Atanasius Agung

Mengelola Data dan Informasi :-)

Posted: October 5th 2012

Mengelola Data dan Informasi

Hallo…., lama juga baru bisa upload hari ini, hehehe. Kita akan membahas tentang bagaimana “Mengelola Data dan Informasi”, langsung saja kita membahas tentang :

  • Data Hirerathy :

–          Database contains file .

–          File mengandung records .

–          Records mengandung fields .

–          Field mengandung character .

Pengertian dari istilah berikut :

–          Field             : Grup logikal yang mengandung beberapa karakter, baik angka maupun huruf. Field dapat mengandung tipe data khusus, seperti Text, Numeric, AutoNumber, Currency, Date, Memo, Boolean, Hyperlink, Object(BLOB).

–          Records       : Kumpulan dari beberapa grup logic yang berhubungan dengan field.

–          File                           : Kumpulan dari records yang saling terkait (terhubung).

–          Database      : Kumpulan dari file yang saling terkait (terhubung).

–          Field Size     : Angka max dari karakter yang dapat ditampung filed.

–          Field Name  : Identifikasi setiap field.

–          Data type     :Jenis khusus yang dikandung data field client,curanty, autonumb, object, numeric, memo, hyperlink.

–          Primary Key : Data yang menyatakan record secara unik, bisa digunakan untuk identitas grup.

–          Entry           : record/table.

 

  • Melokasikan data  :

–          Centralized  : Pengaksesan data hanya pada satu titik, maintance mudah, tidak perlu sinkronisasi, pengaksesan data lambat.

–          Distribuled  : Pengaksesan data pada banyak/beberapa/beberapa titik, maintance susah, perlu sinkronisai, pengaksesan data lebih cepat daripada centralized.

 

 

  • Data Base Management System (DBMS)

Satu set program perangkat lunak yang menyediakan akses ke database. Data disimpan dalam satu lokasi, dari yang dapat diperbarui dan diambil. Program aplikasi yang diberikan akses ke data yang disimpan oleh berbagai mekanisme :

–          Performance yang idapat dengan penyimpanan dalam bentuk DBMS cukup besar, sangat jauh berbeda dengan performance data yang disimpan dalam bentuk flat file. Disamping memiliki unjuk kerja yang lebih baik, juga akan didapatkan efisiensi penggunaan media penyimpanan dan memori.

–          Integritas data lebih terjamin dengan penggunaan DBMS. Masalah redudansi sering terjadi dalam DBMS. Redudansi adalah kejadian berulangnya data atau kumpulan data yang sama dalam sebuah database yang mengakibatkan pemborosan media penyimpanan.

–           Independensi. Perubahan struktur database dimungkinkan terjadi tanpa harus mengubah aplikasi yang mengaksesnya sehingga pembuatan antarmuka ke dalam data akan lebih mudah dengan penggunaan DBMS.

–          Sentralisasi. Data yang terpusat akan mempermudah pengelolaan database. kemudahan di dalam melakukan bagi pakai dengan DBMS dan juga kekonsistenan data yang diakses secara bersama-sama akan lebiih terjamin dari pada data disimpan dalam bentuk file atau worksheet yang tersebar.

–          Sekuritas. DBMS memiliki sistem keamanan yang lebih fleksibel daripada pengamanan pada file sistem operasi. Keamanan dalam DBMS akan memberikan keluwesan dalam pemberian hak akses kepada pengguna.

Sekian Ulasan Dari Saya, Thank,s For Attention ;-D


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php