Teknologi Luar Angkasa

Teknologi Luar Angkasa

Di  teknologi di era komunikasi saat ini telah menembus batas dimana setiap orang dapat berkomunikasi satu sama lain di seluruh penjuru dunia. Perkembangan ini adalah proses kemajuan teknologi yang selalu dikembangkan oleh umat manusia dari zaman ke zaman. Hasil akumulasi kemajuan teknologi inilah yang mengantar kecanggihan perkembangan teknologi komunikasi saat ini. Salah satu hal yang perlu kita sorot atas kemajuan teknologi komunikasi saat ini adalah peran satelit sebagai media pemancar gelombang komunikasi di Bumi.

Satelit adalah sebuah teknologi media yang diluncurkan di orbit Bumi yang digunakan untuk membantu khidupan manusia pada berbagai hal tertentu seperti memantau letak geografis di bumi, pertahanan dan keamanan, dan telekomunikasi. Satelit pertama kali diluncurkan pertama kali untuk memantau bentuk permukaan Bumi serta melihat kondisi permukaan Bumi dari luar angkasa.

Pada perkembangannya, satelit digunakan di berbagai macam kebutuhan yang telah disebutkan sebelumnya. Saat ini satelit sangat berperan dalam penerapan di bidang komunikasi. Contohnya, kita dapat melakukan telecoverence dengan menggunakan media satelit.

Komunikasi satelit memiliki kekuatan yang besar dan cakupan yang luas dan mencakup seluruh permukaan di Bumi. Komunikasi satelit memfasilitasi segala bentuk komunikasi yang ada di Bumi. Mulai dari personal hingga yang bersifat umum.

Kita dapat menelpon teman kita dan mengakses internet yang juga didukung oleh teknologi komunikasi satelit. Disamping itu Pemerintah pun menggunakan media komunikasi satelit untuk melakukan diplomasi dengan negara lain dengan salah satu media komunikasi satelit yaitu telecoverance yang telah disebutkan sebelumnya.

Komunikasi satelit memiliki perananan penting dalam memanikan perkembangan teknologi saat ini. Contohnya adalah penggunaan internet yang merupakan salah satu bagian besar teknologi komunikasi yang diguakan oleh seluruh lapisan masyarakat untuk melakukan komunikasi dengan sesamanya. Satelit diluncurkan diorbit terendah Bumi dan memberikan cangkupan global sementara untuk memancarakan sinyal ke semua penjuru media komunikasi seperti Internet.

Selain internet, satelit juga mampu memancarakan sinyal ke gerbang-gerbang pemancar sinyal komunikasi atau BTS (base transceiver station) yang ada di Bumi. Selain itu secara penggunaan personal, satelit dapat memancarkan sinyal ke mobil dalam penggunaan GPS atau global potitioning system untuk membantu pengguna transportasi melacak tujuan yang hendak dicapainya.

Dalam penyebaran arus informasi dan komunikasi pun komunikasi satelit memegang peranan terbesar dalam mendukung penggunaan internet diseluruh penjuru dunia. Paling tidak ada beberapa dukungan pengunaan satelit dalam membantu proses menjalankan internet. Pertama, satelit dapat memancarkan sinyalnya langsung ke sebuah cakupan lokasi tertentu melalui statiun pengendali atau BTS maupun langsung ke pengguna internet itu sendiri dalam wilayah yang dicakup oleh satelit tersebut.

Kedua, satelit dapat memebesarkan cangkupan wilayah penyebaranya melalui sistem komunikasi darat melalui BTS dan dihubungkan ke jaringan-jaringan kabel untuk disebarkan ke seluruh penjuru dunia melalui jalur darat dan laut. Ketiga, satelit dapat memancarkan pancaran  sinyalnya ke sesama satelit yang ada sehingga cangkupan wilayah dari satelit dapat menjadi semakin luas.

Selain itu Indonesia sendiri pun juga mempunyai sebuah satelit yang mendukung teknologi komunikasi yang meiliki peranan yang sama dalam dunia komunikasi seperti yang telah dipaparkan diatas. Satelit tersebut dinamakan satelit Palapa.

Satelit Palapa A1 diluncurkan pertama kali tahun 1976 yang merupakan satelit geostationer yang sering digunakan oleh BMKG (badan meteorologi, klimatologi dan geofisika) untuk memantau iklim dan cuaca di Indonesia. Kemudia pada tahun 2005 Telkom meluncurkan Palapa B4 dan juga pada tahun 2011 Satelindo Indosat meluncurkan Palapa C1 untuk keperluan teknologi informasi dan komunikasi.

Kebutuhan manusia untuk berkomunikasi satu sama lain sangat terbantu dengan adanya komunikasi satelit saat ini. Bentuk komunikasi itupun beragam mulai dari mengakses internet maupun dalam penggunaan GPS untuk membantu kemudahan untuk sampai ditempat tujuan. Teknologi ini pun pada perkembanganya tidak dapat terpisah dari kehidupan manusia.

Contohnya saja, seorang presiden yang ingin menghubungi presiden lain dinegara yang berbeda akan lebih memilih menggunakan media telecoverence untuk melakukan perbincangan ataupun diplomasi mengenai kepentingan tertentu dibandingkan dengan menggunakan surat-menyurat.

Di Indonesia sendiri penggunaan komunikasi satelit dapat menjadi penanda status seseorang. Dengan adanya kebudayaan yang mengacu pada perkembangan teknologi yang ada. Misalnya saja, seseorang yang dapat bermain game idn poker dan memiliki mobil dengan fasilitas GPS dilihat lebih tinggi statusnya dibandingkan dengan seseorang yang memiliki mobil tanpa GPS.

Apabila kita tinjau lebih dalam, penggunaan GPS tak terlalu memainkan peran yang besar apabila kita mengetahui kondisi jalanan yang sering kita lewati dan tujuan yang ingin kita tuju sekedar untuk menghindari macaet di jalanan perkotaan. Dengan demikian sebetulnya penggunaan GPS tidak terlalu penting dalam kondisi tertentu.

Penggunaan satelit dalam dunia komunikasi sangatlah memainkan peranan penting dalam perkembangan teknologi komunikasi saat ini. Perkembangan ini pun telah melampaui pemikiran orang-orang masa lalu yang mengimpikan untuk menggunakan media luar angkasa sebagai media untuk memainkan teknologi dalam membantu kebutuhan manusia sehari-hari.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.