Mae's Blog

Save Energy

Posted: November 26th 2015

Beberapa hari ini, cuaca sangat panas dan musim kemarau menjadi sangat panjang. Fenomena El Nino begitu sangat terasa. Tahun ini pula, bencana asap di Kalimantan dan Sumatra begitu ramai. Pembakaran sampah dan cuaca yang sangat panas menjadi salah satu alasan penyebabnya.

Tapi, tahu kah kamu mengapa cuaca sangat panas? Hal ini terjadi akibat kegiatan manusia. Lapisan ozon yang menipis, polusi udara yang semakin menjadi, kurangnya lahan hijau dan seluruh lahan didominasi dengan kebutuhan manusia seperti rumah, bangunan dan lahan. Tak dipungkiri, akibat ulah manusia, manusia juga menanggung akibatnya, bencana seperti banjir, suhu yang sangat tinggi dan kekeringan. Saya masih ingat dulu cuaca tidak sepanas yang ada sekarang, namun sekarang terasa sangat berbeda sekali. Cuaca panas semakin menjadi dan aktivitas cenderung untuk berada didalam ruangan.

Hal tersebut lah yang mendorong berbagai kalangan masyarakat untuk mengurangi dampak pemanasan global, kekeringan dan berbagai permasalahan lingkungan. Banyak yang dilakukan seperti penanaman pohon, menyediakan lapangan hijau, menyediakan sarana transportasi umum dan masih banyak lagi. Selain hal-hal tersebut, kita dapat juga melakukan dengan hal yang kecil salah satunya adalah SAVE ENERGY.

Era milenium ini, kita tidak lepas dari namananya teknologi. Kita selalu membutuhkannya, namun tidak dari sedikit dari kita yang sadar pentingnya energy itu. Kadang kala kita menghidupkan lampu saat tidak melakukan aktivitas apa-apa, menyalakan TV saat tidak ada yang menonton (hiii siapa kah yang menonton?), charger HP yang tidak dilepas dari  pusat listrik sehingga aliran listrik terus mengalir. Banyak hal, sehingga hal ini menjadi sangat miris ketika kita menikmati semua fasilitas dan ketersediaan energy yang tidak terbatas, namun masih ada tempat yang lain dimana membutuhkan aliran listrik.

Tidak adil bukan jika seperti itu? Oleh karena itu, hargai lah penggunaan energy yang telah ada. Mungkin kita sangat membutuhkannya, namun kita juga perlu melihat batasan dan kepentingan bersama pula. Lalu, bagaimana cara melakukannya?

Mudah saja, kita dapat melakukannya dengan beberapa hal kecil berikut:

  • Disaat waktu memungkinkan, coba lah untuk menggunakan sarana transportasi umum.
  • Sesekali coba lah untuk berjalan kaki, selain mendapat tubuh yang sehat dan bugar tentu hemat juga.
  • Matikan alat teknologi yang tidak dipakai, seperti TV yang menyala, namun tidak ada yang menonton.
  • Saat pergi meninggalkan rumah, lepaskan kabel alat teknologi yang terhubung pada sumber listrik.
  • Matikan lampu saat kita meninggalkan ruangan dan tidak ada aktvitas didalammnya! Hal kecil yang sering kita lupakan.

Bagiaimana? Ringan saja bukan? 😀

Berikut ada cuplikan video yang dapat membantu pemahaman kita untuk SAVE ENERGY. Happy Save Energy Kawanss 😀


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php