Alexander bagaskara

Data, Knowledge and Decision Support

Posted: December 6th 2012

Data, Knowledge and Decision Support

 

Disini akan di bahas adalah cara proses pengambilan keputusan dan bagaimana dukungan dari IT, serta berbagai tipe pendukung keputusan DSS,EIS, dan GDSS.

PERTAMA

Pengambilan keputusan adalah dimana peran interpersonal dan mengambil keputusan untuk menangani masalah dan mengalokasi kan sumber daya. Sedangkan

Tiype pendukungnya dan bagai mana kita mendapatkan data, data adalah sumber yang kita perlukan untuk permasalah yang memerlukan data. Yaitu :

Internal adalah data yang bersumber pada orang yang bersangkutan atau jelasnya denag bersumber pada yangbersangkutan

Personal adalah peran sumber data yang berada pada orang tersebut dan masing “ orang yang terlibat dalam permasalahan tersebut

External adalah sumber data yang bersumber pada keadaan luar atau keadaan pada saat itu data yang bersumber dari luar permasalahan tersebut namun bias menjadi data dan dapat membantu untuk menyelesaikan peremasalahan yang ada.

Yang kedua adalah teknik pengumpulan data. Yaitu dengan mengumpulkan data pada data yang ada . seperti ini unsur-unsurnya:

Secara manual adalah dengan cara kita memanfaatkan data yang ada dan tidak dengan perantara orang lain.

Dengan sensor dan peralatan adalah metode yang di gunakan peralatan dan sensor yang ada untuk membantu mengumpulkan data.

Namun di sini kita juga harus bias mengetahui kualitas data yang di kumpulkan, data yang di kumpulkan harus berkualitas dan bermanfaat untuk membantu kita.kualitas itu menentukan kita untuk membantu dalam mengambil keputusan. Dan data tersebut harus aman, akurat, konsisten dan relevan.

Tiype” pendukungnya adalah seperti DSS Keputusan tak terstruktur adalah keputusan yang penanganannya rumit, karena tidak terjadi berulang-ulang atau tidak selalu terjadi.

Intinya adalah haru tau baetul permasalahannya dan dapat mengumpulkan data yang akurat dan mengumpulkannya,serta dapat mengambil kesimpulan untuk suatu data yang di dapat.

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php