ayu shanty hapsary

Evolution in Changing Environment

Posted: August 30th 2015

Di jaman ilmu Sains yang telah maju ini kita sering mendengar istilah ‘EVOLUSI’ namun kebanyakan orang awam kesulitan untuk mendefinisikan dengan tepat apa yang dimaksut dengan ‘EVOLUSI’. Salah satu penyebab kesulitan untuk memahami ‘EVOLUSI’ adalah disebabkan oleh sebagian ilmuwan yang tidak mampu untuk berkomunikasi secara efektif kepada masyarakat awam. Hal ini diperburuk juga oleh adanya kontroversi di kalangan ilmuwan sendiri dalam mendefinisikan istilah penting tersebut.

Evolusi memiliki dimensi tersendiri dalam ruang dan waktu. Menurut Kimball (1983), teori evolusi menerangkan bahwa keragaman kehidupan semua spesies di muka bumi masa kini berasal dari nenek moyang bersama. Demikian pula dengan pendapat Herbert Spencer, ahli filsafat asal Inggris, bahwa konsep evolusi yang dimaksut adalah berkaitan dengan suatu perkembangan ciri atau sifat dari waktu ke waktu melalui perubahan yang bertingkat atau bertahap.

Dalam perkembangannya, evolusi semakin sering dikait – kaitkan dengan proses spesiasi. Spesiasi ini adalah suatu proses pembentukan satu atau lebih spesies turunan dari satu spesies nenek moyang. Perubahan spesies ini bergantung pada ada tidaknya variabilitas genetic pada individu – individu dalam spesies sehingga memungkinkan untuk berhasilnya proses reproduksi. Dengan kata lain, evolusi juga mampu menggambarkan suatu hubungan kekerabatan yang merupakan hasil dari rekonstruksi hubungan evolusi dari kelompok – kelompok organisme biologi. Evolusi juga dapat menampilkan suatu pola penyebaran secara geografik sehingga mampu menjadi salah satu bukti evolusi yang berasal dari penyebaran geografik dari populasi suatu spesies.

Dengan kondisi yang tepat dan waktu yang cukup lama, evolusi akan mengakibatkan kemunculan spesies baru. Menurut Ernst Mayr, seorang ahli Zoologi, spesies merupakan populasi alamiah yang dapat mengadakan reproduksi dan tidak mengadakan persilangan dengan populasi lain meskipun ada kesempatan untuk itu. Pada dasarnya, kesempatan yang jarang terjadi ini dapat berlangsung dengan sedikit perubahan, namun keturunan yang dihasilkan tidak begitu subur atau efisien.

Perubahan yang dialami oleh setiap makhluk hidup ini berlangsung secara perlahan – lahan dan dalam jangka waktu yang lama. Tidak jarang perubahan yang terjadi sedikit demi sedikit ini malah menghasilkan struktur yang menyimpang dari aslinya, dan akhirnya terbentuk spesies baru (terlepas banyak sedikitnya perubahan yang ditimbulkan). Hal – hal yang diketahui dapat mempengaruhi terbentuknya spesies baru antara lain domestikasi dan poliploidi yang termasuk di dalamya autopoliploidi dan allopoliploidi, serta mekanisme isolasi. Sebuah hubungan evolusi yang direkonstruksi dengan baik dapat digunakan sebagai landasan untuk melakukan penelitian-penelitian komparatif (comparative investigations), misalnya dalam bidang ekologi dan biogeografi (Hidayat & Pancoro, 2008).

Biogeografi adalah ilmu yang menjelaskan tentang distribusi spesies, dan taksa lebih tinggi di permukaan bumi. Biogeografi bertujuan untuk menjelaskan distribusi dari taksa lebih tinggi, di samping mereka spesies, dan proses jelas berbeda sering terdapat pada tingkat yang berbeda. Gerakan jangka pendek individu mempengaruhi distribusi populasi dan spesies, sedangkan gerakan yang lebih lambat bertindak sebagai proses geologi yang dapat mengontrol biogeografi taksa lebih tinggi.

Ketika biogeographers abad ke-19 melihat distribusi sejumlah besar spesies di dunia, mereka melihat bahwa spesies yang berbeda sering tinggal di daerah yang luas dan sama. Mereka menyarankan bahwa seharusnya ada skala besar wilayah fauna di bumi ini. Peta pertama dari daerah fauna ditarik untuk burung oleh ahli burung Philip Lutley Sclater Inggris (1829 – 1913), dan Alfred Russel Wallace di daerah Sclater. Bumi kemudian dibagi menjadi enam wilayah biogeografi utama. Daerah diskontinuitas antara wilayah Oriental dan Australia dikenal sebagai Garis Wallace.

dunia telah dibagi menjadi enam wilayah biogeografi utama, menurut kesamaan hewan mereka. Para diskontinuitas antara wilayah Oriental dan Australia dikenal sebagai garis Wallace.

Ada pola dalam distribusi spesies yang mungkin tidak dapat dijelaskan oleh faktor ekologis saja. Misalnya, faktor sejarah mungkin telah bekerja. Mungkin ada tempat di mana spesies ekologis bisa hadir, tetapi tidak hadir karena tidak pernah tiba yaitu, tidak pernah bermigrasi dan mendirikan sendiri. Tupai abu-abu misalnya tidak pernah mencapai pulau pulau dari daratan dan akibatnya tupai merah Inggris masih dapat ditemukan pada mereka.

