ayu shanty hapsary

Jelesveva Jayamahe !

Posted: February 29th 2016

Ada yang tahu istilah Jelesveva Jayamahe ?? slogan ini bermakna “Dilaut malah Kita Berjaya”. Mari kita lihat kondisi Indonesia, Negara Kepulauan yang memiliki daerah perairan yang luas. Salah satu pilihan dari sumber daya alam yang dimiliki oleh bangsa Indonesia adalah sumber daya alam perikanan laut. Hal ini sangat beralasan karena secara geografis Negara Indonesia adalah Negara maritime yang beriklim tropis yang mempunyai potensi sumber daya perikanan yang sangat besar. Potensi perikanan laut dengan garis pantai teroanjang nomor dua di dunia, pesisir Indonesia juga menyediakan lahan untuk budidaya yang cukup luas, yaitu sekitar 830.000 ha. Sampai tahun 1995, potensi lahan tersebut baru dimanfaatkan sekitar 300.000 ha.

Potensi sumber daya perikanan laut Indonesia adalah sejumlah 6,18 ton pertahun, yang terdiri dari potensi ikan pelagis sejumlah 975,05 ribu ton, ikan pelagis kecil 3,23 ton, ikan damersal 1,78 ribu ton, ikan karang konsumsi 75 ribu ton, udang penaid 74 ribu ton, lobster 48 ribu ton dan cumi – cumi 28,85 ribu ton. Salah satu ikan yang banyak dijumpai adalah ikan tuna. Ikan tuna begitu banyak dijumpai di daerah Indonesia, tidak hanya satu daerah tapi semua daerah di Indonesia terdapat ikan jenis ini. Dengan banyaknya ikan tuna tersebut menyebabkan tingginya hasil produksi ikan tuna.

Jenis tuna menyebar luas di seluruh perairan tropis dan subtropics. Penyebaran jenis tuna tidak dipengaruhi oleh perbedaan garis bujur tetapidipengaruhi oleh garis lintang. Khususnya di Indonesia tuna hampir didapatkan menyebar di seluruh perairan Indonesia. Di Indonesia bagian barat meliputi Samudra Hindia, sepanjang pantai utara dan timur Aceh, pantai barat Sumatra, selatan Jawa, Bali dan Nusa Tenggara. Di perairan Indonesia bagian timur meliputi Laut Banda Flores, Halmahera, Maluku, Sulawesi, perairan Pasifik di sebelah utara Irian Jaya dan Selat Makassar.

Gambar 1. Aktivitas pemanenan ikan tuna

Gambar 1. Aktivitas pemanenan ikan tuna

Tuna adalah ikan lautyang terdiri dari beberapa spesies dari family Scombridae, terutama genus Thunnus. Ikan ini adalah perenang handal. Tidak seperti kebanyakan ikan yang memiliki daging berwarna putih, daging tuna berwarna merah muda samoai merah tua. hal ini karena otot tuna lebih banyak mengandung myoglobin daripada ikan lainnya. Beberapa spesies tuna yang lebih besar seperti tuna sirip biru Thunnus thynnus, daoat menaikkan suhu darahnya di atas suhu air dengan aktivitas ototnya. Hal ini menyebabkan mereka dapat hidup di air yang lebih dingin dan dapat bertahan dalam kondisi yang beragam. Kebanyakan bertubuh besar, tuna adalah ikan yang memiliki nilai komersial tinggi.

Menurut Saanin (1984), klasifikasi ikan Tuna adalah sebagai berikut :

Kingdom         : Animalia

Filum               : Chordata

Kelas               : Actinopterygii

Ordo                : Perciformes

Famili              : Scombridae

Genus              : Thunnus

Tuna merupakan ikan omersial dan merupakan komoditas perikanan tangkap yang penting. Ikan tuna merupakan ikan konsumsi yang mempunyai nilai komersial yang tinggi karena ikan tuna merupakan jenis ikan dengan kandungan protein yang sangat tinggi namun memiliki kandungan lemak yang rendah. Tuna mengandung protein berkisar antara 22,6 – 26,2g/100g daging. Lemak antara 0,2 – 2,7 g/100g daging. Selain itu tuna mengandung mineral kalsium, fosfor, besi dan sodium, vitamin A, dan vitamin B.

Gambar 2. Thunnus thunnus.

Gambar 2. Thunnus thunnus.

Ikan tuna memiliki nilai jual yang sangat tinggi dan termasuk jenis ikan yang paling banyak dicari dan dicuri dari perairan Indonesia, disebabkan karena rasanya yang lezat. Jenis – jenis ikan tuna selain dijadikan sebgai bahan konsumsi juga dapat digunakan sebagai sarana olahraga memancing. Jenis – jenis ikan tuna yang biasa menjadi target olahraga memancing adalah madidihang, tuna mata besar, tuna – tuna sirip biru dan tatihu, albakor dan cakalang.

Sumber daya ikan merupakan sumberdaya yang dapat pulih kembali renewable resource. Berarti bahwa pengurangan jumlah individu dalam suatu populasi akibat kematian alamiah maupun kematian karena penangkapan, akan tetap dapat pulih kembali mencapai titik keseimbangan tertentu sesuai dengan daya dukung perairan. Hal tersebut dapat terjadi bila pengurangan tersebut seimbang dengan penambahan populasi. Pengelolaan sumberdaya perikanan diharapkan dapat memberikan manfaat yang sebesar – besarnya bagi masyarakat nelayan. Namun tetap harus memperhatikan keberlanjutan sumberdaya.

Sumberdaya perikanan laut pada hakekatnya merupakan sumberdaya milik bersama, sifat pemilikan demikian menyebabkan tidak seorangpun mempunyai hak khusus untuk memiliki sendiri atau mencegah orang lain mengushakan sumberdaya tersebut. Bila kegiatan penangkapan ikan tidak dibatasi oleh pemerintah maka setiap nelayan bebas untuk ikut serta maupun berhenti melakukan penangkapan ikan, dan terdapat kecenderungan pada nelayan untuk menangkap ikan sebanyak mungkin agar tidak didahului nelayan lainnya.

Karena ikan tuna menjadi tangkapan utama bagi para nelayan menyebabkan terjadinya overfishing dan penurunan jumlah ikan di perairan. Seperti yang dilagsir dalam antaranews (2014) dimana pada wilayah pengelolaan perikanan Indonesia status tingkat eksploitasu jenis tuna albakor, madidihang, tuna mata besar dan tuna sirip biru terseksploitasi enuh hingga berlebih. Sumber daya ikan arus dimanfaatkan secararasional, salah satu cara untuk menjaga kelestarian sumber daya ikan dilakukan dengan pengendalian usaha perikanan melalui perizinan. Permasalahannya adalah sejauh mana penerapan erizinan dapat berfungsi menjaga kelestarian sumber daya ikan dan membina usaha perikanan serta memberikan kepastian usaha perikanan. Untuk itu menteri kelautan dan perikanan mengatakan bahwa butuh kerjasama dengan berbagai pihak untuk mengatasinya. Salah satu pihak yang memiliki peran cukup sentral adalah pemerintah sebagai stake holder, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php