.

Beberapa motor keluaran terbaru saat ini menyediakan fitur usb charger pada produk motor mereka ini sangat berguna sekali bagi para ojek online contohnya. Tetapi ada yang perlu diperhatikan untuk melakukan pemasangan USB charger pada motor berikut :

1. Anda harus memperhatikan isu bahwa pemasangan usb charger akan menghanguskan garansi kelistrikan motor  adalah tidak benar alias hoax. Akan tetapi pemasangan usb charger dapat merusak sistem kelistrikan motor atau mengupas kabel pada motor, maka sama saja akan menghanguskan garansi motor Anda.

2. Lebih baik lakukan pemasangan yang aman seperti di toko atau bengkel spesialis kelistrikan. Untuk biaya pemasangan USB charger termasuk murah yaitu sekitar Rp 150.000 atau kamu mau memasangnya sendiri. Bisa, caranya untuk usb changer Anda bisa membelinya di e-commerce atau di bengkel aksesoris terdekat. Lalu pasang dari usb charger kabel kutub negatif(-) ke aki begitu juga sebaliknya dengan kutub positif(+) sambungkan melalui sekring 10 ampere. 

Pasangkan saklar dengan holder yang sudah satu paket dengan USB changer yang dibeli. Pasang di area yang diinginkan kebanyakan ada di stang motor. Terakhir pastikan saklar pada posisi On untuk menghubungkan USB charger ke HP.

3. Aturan dasar pemasangan USB charger. Perlu kita perhatikan sebelum pemasangan USB charger, pastikan alat charger  terhubung mengikuti kunci kontak. Nantinya HP digunakan untuk charging pada saat kunci kontak On dan pada saat kunci dalam keadaan Off maka alat charge akan mati. Agar tidak terjadi konsleting listrik, pastikan kabel USB terhubung ke aki dengan bantuan sekring.

Namun bagaimana jika motor kita tidak menyediakan fitur USB charger, tenang kita masih bisa memasang alat tambahan dan kita juga bisa membuat sendiri.

Memasangkan alat tambahan :

  1. Kita beli terlebih dahulu perangkat tambahan fitur USB Charger HP di situs online ataupun toko elektronik.
  2. Lalu sambungkan alat tersebut ke aki motor
  3. Pastikan kutub positif kabel dihubungkan dengan kutub positif dari aki, sebaliknya kutub negatif aki dihubungkan ke kutub negatif kabel.
  4. Pasangkan saklar pada stang motor atau area yang kita inginkan, menggunakan holder, biasanya sudah jadi satu paket dengan USB.
  5. Yang terakhir tekan saklar ke dalam posisis ON setelah itu hubungkan kabel USB ke Smartphone.

Membuat Charger Hp di Motor :

Berikut telah kami rangkumkan langkah-langkah membuat USB Charger HP di sepeda motor, yaitu :

1. Kita kumpulkan terlebih dahulu bahan-bahannya

  1. USB
  2. Saklar
  3. Kabel
  4. Box
  5. Sekring
  6. IC 7812 dan 7805
  7. PCB Matrik
  8. Kapasitor elco 2200uf/16V dan 220uf/16V

Langkah-langkahnya :

  1. Pertama siapkan solder dengan tenolnya dan semua bahan di atas.  Kita tata bahan di PCB lalu di rangkaian seperti gambar di bawah ini.
  2. Kemudian solder semua rangkain dengan rapi.
  3. Setelah itu kita pasang saklar kabel in, sekring dan USB di kabel out.
  4. Harus diperhatikan ada 4 kaki bawah pada kabel USB. Kaki kanan adalah positif (+) dan kaki kiri adalah negatif(-), sedangkan kedua kaki tengah yang lainnya tidak digunakan.
  5. Yang terakhir supaya rapi rangkaian kita masukan ke dalam box.

Demikian pembahasan kali ini tentang beberapa tips jitu pasang USB Charger HP di sepeda motor. Semoga ulasan artikel ini menarik dan bermanfaat.

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.