Sebuah jangkauan spesies akan berubah jika anggota spesies bergerak dalam ruang, dimana prosesnya disebut dengan penyebaran. Hewan individu dan tanaman bergerak aktif dan pasif, melalui ruang baik dalam rangka untuk mencari daerah kosong dan sebagai respons terhadap perubahan lingkungan. Jika suatu spesies berasal dari satu daerah dan kemudian tersebar untuk mengisi distribusi yang ada. Tempat di mana ia berasal disebut pusat asal.

indeks kesamaan (%) untuk jenis mamalia dari berbagai daerah. Data dari Flessa et al (1979).

Usia geologi saat ini disebut Kuarter, mulai 2,5 juta tahun yang lalu. Selama 2,5 juta tahun, ada siklus yang terus-menerus meningkatkan dan menurunkan suhu. Keadaan dimana suhu lebih dingin adalah periode glasial, sedangkan waktu lebih hangat disebut periode interglacials. Perubahan iklim yang telah terjadi baru-baru ini cukup untuk rekaman fosil dalam beberapa kasus. Ketika cuaca berubah dingin, hewan cenderung untuk bermigrasi ke selatan dan pabrik rentang kontrak.

dua spesies kumbang. Fosil Diachila Arctica telah ditemukan dari 38 000 tahun yang lalu di Inggris dan gracilis Oodes dari 120 000 tahun yang lalu.

Faktor lain yang mempengaruhi distribusi geografis adalah adanya pergeseran benua. Benua telah bergerak di atas permukaan dunia melalui waktu geologi. Distribusi organisme antar benua yang jaraknya sangat jauh terpisah dipimpin oleh ahli biologi untuk menyarankan bahwa benua sendiri harus sudah pindah. Ini kemudian dikonfirmasi oleh ahli geologi, yang menemukan bahwa gerakan lempeng tektonik di kerak bumi menyebabkan adanya migrasi benua. Banyak biogeografis pengamatan dapat dijelaskan oleh pemekaran atau bertabrakan massa tanah.

Teori susun biotik adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan peristiwa yang terjadi ketika dua fauna yang sebelumnya terpisah datang ke dalam suatu kontak. Susunan biotik diketahui dari sejarah kehidupan. Yang paling terkenal adalah Great American Interchange, yang terjadi ketika Tanah Genting Panama modern muncul dari laut dan Selatan dan Amerika Utara benua terhubung kembali.

The Great American Interchange adalah salah satu studi kasus yang paling dramatis dalam sejarah biogeografi. The fauna mamalia Utara dan Amerika Selatan baru terhubung, oleh tanah genting sempit, dalam waktu kurang dari 3 juta tahun. Namun 50% dari genera mamalia di Selatan sekarang asal utara, dan hewan indah seperti tikus berukuran badak, bajing tanah raksasa, dan glyptodant berat lapis baja, entah bagaimana terlibat dalam penghancuran umum spesies selama interchange. Adanya peristiwa pertukaran itu sebagian karena persaingan yang sangat masuk akal: tapi untuk menunjukkan itu adalah tugas yang lebih tinggi. Kejadian yang terjadi ketika dua benua bertabrakan

jumlah dan persentase genus mamalia tanah di 9 juta tahun lalu di Amerika Utara dan Selatan. Perhatikan gelombang imigrasi setelah sekitar 3 juta tahun yang lalu. Dari Marshall et al (1982).

Awalnya, peningkatan jumlah genera di Amerika Utara dapat dilihat di berbagai jenis mamalia, yang menunjukkan mereka memiliki beberapa keuntungan umum. Salah satunya adalah bahwa Amerika Utara mamalia telah menjalani kehidupan yang lebih kompetitif, di benua yang lebih besar dengan lebih banyak spesies, dari mamalia selatan terisolasi. ‘Perlombaan senjata’ telah berpindah lebih lanjut di Utara. Hal ini diperdebatkan, ketika mamalia Amerika Utara menginvasi daerah Selatan mereka telah disiapkan oleh 50 juta tahun atau lebih menuntut lebih banyak persaingan. Mereka memiliki persenjataan canggih, mungkin tidak hanya dalam kecerdasan, yang memungkinkan mereka untuk selama-menjalankan mamalia selatan. Atau, seperti Marshall dan rekan-penulis berpendapat, Amerika Utara mamalia mungkin telah menikmati beberapa keuntungan pada perubahan lingkungan dari 3 juta tahun terakhir. The Andean upthrust terlindung Amerika dari Pasifik, menciptakan bayangan hujan timur pegunungan.

Di Amerika Selatan, Pampas pengering atau bahkan semi-gurun menggantikan jacktt lembab dan hutan. Cukup mengapa perubahan tersebut harus menguntungkan mamalia Amerika Utara dengan mengorbankan bentuk bentuk Amerika Selatan tidak jelas, tetapi perubahan tersebut kemungkinan besar akan menguntungkan salah satu dari dua kelompok yang lebih dari yang lain. Ini adalah perubahan besar, dan karena itu mungkin berpengaruh dalam fauna penggantian waktu.

Berdasarkan pemaparan diatas, bahwasanya benar jika distribusi biogeografi spesies mendukung evolusi. Spesies ini didistribusikan di seluruh dunia terutama dalam kaitannya dengan hubungan genetik mereka satu sama lain, dengan beberapa pengecualian yang dipahami. distribusi biogeografis menurut hubungan biologis masuk akal jika organisme berevolusi.

Blitar,

30 Agustus 2015

One response to “Evolution in Changing Environment”

1. destri says:

Blog yang menarik. Ternyata dengan perpindahan geografis dapat membuat perubahan atau evolusi. Keep writting Shanty!