Aetobatus flagellum (longheaded eagle ray)

The unknown flying prince of the see that will continue to be unknown

Posted: August 29th 2016

moncong elang

A. Diskripsi umum
Atobatus flagella merupakan pari kecil (ukuran ± 47 cm) jarang ditemui dan memiliki penyebaran pada perairan pantai Indo-Pasifik Barat ini termasuk dalam eagle ray yang sangat rentan terhadap berbagai metode penangkapan ikan di daerah dengan tingkat eksploitasi sumber daya laut sangat tinggi. Spesies ini memiliki persebaran dari Pakistan, India, Indonesia (jawa) dan Cina selatan, terjadi terutama di landas kontinen batin. Hal ini juga diduga telah membataasi parameter sejarah hidup mirip dengan sinar mylobatid lainnya (termasuk fekunditas rendah). Spesies ini dinilai sebagai EN bawah kriteria A2d = 3d= 4d karena tingkat yang sangat tinggi (terus meningkat) tekanan memancing di daerah perairan pantai dimana itu terjadi, yang menjadi perhatian besar mengingat bahwa itu adalah spesies alami yang sangat jarang dengan membatasi karakteristik sejarah hidup.

B. Habitat dan Ekologi
Ditemukan pertama kali di perairan pantai landas kntinen batin, cara reproduksi biologis, umur, pertumbuhan dan komposisi makan yang masih belum diketahui. Diduga kesuburan rendah sperti myliobiditas lainnya, misallnya Ateobatus narinari dan Aetomylaeus anichofii yang dapat beranak 4.

 

C. Ancaman yang dihadapi
Sangat rentan terhadap berbagai kegiatan penangkapan biota laut demersal di perairan pantai seperti pukat dan jaring trammel. tidak sedikit pihak yang terkait ditahan dikarenakan penangkapan pari jenis ini dikarenakan tidak jarang pari jenis ini beredar di pasar ikan dari Jakarta oleh kapal pukat (W. Putih, data tidak dipublikasikan). Spesies ini dicatat di perairan pesisir India di perikanan demersal intensif yang terjadi di daerah itu (Hanfee 1999). Ada tingkat yang sangat tinggi dari eksploitasi pada habitat bahwa spesies ini terjadi di seluruh seluruh rentang.

Status_ne_offStatus_dd_offStatus_lc_offStatus_nt_offStatus_vu_offStatus_en_onStatus_cr_offStatus_ew_offStatus_ex_off

D. Upaya pelestarian
Untuk saat ini masih belum ada tindakan yang berarti dari pemerintah maupun pihak konservasi laut nasional akan meroketnya penangkapan ikan pari dan tidak jarang pari yang masuk dalam jenis terancam menjadi salah satu bagian. Pengamatan berupa kontrol pada pasar-pasar ikan dan hasil tangkapan nelayan merupakan tindakan yang dilakukan untuk saat ini.

E. Harapan
Saya berharap akan ada tindakan yang lebih berarti agar kelestarian biota laut dapat disaksikan dan dinikmati oleh generasi selanjutnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php