Aetobatus flagellum (longheaded eagle ray)

Perlindungan Terhadap Raja Langit Banyumas

Posted: December 3rd 2016

PERSONAL ACTION PLAN DI PURWOKERTO

 

  1. Latar Belakang

Purwokerto merupakan suatu kota dengan kawasan hutan yang cukup luas. Hutan alami maupun buatan terpapar luas di kota lereng Gunung Slamet ini. Baturaden merupakan kawasan hutan dan rekreasi yang sangat luas dengan ke aslian habitat yang masih dijaga. Lokasi Baturaden yang berada di lereng gunung tidak berarti bahwa tidak ada permasalahan.berkurangnya beberapa hewan kunci penyeimbang ekosistem di kawasan baturaden adalah permasalahan yang dihadapi dalam rentan 5 tahun terakhir. Elang jawa (Nisaetus bartelsi) merupakan spesies yang jumlahnya berkurang dengan angka yang nyata dalam rentan 5 tahun terakhir. Perburuan untuk didagangkan baik untuk koleksi hewan maupun dubunuh untuk pengambilan bulu untuk fashion adalah beberapa masalah yang dihadapi.

Mahasiswa lokal maupun pendatang mengambil peran dalam berkurangnya jumlah spesies tersebut. Pembelian melalui took yang siap memberi dengan harga tinggi maupun blackmarket yang ada di Purwokerto adalah cara transaksi. Berkurangnya spesies elang jawa yang makin rapid bila tidak diimbangi dengan langkah perlindungan akan menyebabkan hilang/punahnya elang jawa dikawasan Purwokerto, Banyumas.

  1. Rencana Aksi
  2. Pembuatan lokasi konservasi satwa dikawasan Purwokerto.
  3. Melakukan pengamatan pribadi yang dilanjutkan dengan sosialisasi pada warga lokal Baturaden dan mengajak mahasiswa yang ingin melestarikan ekosistem dan spesies di Purwokerto.
  4. Pengamatan akan dilakukan di hutan alami ataupun hutan cemara di Baturaden.
  5. Rencana aksi ini dilakukan dengan alasan melestarikan spesies kunci pada kawasan Baturaden dan menjada kelancaran ekosistemnya.
  6. Rencana akan dimulai dengan langkah kecil saat libur akhir semester 5 dengan pengamatan didaerah target.
  7. Rencana akan melibatkan masyarakat local dan mahasiswa yang ingin melestarikan spesies target dan ekosistem di lokasi target.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php