Ngeblog, Berbagi Info bersama

Wireless, Mobile Computing and Mobile Commerce

Posted: November 26th 2012

Di zaman sekarang, terdapat sebuah teknologi yang sudah dikenal orang banyak yang berguna untuk melakukan komunikasi tanpa kabel ataupun antena yang tinggi-tinggi. Teknologi tersebut adalah Wireless. Perangkat yang ingin agar dapat menggunakan jaringan Wireless haruslah memiliki piranti yang dapat menangkap sinyal jaringan Wireless. Perangkat Wireless adalah perangkat yang terbilang kecil dan mudah dibawa namun dapat mendeteksi jaringan Wireless sehingga pengguna dapat mengakses jaringan tersebut untuk digunakan. Biasanya terdapat didalam telepon genggam saat ini, PDA, laptop, bahkan juga terdapat hardware untuk menangkap Wireless yang dipasangkan pada PC.

Piranti yang ingin menggunakan Wireless juga harus memiliki aplikasi untuk menunjang jaringan tersebut, dikenal dengan nama Wireless Application Protocol. Sekecil piranti tersebut, selambat koneksi dari piranti, bahkan seminimal memory device tersebut asal terdapat aplikasi ini akan dapat mengakses jaringan Wireless. Contohnya Pager, di era 90an Pager sangat populer karena sebuah alat kecil yang dapat mengirimkan pesan kepada pager lain secara satu arah.

Wireless Transmision Media adalah sebuah jaringan komunikasi yang bisa berjarak jauh dan dengan volume tinggi dan kecepatan yang tak diragukan lagi. Biasanya ini terdapat pada satelit-satelit yang menjadi pusat komunikasi dunia. Satelit selain digunakan untuk berkomunikasi juga bisa untuk jaringan internet yang cepat. Sebuah satelit digolongkan menjadi tiga menurut tingkat jarak jangkauannya, yaitu

  • Geostationary (GEO)      
  • mengorbit 22.300 mil tepat di atas khatulistiwa
  • tetap mempertahankan posisi
  • baik untuk sinyal TV.
  • Medium-earth-orbit (MEO)
  • terletak 6.000 kilometer di atas permukaan bumi
  • digunakan untuk GPS dan lebih murah.
  • GPS sendiri adalah sebuah sistem wireless yang dapat member informasi tentang posisi dimana piranti itu digunakan oleh pengguna.
  • Low-earth-orbit (LEO)
  • 400 sampai 700 mil di atas permukaan
  •  bergerak lebih cepat sehingga
  • Jangkauan daerah kecil

Selain wireless, juga terdapat gelombang radio sebagai sinyal untuk berkomunikasi. Gelombang radio cenderung memiliki area yang kecil dibandingkan wireless, namun dalam fungsinya sebagai gelombang untuk berkomunikasi dapat diandalkan karena daya kirim dan terima termasuk handal.

Sistem Wireless sendiri juga digunakan didalam komputer sebagai jaringan komunikasi dan akses internet. Beberapa contoh jaringan wireless yang digunakan di internet :

    • IEEE 802.15 (Bluetooth) untuk nirkabel jaringan wilayah pribadi atau Zigbee.
      • Zigbee diperuntukan untuk data-data yang tergolong kecil dan tidak butuh begitu banyak kecepatan dalam memproses data.
    • IEEE 802.11 (Wi-Fi) untuk jaringan area lokal nirkabel (WLAN).
      • WLAN adalah jaringan yang disusun untuk area pendek
      • Biasanya menggunakan kabel-kabel UTP dengan konektor RJ45
      • WiFi dengan Hotspot menjadi salah satu jaringan wireless yang banyak digunakan orang (tanpa kabel).
      • Bebepara kerugian WiFi
        • Jarak yang tergolong dibatasi
        • Tingkat keamanan yang rendah
        • Beberapa pemilik merahasiakan password sehingga bukan bersifat umum.
    • IEEE 802.16 (Wi-Max) untuk area jaringan nirkabel metropolitan (WMANs).
      • Tergolong area yang besar, misal dalam satu kabupaten atau satu provinsi
      • Jangkauan area bisa 31 mil, transfer data berkecepatan sampai 75 Mbps.
    • IEEE 802,20  untuk nirkabel wide area network (WWAN).

Mobile computing adalah sebuah sistem nirkabel yang terdapat pada mobile sehingga pengguna dapat menggunakan sistem tanpa harus kabel, bisa berkomunikasi dengan mobile lainnya, dan dapat mengakses internet. Contoh konkritnya pada telepon genggam dimasa kini yang dapat saling berkirim sms, mms, juga bertelepon, pada smartphone dapat digunakan untuk Facebook, Twitter, Yahoo, dll.

M-commerce adalah bagian dari E-commerce (EC) yang menggunakan jaringan nirkabel dan internet sebagai penghubung transmisi. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan M-commerce adalah

  • Kemampuan dari mobile devices yang memiliki jangkauan luas.
  • Tidak membutuhkan PC dalam pengoperasian
  • Teknologi telepon selular masa depan
  • Mengurangi biaya
  • Mengikuti perkembangan Bandwith

Contoh aplikasi M-Commerce antara lain: Financial Services, Mobile Banking, Wireless Electronic Payment Systems, Micropayments, Mobile (Wireless) Wallets , dan Wireless Bill Payments

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

MicrosoftInternetExplorer4

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin-top:0in;
mso-para-margin-right:0in;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0in;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

·         Geostationary (GEO)      

o   mengorbit 22.300 mil tepat di atas khatulistiwa

o   tetap mempertahankan posisi

o   baik untuk sinyal TV.

·         Medium-earth-orbit (MEO)

o   terletak 6.000 kilometer di atas permukaan bumi

o   digunakan untuk GPS dan lebih murah.

o   GPS sendiri adalah sebuah sistem wireless yang dapat member informasi tentang posisi dimana piranti itu digunakan oleh pengguna.

·         Low-earth-orbit (LEO)

o   400 sampai 700 mil di atas permukaan

o    bergerak lebih cepat sehingga

o   Jangkauan daerah kecil


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php