diwabaswara

Implementing IT: Ethics, Impacts, and Security ( Pertemuan 13 )

Posted: December 18th 2012

18 Desember 2012

 

Etika dan dampaknya… serta cara pengamanannya… kali ini dampak dan pengamanannya

Memang IT itu menyenangkan …. berkat IT, anda bisa mengetahui informasi lebih cepat… anda bisa terkoneksi dengan siapa saja, dimana saja dan kapan saja… anda bisa melakukan apa saja. Anda seperti bebas melakukan sesuai selera anda…

Tapi semua itu berubah ketika negara api menyerang…. karena IT itu bebas yang sebebas-bebasnya, maka tidak hanya anda saja yang bebas, orang lain di seluruh dunia  juga bebas seerti anda. Kebebasan mereka sama seperti anda, termasuk bebas untuk mendapatkan “kebebasan” anda. Anda bisa mendapatkan informasi atau data tentang mereka / mereka bisa mendapatkan informasi dan data tentang anda. Dan hal seperti yang sedang terjadi saat.

Jadi IT sekarang bisa digunakan sebagai alat perang, alat untuk mendapatkan senjata perang, alat untuk kebaikan maupun kejahatan. Dan semua itu tergantung dari pemakainya, apakah ikut bagian baik / buruknya IT.

Untuk proteksinya, bisa dilakukan pemberian pengamanan fisik dan nonfisik. Tetapi bukan berarti ancaman dari luar tidak bisa menyerang anda…..  IT akan selalu update setiap saat, begitu juga ancaman-ancaman dari luar, meraka juga akan selalu update dengan cepat. Karena itu, anda juga harus bisa update setiap saat jika anda tidak ingin ancaman dari luar datang menghampiri anda…..

 

sekian…


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php